Seblak Makaroni Ceker

seblak makaroni ceker

Seblak Makaroni Ceker. Jadi salah satu menu yang saya masak saat nggak ada ide masak sore hari. Akhir pekan memang waktunya beberes rumah dan kebun hingga tanpa terasa waktu berjalan begitu cepat. Bagi saya yang sehari-hari di rumah, kegiatan memasak tidak setiap hari. Kadang kalau akhir pekan, suka lebih sibuk daripada hari biasa. Kegiatan hari biasa sibuk dengan menyiapkan anak sekolah, mengantar jemput anak sekolah dan les, sementara kalau akhir pekan biasanya melakukan pekerjaan-pekerjaan yang belum sempat diakukan pada hari biasa. Nah agenda masak pun jadi terbengkalai.

Hari Sabtu kemarin (ya ini cerita hari kemarin), saya sengaja membereskan rumput-rumput di kebun. Tanpa terasa hari sudah siang, untung untuk menu sarapan dan makan siang masih ada makanan beku semacam sosis dan teman-temannya. Nah, kalau sore hari, rasanya bosan juga makan dengan sosis. Tengok-tengok isi kulkas masih ada ceker ayam dan sawi putih. Lalu inget masih punya stok makaroni. Jadilah, sore itu saya membuat seblak makaroni ceker.

Siapa yang belum tahu seblak? Seblak itu jajanan bandung yang cukup ngeheits. Entah sejak kapan makanan ini populer, yang jelas kalau di Bandung, gampang banget menemukan orang jualan seblak. Ada aneka varian dari seblak, walaupun awal mulanya seblak dimasak dengan bahan utama kerupuk setengah matang. Di tukang jualan seblak, akan banyak varian menu seblak, sepeti seblak kerupuk, seblak tulang, seblak makaroni, seblak makaroni tulang, seblak mie golosor, dan masih banyak lagi. Cara membuatnya pun sederhana, sayang kalau beli di tukang seblak biasanya menggunakan bumbu instan, dan cabe bubuk instant, sehingga kadang suka mengganggu pencernaan, dan kadang langsung terasa nggak enak tenggorokan.

Nah, sore kemarin saya pun memasak seblak. Makanan ini kesukaan anak-anak juga karena anak-anak saya penggemar ceker. Walaupun sebagian orang nggak suka dengan ceker karena merasa jijik dengan bagian kaki ayam tersebut, kalau saya sekeluarga menyukai rasa ceker yang gurih dengan tulangnya yang empuk. Walaupun tidak setiap saat mengonsumsi ceker karena mengandung lemak jenuh tinggi yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jadi jangan sering-sering,ya.

Fotonya agak blur karena sore-sore

Namun walaupun begitu, ceker juga mengandung nilai gizi yang cukup tinggi, dan konon katanya bisa memenuhi gizi bagi anak-anak yang mengalami gizi buruk. Beberapa zat penting yang terkandung dalam ceker.

Ceker mengandung Mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor. Kesemua mineral tersebut pening untuk mendukung sirkulasi darah yang sehat, kesehatan tulang, kesehatan saraf, kesehatan jantung, dan kesehatan pencernaan. Kandungan lain dalam ceker yaitu Glukosamin yang bisa mendukung kekuaan sendi sehingga menghindarkan kita dari nyeri sendi.

Nah buat yang pengen kulitnya senantiasa awet muda bisa juga mengonsumsi ceker karena ceker mengandung Asam hialurnat yang mendukung kesehatan jaringan seperti peremjaan sel dan kekuatan sel kulit. Juga mengandung Kolagen tinggi yang membantu kesehatan kulit, memperkuat struktur pembuluh darah, memperkuat struktur tulang dan melindungi lapisan saluran cerna. Kandungan lainnya yaitu Kondroitin sulfat, yang penting untuk kesehatan sendi, dan kesehatan kulit.

Bahan lainnya untuk membuat seblak ini yaitu sayuran. Berhubung di kulkas adanya sawi putih, saya pun pakai sawi putih untuk menambah nilai gizinya. Anak-anak termasuk doyan sayuran jadi sayuran apa pun dimakan. Nah, sawi putih dimasak sebagai campuran seblak ini enak lho. Rasana agak krenyes-krenyes gitu, hehe. Sebagai sayuran, sawi putih tentunya megandung nutrisi yang sangat tinggi seperti Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K, asam folat, kalsim, kalium, magnesim, zat besi, fosfor, dan protein. Tuh khan lengkap nilai gizinya.

Bahan ketiga yang digunakan yaitu makaroni. Alih-alih menggunakan kerupuk, saya memilih menggunakan makaroni karena memang anak-anak suka dan tentu saja makaroni juga mengandung nilai gizi. Mengonsumsi makaroni tentunya mengenyangkan karena mengandung energi sebesar 363kilokalori, protein, karbohidrat, lemak, kalsum, fosfor, dan zat besi.

Nah itu tadi, nilai gizi yang terkandung dalam bahan-bahan pembuatan seblak makaorini ceker kali ini. Lalu bagaimana cara membuatnya?

Makaroni Seblak Ceker

Bahan

Makaroni ยผ gr

Ceker 6 potong

Sawi secukupnya

Bumbu

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

Kencur sepotong kecil

Caber rawit (untuk anak-anak skip)

Merica bubuk

Garam

Bumbu penyedap

Cara Membuat

  1. Rebus ceker sampai empuk
  2. Rebus makaroni
  3. Ulek bawang merah, bawang putih, dan kencur
  4. Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan sedikit airย  kaldu ayam (air rebusan ceker), tambahkan sawi putih. Setelah sawi agak layu, masukkan makaroni, terakhir masukkan ceker. Tambah air, lalu tambahkan merica bubuk, garam, dan bumbu peyedap. Tes rasa, kalau masih kurang bisa tambahkan garam atau yang lainnya. Setelah bumbu terasa, angkat, masukkan ke mangkuk.
  5. Siap disajikan.

Itulah menu sederhana sore itu, alhamdulillah anak-anak suka. Oh iya, saya buat dua kall bumbunya, pertam ulek bumbu untuk anak-anak tanpa cabe rawit. Yang kedua, saya ulek lagi dengan tambahan cabe rawit domba yang gede-gede itu, lho. Hasilnya pedes nampol tapi enak banget, deh.

Ade lahap makan seblak

Yang bikin hati seneng tuh saat anak-anak bilang, โ€œMasakan Bunda enaak,โ€ hahaha…. saya yang cuma bisa masak tumis dan sayur sop ini rasanya selangit deh dipuji kayak gitu. Bagi anak-anak, masakan ibunya selalu juara.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

67 Responses

  1. Ida Tahmidah says:

    Wah mantaps nih..makanan favorit akuh pisan ๐Ÿ™‚

  2. Beuuuhh bikin ngiler bacanya. Aku penggemar seblak sejak pertama dikenalin temen di PPM Jatinangor. Sejak itu, aku jadi suka beli kerupuk untuk dibikin seblak. wwkkwkwk

  3. Samaaa anak-anakku juga seneng banget makan ceker, setengah kilo bisa habis sendiri

  4. Waduh, pas buka pas laper. Saya suka seblak juga, Mbak. Dimakan panas, hangat. Boleh juga resepnya. Kapan2 nyoba bikin. Makasih ya…

  5. Suka cekeeer tp kurang suka seblak.. masih aneh di lidah padangku teh hihi

  6. Teh baca judulnya aja langsung ngiler ih, eh itu buat ade ya tadinya mau tak tambahin lagi cabe biar lebih merah. Hahahaha

    Suka banget sama ceker sama sawi eh keduanya dijadiin bahan seblak pasti maknyus dan kandungan gizinya jelas. Gercep buat bikin

  7. Apura says:

    Wuih enak ini. Aku malah belum pernah makan seblak. Heuheuheu

  8. makasi sharing nya mba, nanti coba bikin ah dirumah, ujan-ujan makan seblak kayaknya enak

  9. Saya baru tau seperti apa Seblak itu dari penjelasannya mbak Rani. Tapi sayang bentuknya gak kliatan dengan jelas.

  10. Okti Li says:

    Saya selalu gagal kalau rebus ceker, Teh. Gak pernah empuk maksimal. Padahal lihat hasil olahan orang suka bareukah ya…

  11. Wah wah, enak nih. Kalo buat saya, tinggal tambahin sambel yang banyak, atau Boncabe. Hehehehe…. Maknyos!

  12. Kang Masroer says:

    Baca ini, jadi pingin nyobain rasanya juga.. Cus deh langsung kasih request ke istri biar bikin seblak makaroni ceker. Thanks atas resepnya ya Mbak..

  13. Wah jadi pengen nyoba resepnya teh Rani nih.. ๐Ÿ™‚

  14. Iya ya pake makaroni lebih enak, sebagai pecinta sevlak bikin sendiri ga pernah beli kayaknya hatus coba resep teh Rani nih tfs yaaa

  15. Lidya says:

    wih ada cekernya nongol. Lahap banget makan seblaknya. Aku suka seblak yang pedes

  16. Noe says:

    Dipuji masakan kita enak sama anak memang bikin bahagia ya mbaaa. Gausah dipuji dg jata, ngekiat mereka makan lahap aja udh surga bgt

  17. Dwi Puspita says:

    Wah…si dedek doyan banget ya. Btw enak nih..,enak makannnya enak buatnya…soalnya nggak susah2 amat

  18. sayang euy anakku si sulung ga doyan ceker jadi kalau masak seblak juga non ceker teh padahal endolita banget yah ceker teh komo cekerna masih aya kukuan paranjang tea deuh wkwkwk

  19. Kadang iri mba lihat masakan ceker yang enak-enak dan orangpun dengan lahapnya makan.. tapi daku yg sendiri makan entah gak doyan hikssss..

  20. tallysyifa says:

    Enak nih.. Homemade pula. Jago masak ya Teh Rani..

  21. Putriku Yasmin pernah bawa seblak kerupuk ke rumah.
    Sayang aku kurang doyan.
    Belum pernah juga coba seblak varian lain.

  22. Yoanna Fayza says:

    Wah wah baru tahu kalau ceker banyak mengandung kolagen, Karena selama ini banyak yang bilang nggak boleh konsumsi ceker ๐Ÿ™‚

  23. Ulu says:

    Ga suka seblak soalnya templatenya pedes. Tapi bikin sendiri mah bisa atur2 deng hehe

  24. Utie adnu says:

    Anak laki dirumah suka bngt seblak mau di coba respnya walaupun sering gagal enakkan beli katanya

  25. Indah Nuria says:

    Ya ampun baru kali ini aku liat macaroni campur ceker. Enaaak ya mba

  26. umi says:

    Suka banget lah,apalagi ka bibin

  27. gita siwi says:

    Wah ceker dari zaman kecil sampai hari ini ceker adalah favoritku selain pala dan kepala. Belum pernah makan seblak yang kayak gini tapi. Hatur nuhun resepnya ya teh

  28. Aku belum pernah bikin seblak, mba. Kayaknya mau langsung nyoba pakai resep mba Yani. Hehhe. Kalau mau pedes berarti tambahkan cabe ya

  29. Nuhun teh, saya juga suka seblak, tapi gak tau resep yang paling enak teh yang mana heh nuhun resepna teh

  30. Raaaan, aku doyan banget ceker,
    Kalo masak sayur sop, buat anak2 mah bakso atau sosis aja, cekernya khusus buat aku hehehe.

    Pengen nyobain ih seblak ceker buatanmu yang lada pisan lah hehehe.

  31. suka deh lihat ada yang lahap banget gitu makannya…pasti enak nih dimakan kala hujan…

  32. windhu says:

    Hmm, boleh dicoba sih. Seblak makaroni dengan ceker. Pasti rasanya beda. Kebayag enak kalau disantap saat panas-panas.

  33. susie ncuss says:

    aku juga bikin seblak cekeeerrr dan memang bikin nagih rasanya.
    aduh jadi pingin bikin lagiii

  34. Ade says:

    Aku baru sekali myobain makanan hits seblak. Ditraktir teman

  35. ade says:

    Aku nggak suka ceker…suami juga idem

  36. Mugniar says:

    Saya baru tahu ada seblak ceker.
    Unik ya.
    Jadi lembek-lembek lembab gitu ya hasilnya.

  37. Heni Lestari says:

    Ceker itu diapain aja enak dan jadi pavorit aku banget mba, tapi belum pernah masak seblak nih. Jadi pengen.

  38. Biasanya seblak pake kerupuk ya. Ini mah makaroni. Pinter ih teteh bikin makanan yang disukai anak anak

  39. Jiah says:

    Aku suka ceker. Pernah buat seblak tapi gak tau bener apa gak. Habisnya baru sekali makan seblak dan menurutku kurang mantap rasanya

  40. Milda Ini says:

    Sampai sekarang aku belum pernah makan seblak ini. Kebayang pedes dan itu bahannya. Tapi ini boleh juga yaaah dicobain

  41. Aman ini ya buat anak ya teh, mantap

  42. Emak Cantik says:

    Mau emak cantik cobain dah di rumah

  43. Favorit aku seblak yang ada cekernya.. daripada toping lain aku mending pilih ceker aja. Enaakk

  44. Aku termasuk yang gak terlalu suka seblak. Kenyal2 gitu hehe… tetap enakan bakso.

  45. Selain bikin cantik ceker juga bagus buat persendian katanya ya Mbak, bener ga si?

  46. retno says:

    duuh pinternyaa… aku pernah bikin seblak tapi anak anak gak mau, tapi emang mungkin kepedesen sih kalau buat mereka…

  47. Gilang says:

    Kalau aku biasanya lebih suka seblak kerupuk teh dipakein brokoli atau jamur. Btw, aku juga dulu suka merasa jiji saka ceker ayam. Tapi pas di rumah temen disuguhin dan enggak enak kalau menolak. Jadi ngemakan deh dan ternyata rasanya enak ๐Ÿ˜€

    Duh, mana ternyata khasiatnya bikin kulit awet muda pula. Makasiy infonya teh.

    Nanti aku mau cobain resepnya juga ah.

  48. ih sama banget aku doyan banget sama seblak ceker masya allah ada kali bikin seminggu dua kali

  49. lendyagasshi says:

    Ya Allah…sholih sholihanya~
    Mau nangis kalau anak-anak sudah memuji yaa, teh.
    Dan memang anak-anak itu konsumen paling jujur kok.

  50. Siti hairul says:

    Simpen ah resepnya. Aku belum pernah nih bikin seblak

  51. Elisa Koraag says:

    Email hebat, ya kamu Ran. Thx u resep seblakbya. Nanti mau coba

  52. Huwaaa pengen dong mbaaa aku diincipinnn. Boleh ya Mba Ra aku praktekin

  53. Kalau dirumah masak ceker wesss abis dalam sekejap mak haha,,btw nuhun resepnya ya kakak.

  54. Duh saya jadi pengen seblak macaroni ini, sing lada enak.

  55. Tika Samosir says:

    Boleh dicoba neh resepnya mba.
    Lumayan buat cemilan dirumah.
    Yang pasti sehat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *