Seberapa Penting Sunblock untuk Kulit?

Seberapa Pentiing Sunblock untuk Kulit_

Seberapa Penting Sunblock untuk Kulit? Adakah di antarateman-teman yang melewatkan penggunaan sunblock di kulit dalam aktivitas hariannya? Dulu saya termasuk orang yang mengabaikan penggunaan sunblock.  Saya pikir menggunakan sunblock itu hanya saat akan pergi ke pantai atau melakukan kegiatan outdoor.  Padahal ternyata efek buruk dari sinar matahari itu bisa menembus ruangan.  Saya baru sadar tentang hal itu saat mendapati kulit wajah penuh bintik hitam yang sulit untuk dihilangkan. Beberapa klinik sudah didatangi dengan permasalahan yang sama, tapi hasilnya si bintik hitam masih betah nangkring di pipi.

Dulu setiap hari saya mengendarai sepeda motor. Saya hanya menggunakan krim siang saat pagi hari. Saat siang hari dan sore hari, saya tidak lagi mengoleskan krim siang. Padahal saat siang dan sore hari, kulit wajah saya terpapar sinar matahari. Akibatnya, menjelanguasia 40 tahu ini, saya mengalami gejala penuaan dini pada kulit. Sehingga, sekarang saya mulai suka menggunakan sunblock.

Baca Juga: Merawat Kulit Secara Alami Menjelang Usia 40

Sebenarnya, saya sudah cocok sekali dengan sunblock Milegard dari DF Clinic. Sayangnya setelah tinggal di Sukabumi, saya kesulitan untuk repurchased sunblock ini. Saya pun memutuskan untuk mencari sunblock yang saya suka. Saat ini saya menggunakan 4 merek sunblock secara bergantian. Dari keempat sunblock itu memang ada kelebihan dan kekurangan selama pemakaian. Nah, ini dia empat sunblock yang saat ini saya gunaka.

Envygreen Ultimate Sun Protector

pentingnya sunblock 4

Ini merupakan sunblock pertama yang saya beli. Saya tergoda membelinya karena banyaknya review positif tentang produk ini.  Di kemasan tertulis untuk kulit kering dan kulit normal. Namun, ternyata cocok-cocok saja di kulit wajah saya yang cenderung berminyak. Sebenarnya saya suka dengan Envygreen Ultimate Sun Protector karena saat dioleskan ke kulit, kulit langsung terlihat cerah. Jadi bisa sekaligus sebagai pencerah wajah. Namun, mungkin karena diperuntukkan untuk kulit kering dan kulit normal jadi terasa agak lengket di kulit.

Kemasan

Kemasan Envygreen Ultimate Sun Protector ini berbentuk bulat seperti tempat krim siang pada umumnya. Ukuran yang tersedia adalah 5 g dan 10 g. Saya membeli ukuran 10 g. Ternyata memang isinya sedikit. Jadi saya mengoleskannya tipis-tipis di kulit biar irit.

Kandungan dan Klaim

Setelah dioles, kulit jadi lebih putih.

Setelah dioles, kulit jadi lebih putih.

Produk ini mengklaim mampu membuat kulit lebih cerah dan “glow look”. Saya setuju karena setelah pemakaian, kulit saya memang terlihat lebih cerah dan glowing. Sun protector SPF 30  ini katanya mampu melindungi kulit dai sinar matahari dan meningkatkan vitamin penutrisi kulit. Oke, saya percaya dengan klaim ini karena kulit saya tidak bermasalah dan memang tampak lebih sehat. Klaim selanjutnya, sun protector ini mampu menyamarkan noda hitam di wajah. Entah karena noda hitam di wajah saya begitu tebal, rasanya noda hitam masih terlihat setelah pengolesan produk ini.

Tekstur

pentingnya sunblock 5

Envygreen Ultimate Sun Protector ini berwarna putih dengan bentuk krim. Tesksturnya cukup halus saat dioleskan ke kulit. Namun, produk ini tidak langsung menyerap di kulit tapi untuk beberapa saat membuat kulit terlihat putih. Apa ini namanya whitecast ya?

Harga

Saya membelinya secara online dengan harga 52 K.

Repurchased

Mungkin iya, mungkin tidak. Saya suka dengan produk ini tapi kemasan dan isinya yang sedikit membuat saya harus selalu siaga jika produk ini habis.

 

Wardah Sun Care Sunscreen Gel SPF 30

pentingnya sunblock 7

Ini sublock kedua yang saya beli. Saya membeli ini karena gantian dengan si Envygreen. Soalnya isi Envygreen khan sedikit sementara saya mengoleskan sunblock setiap habis wudhu. Kalau cuma mengandalkan Envygreen Ultimate Sun Protector tentunya bakalan cepat habis. Jadi saya pakai Envygreen saat keluar rumah, jika tidak ada aktivitas keluar rumah saya pakai Wardah Sun Care.

Kemasan

Wardah Sun Care Sunscreen Gel ini dikemas dalam kemasan tube dengan ukuran 40 ml. Cukup banyaklah sebagai persediaan sunblock yang dipakai 3 X sehari. Bentuk tube dengan tutup flip flop membuat saya bisa mengukur seberapa banyak krim dikeluarkan dari tube. Jadi nggak khawatir bakalan kebanyakan. Kemasannya pun kecil cukup travel friendly, bisa masuk pouch.

Kandungan dan Klaim

Wardah Sun Care Sunscreen Gel SPF 30 Skin Protector PA+++ with Aloe Ver, it. E & Pro Vit. B mengklaim dapat melindungi kulit dan memfilter UV A & UV B karena mengandung SPF 30 dan PA+++, serta mencegah pengaruh buruk sinar matahari. Produk ini juga mengandung Vit. E sebagai antioksidan bagi kulit. Oke, saya percaya dengan klaim ini. Produk ini juga mengklaim mampu melembabkan kulit karena kandungan Aloe Vera dan Pro Vit. B5 (Panthenol) sehingga kelembaban kulit terjaga. Oke, setelah pemakaian kulit saya memang terasa lembab. Produk ini juga mengklaim mampu menyerap dengan mudah, nyaman, serta tidak lengket di kulit. Oke, sayajuga setuju dengan klaim ini.

Tekstur

pentingnya sunblock 9

Di kemasan tertulis “Sun Care Sunscreen Gel”  dan saya pun membayangkan teksturnya berupa gel bening yang mudah menyerap di kulit. Tapi ternyata  produk ini berbentuk krim dengan tekstur ringan. Oke, saya jadi bingung apa memang gel versi produk ini seperti ini.

Harga

Saya membelinya si counter Wardah dengan harga 32 K. Cukup terjangkau.

Repurchased

Sepertinya tidak karena produk ini tidak istimewa. Saat dipakai tidak membuat kulit wajah terlihat cerah atau glowing.

Emina Sun Protection SPF 30 PA+++

pentingnya sunblock 1

Nah, sudah lama sebenarnya ngebet sama produk ini karena banyaknya review positif. Entah kenapa saya lebih suka produk-produk Emina daripada Wardah, baik produk kosmetik seperti lipstik dan compact powder, maupun produk skincare-nya. Sayangnya, ternyata Si Emina Sun Protection ini memang best seller jadi selalu habis. Eh ternyata saya masih berjodoh dengan si Emina ini saat iseng main ke Watson. Betapa bahagianya melihat produk ini berjejer dengan manis di rak. Langsung deh ke kasir.

Kemasan

Sama seperti kakaknya, Wardah, Emina Sun Protection juga dikemas dalam kemasan tube dengan isi 60 ml. Wow, isinya lebih banyak. Saya pun makin senang.  Tutup flip flop menjaga isinya tidak mudah tumpah dan terukur saat dikeluarkan. Walaupun isinya lebih besar daripada Wardah, tapi masih cukup masuk pouch kosmetik, jadi nggak masalah saat dibawa bepergian.

Kandungan dan Klaim

Emina Sun Protection ini memang megandung SPF 30 dan PA+++ sehingga  memang mengklaim mampu membantu melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B. Diperkaya dengan Aloe Vera ekstrak dan Emollient untuk memberikan kelembaban kulit. Saya sangat setuju dengan klaim ini karena memang saat digunakan, kulit terasa lembab.

Tekstur

pentingnya sunblock 3

Emina Sun Protection SPF 30 PA+++ ini memiliki bentuk krim dengan tekstur ringan sehingga memang mudah menyerap di kulit.

Peringatan

Jangan terlalu lama terpapar sinar matahari meskipun menggunakan tabir surya. Jika terjadi reaksi hipersensitive (rasa terbakar, kemerahan) hentikan pemakaian. Alhamdulillah selama pemakaian tidak mengalaminya. Jadi sepertinya memang cocok.

Harga

29K

Repurchased

Pastinya saya akan membeli lagi. Saya suka dengan produk ini, baik tekstur maupun wanginya. Duh wanginya memang enak banget nih, lembut gitu tapi kayak ada wangi manis. Gimana ya menjelaskannya? Pokoknya wanginya enak. Oh iya, walaupun produk ini tidak mengklaim dapat membuat kulit terlihat cerah tapi saya merasa kok kulit terlihat lebih cerah walaupun tidak seputih menggunakan Envy Green Sun protector.

Maybelline Baby Skin Instant Pink Transformer SPF 35/PA+++

pentingnya sunblock 10

Ini produk terakhir yang saya beli. Sebenarnya pas awal beli saya tidak tahu kalau produk ini bisa dijadikan sunblock karena memang tidak ada keterangan dia masuk kategori sunblock. Saya iseng beli satu paket dengan concealer Maybelline. Tapi setelah diperhatikan ternyata produk ini mengandung SPF 35 dan PA+++. Jadi pastinya mampu dong melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Bahkan SPF-nya lebih tingga daripada tiga produk sebelumnya.

Kemasan

Maybelline Baby Skin Instant Pink Transformer ini dikemas dalam kemasan tube. Tapi tutupnya tutup biasa yang dibuka dengan cara diputar. Isinya 30 ml, jadi memang kemasan tampak lebih mini karena bentuknya yang tinggi ramping. Jadi cocok untuk dibawa bepergian karena tidak menghabiskan tempat di pouch kosmetik.

Kandungan dan Klaim

Produk ini memang mengklaim mampu membuat kulit langsung terlihat cerah seketika saat pemakaian. Tertulis di kemasan Bright Pink Fair Skin With 24H Hydration. Jadi produk ini memang mampu membuat kulit berwarna pink seketika dan menghidrasi kulit sehingga kulit terasa lembab. Oke, saya setuju dengan klaim ini karena saat pemakaian, kulit saya langsung terlihat cerah dan bersemu merah gitu, hehehe. Tapi produk ini tidak mengklaim mampu melindungi kulit dari sinar matahari, kayaknya dengan kandungan SPF 35 dan P+++, pembeli tidak harus ditegaskan lagi dengan kemampuannya ini.

Tesktur

pentingnya sunblock 12

Produk ini berbentuk krim dengan tekstur ringan dan berwarna merah mudah. Jadi memang sesuai dengan klaimnya.

Harga

Produk ini dibanderol harga 89 K. Harga paling mahal di antara sun protector saya yang lain.

Repurchased

Iyaaaaaah, saya suka dengan efek “Intsnat pink transformer”-nya. Belinya pun mudah bisa langsung ke counter Maybelline. Saya pakai si Maybelline Instant Pink ini untuk keluar rumah, gantian dengan si Envygreen Ultimate Sun Protector.

Oh iya, sudah pada tahu khan cara penggunaan sunblock yaitu dioleskan ke kulit 15 menit sebelum keluar ruangan. Kalau saya sekarang walaupun di dalam ruangan tetap menggunakan sunblock.

Nah itu dia empat sunblock yang saat ini saya gunakan sehari-hari. Sebenarnya masih ngebet sama satu produk sunblock yangreview-nya oke banget yaitu Kiehl’s Ultra Light Daily UV DefenseSunScreen SPF50 PA+++ 60 ml. Tapi harganya cukup membuat saya harus merelakan isi ATM berkurang banyak. Jadi, kayaknya biar aman,nabung dulu, deh.

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

61 Responses

  1. keninglebar says:

    Saya selalu pakai sunblok kalau naik gunung. Soalnya kalau enggak kulit-kulit muka mengelupas gitu kayak ganti kulit. Hiiii…

  2. Wah aku nyari sunprotektornya Wardah aja kehabisan mulu. Jadi penasaran yang Emina nih. Mau kucari ah. Thanks infonya

  3. kalau aku mah penting banget soalnya sering maen ke pantai. pokoknya yang nyaman dikulit, cepet meresap dan ngga bikinkulit berminyak pasti bakalan aku beli deh. secara aku putih dan sensitif banget. jadi harus dijaga bener

  4. Saya baru sadar bahwa skincare itu penting bagi kulit. Dulu saya termasuk cuek dengan perawatan dan tetek bengeknya. Tapi, sekarnag saya mulai sadar, setelah ada lingkaran hitam alias mata panda dan bintik hitam gara-garacmalas pake sunblock. Aku sekarang pake wardah, tapi aku cuma oles pagi aja, ternyata sore hari juga penting yah Mba?? Nanti aku pake juga deh, abis wudhu, karena bawa motor dan kena matahari sore.

  5. Aku pakainya yang wardah itu. Tapi gak terlalu ngefek, malah tambah item hahaha. Mungkin salah cara pakainya

    Jadi aku pindah ke yang lainyaaaa

  6. zefy says:

    penting banget sih menurutku
    tapi ya etrgantung okndisi lingkungan
    kalau tinggal di lingkungan yang masih sangat sangat sangat asri menurutku belum perlu
    taoi kalau tinggal di kota yang sudah terkontaminasi harus banget tuh

  7. Wah banyak juga ya Mbak sunblocknya. Gitu itu pengaruhnya ke kulit gimana ya kalau pakai bareng-bareng/ganti-ganti? Kalau saya cuma punya satu. Hihihi..

  8. Sunblock memang tak hanya perlu digunakan saat di pantai, demi menjaga kesehatan kulit dan tidak tambah hitam. Tampaknya Maybelline Baby Skin Instant Pink Transformer SPF 35/PA+++ memang cocok jado pilihan.

  9. April Hamsa says:

    Penting banget mbaaakk, eh aku pakai yang wardah spf 30 itu jg lho. Kalau dua lainnya aku blm pernah makai. Tapi skrng aku selingin pakai merk lain yg spfnya lbh tinggi pas cuaca terik banget hehe 😀

  10. amanda says:

    penting bgt sunblock tuh apalagi kalau lagi jalan2 ke alam bebas tuh kayak gunung atau pantai.. eh maybelline imut bgt yaa kemasannya.

  11. Dwina says:

    Aku teemasuk yang suka lupa pakai sunblock. Sering banget lupanya. Padahal kadang kl bepergian itu sunblock sengaja ditaro di tas biar pas inget bisa langsung pakai, tapi tetep aja lupa kl bawa sunblock

  12. baby skin itu yang pink kayak lebih ke primer ya teh, sama dengan baby skin yang hijau gitu, kayak aada silicon gelnya gitu, saya pernah pake soalnya hihi dan kurang enakeun, enakan yang emina

  13. Jiah says:

    Aku biasanya hanya pakai pelembab aja. Skrg ini udara agak panas dan sering keluar motoran kalau siang. Jadi kepikiran buat nyari sunblock juga nih. Mungkin mau coba yg wardah

  14. Wah ini oke banget, selama ini paling cuma yang spa 30 aja. Kalau ada yang 50 oke juga cuma haru merelakan banget ya. Tapi penting sich apalagi kalau sering aktivitas luar rumah oke banget

  15. Septia says:

    Sunblock penting banget ya Mba buat kulit. Aku jadi pengen nyobain sunblock dari wardah, harganya pun relatif murah.

  16. Penting banget buatku, soalnya paling sering dan demen banget maen ke Pantai. Jadi sunbloc udah pasti dibawa kemana mana deh. biar aman kulit dan ngga gosong hehehe

  17. lendyagasshi says:

    Aku pakai wardah…teh.
    Tapi bukan yang Sunblock, krim siangnya sepertinya mengandung sunblock karena SPF 30.
    Dan setelah pake ini, glowing…bikin seneng.

    Hihi…cewek yaa..

  18. Rizki rakhmat abdullah says:

    Woww.. aku ga pernah pake sunblock.. ternyata penting juga yaa

  19. Ruli retno says:

    Aku sudah coba wardah sama emina. Jadi penasaran sama yang maybelline, gampang juga nyari counternya

  20. Rindang says:

    Kebetulan sy pakai sunscreen wardah. Selama ini cocok2 saja di wajah makanya repurchase. Selain itu wardah ini yg paling mudah ditemukan di kotaku.

  21. Oky Maulana says:

    aku pakai yang wardah, emang enaaaaak banget! aku abis beli lagi hehhe

  22. Udafanz says:

    Saya pake sunblock kalau pergi ke pantai sih mbak. Biar gak item. Hehehehe

  23. Favoritku yag emina, enak banget dipakenya ya teh cepet nyerap di kulit dan gak lengket.. Cobain juga deh skin aqua uv moisturaizer gel itu sunblock favorit sejuta umat juga untuk kukit berminyak

  24. Abby Onety says:

    Memakai sunblock sebelum keluar rumah kayaknyà memang wajib ya secara matahari sengatannya kencang hehee… bikin kulit jadi ndk sehat..pilihannya banyak yah tinggal kita nyesuaikan dg jenis kulit aja

  25. Ira Hamid says:

    sunblocknya saya pake latulip Mba, tapi udah habis. rencana mau coba wardah, hehehe

  26. Awan says:

    Saya tahunya pake sunblock itu kalo lagi main ke pantai aja, dan ternyata sunblock itu bagus juga dipake dalam ruangannya ya Mba. Dan ternyata banyak pilihannya sunblock ini ya Mba, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan isi dompet.

  27. unggulcenter says:

    Kalau ke lapangan sih, kupikir perlu banget kok! karena tubuh ngga akan tahan sinar UV langsung. Kecuali pagi hari itu sehat, kalau lewat jam 9 sudah ga sehat sinarnya.

  28. Anis Khoir says:

    Kalau untuk sunscreen Saya biasanya pilih Wardah Karena untuk kosmetik pun saya memakainya dan untuk harga sendiri bisa dibilang terjangkau

  29. Ida Tahmidah says:

    Penting banget ya untuk melindungi kulit kita, jadi inget waktu pulang traveling dari Krabi wah kulit merah terbakar hehe, suka males olesin sunscreen tapi sekarang sudah engga sih kapok, susah ngembaliin ke asal nya lagi 🙂

  30. pakai sunblock jelas penting banget. cuma kalau saya sering malas untuk aplikasi ulang. sejauh ini produk anadalan saya adalah neutrogena

  31. retno says:

    wah, aku belum pernah pakai semuanya hihihi. Tapi kayanya aku bakalan tertarik sama emina deh, harganya terjangkau dan reviewnya bagus juga…

  32. Aku pernah coba yang emina, penasaran euy sm yg skin baby lucu bentuk nya.
    Aku jg nyesel bgt baru rajin pakai sunblock akhir2 ini, harusnya dr dlu agat kulit terjaga dr sinar uv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *