Sahur…Sahur …

Tidak terasa sudah hampir 20 hari dilewati dalam bulan Ramadhan ini. Alhamdulillah… selama ini shaum yang saya jalani lancar dan tidak ada masalah yang berat. Bagi saya, hal yang menjadi tantangan terberat di bulan Ramadhan bukanlah saat menjalani ibadah shaum pada siang hari melainkan saat bangun sahur. Rasanya berat saat bangun sahur apalagi aktivitas malam cukup padat sehingga baru tidur sekitar pukul 11.00 WIB. Sehingga perlu usaha keras saat bangun pukul 3.00 WIB untuk menyiapkan makanan sahur.

Setiap pukul 3.00 pagi, saya dibangunkan oleh suara lantang dari masjid tetangga yang membangunkan masyarakat sekitar untuk bangun sahur. Suara yang sama. Suara seorang bapak yang tidak lelah membangun kita yang masih terlelap. Sesekali, bapak tersebut membaca beberapa surat dalam Al Quran. Surat favorit yang hampir setiap malam dibacakan olehnya adalah surat Al Waqiah. Tanpa saya sadari, setiap menjelang sahur, alunan tilawah Quran bapak tersebut menemani saya menyiapkan makanan untuk sahur.

Kalau diingat-ingat, bapak tersebut setiap bulan Ramadhan memang rutin membangunkan masyarakat sekitar untuk bersahur. Saya sampai berpikir, kapan bapak tersebut sahur ya, karena dari pukul 3.00 WIB sampai waktu imsak bapak tersebut tidak henti-hentinya membaca Al Qur’an sambil sesekali berteriak “Sahur … sahur …”. Subhanallah … saya salut dengan keistiqomahan beliau yang sudah berjasa membangunkan kami untuk bersahur sambil menemani masyarakat sekitar dengan alunan tilawah Al Qur’annya. Mudah-mudahan berkah Ramadhan menjadi berkah untuk kita semua.

sumber gambar: http://photogokil.com

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *