Second Line of Happiness, Brain Optimizer

Second Line of Happiness, Brain Optimizer

 

Second Line of Happiness, Brain Optimizer. Setahun yang lalu, saat saya masih menjadi karyawan di sebuah perusahaan mengaku ‘kreatif’, saya sering sekali merasa stuck.  Belum lagi rasa tidak semangat yang membuat kinerja kerja sangat lemah. Mau melakukan pekerjaan, rasanya otak nggak selaras, badan lemes, dan tentunya kehilangan semangat. Gimana mau kreatif coba kalau kondisinya seperti itu? Belum lagi muncul hal-hal eksternal yang membuat semangat semakin drop. Tapi tentunya saya tidak boleh menyalahkan hal-hal tersebut, yang tidak selaras adalah badan dan otak saya. Jadi itulah yang harus diselaraskan.

Sebelumnya, saya sudah mengikuti langkah pertama dari 5 Lines of Happiness yaitu Find True Your Colour. Pada tahap pertama tersebut, saya jadi mengetahuicara kerja otak saya sehingga saya pun lebih bisa mengambil keputusan dengan tepat. Namun ternyata itu tidak cukup karena saya tetap perlu menyelarasakan cara kerja otak saya dengan mengikuti langkah kedua yaitu Brain Optimizer. Kenapa hal ini penting? Seperti saya sebutkan di atas bahwa saya sering mengalami stuck saat bekerja dan otak saya pun tidak optimal dalam bekerja. Hal tersebut dikarenakan ketidaksiapan otak dan tubuh dalam menghadapi semua problematika dan tantangan yang harus dilalui. Bagaimana caranya agar otak kita lebih siap? Sesuai saran dari dr. David, saya pun mengikuti langkah kedua.

Baca Juga: First Line of Regenesis+

Langkah kedua ini masih dipandu oleh Bu Damma S Panne yang memang sudah berpengalaman membimbing pasien yang mengalami persoalan seperti ini. Bu Damma memberikan treatment dan latihan kepada saya sehingga saya bisa menyelaraskan cara kerja otak saya sehingga lebih siap.

Cara melakukan Brain Optimizer yaitu dengan melakukan latihan yang disebut Brain Gym Movement yag terdiri atas latihan dan gerakan-gerakan yang terangkum dalam 26 gerakan. Gerakan-gerakan Brain Gym ini sebenarnya gerakan natural yang biasa dilakukan tubuh kita dalam aktivitas sehari-hari. Namun, ternyata sering sekali tidak kita lakukan karena kebiasaan tubuh yang kurang tepat. Oleh karenanya, dirangkumlah 26 geraka latihan yang tujuannya untuk menyeimbangkan koordinasi antara otak dan tubuh. Sehingga tubuh dan otak selalu siap menghadapi kondisi apa pun dalam aktivitas sehari-hari.

brain gym 2

Gerakan-gerakan dalam Brain Gym memberikan manfaat yang banyak bagi otak dan tubuh, di antaranya yaitu:

  1. Meningkatkan konsentrasi dan fokus
  2. Meguatkan memori atau daya ingat
  3. Meningkatkan prestasi akademik seperti meningkatkan kemampuan maematika, menulis, berbicara, dan menyimak
  4. Meningkatkan koordinasi fisik
  5. Meningkatkan hubungan sosial
  6. Meningkatkan tanggung jawab pribadi
  7. Meningkatkan kemampuan berorganisasi
  8. Memperbaiki perilaku

Brain Gym ini sangat cocok lho dilakukan oleh anak-anak. Melalui gerakan-gerakan sederhana, anak-anak terlatih untuk fokus. Bahkan, gerakan Brain Gym ini digunakan sebagai media terapi bagi anak-anak yang memiliki persoalan yang mampu menghambat tumbuh kembangnya seperti kurang fokus, kurang mampu bersosialisasi, kurang bisa konsetrasi, pelupa, dan sampai pada perilaku kurang baik seperti mengganggu teman, dan lain-lain.

Baca Juga: Stres? Ikut Program Regensis+, Yuk

Kenapa gerakan-gerakan dasar Brain Gym mampu mengaktifkan daya kerja otak?  Dalam buku Brain Rules karya Dr. Medina, disebutkan bahwa ada hubungan berbanding lurus antara kinerja otak dengan aktivitas fisik. Otak manusia akan bertumbuh dengan baik pada saat kita bergerak.  Kita pun akan mampu berpikir dengan jernih, memecahkan masalah secara kreatif bila kita meluangkan sebagian hari kita untuk bergerak. Orang yang suka berolahraga mengungguli orang yang malas bergerak dalam hal daya ingat jangka panjang, penalaran, fokus, dan pemecahan masalah.

Brain Gym sendiri bertujuan mengintegrasikan setiap bagian otak untuk membuka bagian-bagian otak yang seelumnya tertutup atau terhambat. Jika masing-masing belahan otak berkembang sendiri-sendiri akan menimbulkan ketidakselarasan. Gerakan Brain Gym dapat menstimulasi pertumbuhan saraf otak.

Bain Gym

Brain Gym ini terdiri atas 26 gerakan dasar yang bertujua menstimulasi dan menyeimbangkan sleuruh bagian otak, yaitu otak kanan-kir, otak atas-bawah, dan otak depan-belakang. Gerakan-gerakannya dikelompokkan sesyai dengan area otak.

Baca Juga: Third Lines of Regenesis+

Dalam Brain Gym ada yang disebut langkah pembukaan meliputi PACE (Positive, Active, Clear, dan Energetic). Langkah pembukaan ini akan mengantar pada kenyamanan saat belajar maupun bekerja. Langkah Pace terdiri atas 4 aktivitas sederhana di antaranya yaitu:

  1. Minum Air (Energetic)

Minum segelas air mineral ternyata mampu memberikan energi kepada tubuh. Minum air sangat penting bagi tubuh apalagi kita tahu bahwa sebagian besar tubuh kita terdiri atas cairan.

  1. Saklar Otak ( Clear)

Latihan ini membantu melancarkan aliran darah ke otak sehingga meningkatkan kemampuan membaca dan menulis. Cara melakukannya mudah, letakkan salah satu tangan di tulang yang dada, dua tulang menonjol dan pijat secara pelan. Tangan yang lain diletakkan di atas udel. Lakukan secara 60 detik kemudian lakukan pergantian tangan.

brain gym 3

  1. Gerakan Silang (Active)

Latihan ini membantu melaih koordinasi antara otak kanan dan tak kiri, juga menyiapkan badan kita agar selalu siap dalam menghadapi segala hal. Latihan ini sangat membantu meningkatkan kemampuan berbicara, menulis, mendengarkan, dan membaca. Cara melakukan gerakan sederhana, letakkan tangan kanan di kaki kiri, lakukan bergantian. Lakukan seperti senam SKJ.

brain gym 4

  1. Kait Rileks (Positive)
    Gerakan ini sangat bermanfaat membuat tubuh rileks kapan pun. Saat akan menghadapi ujian atau harus presentasi biasanya tubuh akan memberi sinyal kurang nyaman. Gerakan kait rileks ini mampu membuat tubuh rileks dan nyaman sehingga meningkatkan kemampuan berbicara dan tenang menghadapi situasi kurang nyaman. Cara melakukan gerakan ini mudah, kaitkan tangan kanan dan kiri letakkan di depan dada. Kaitkan juga kaki kanan dan kiri secara silang. Diam selama kurang lebih 1-2 menit.

brain gym 5

Langkah pembukaan PACE bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Kalau saya biasanya melakukannya pada pagi hari. Sewaktu masih bekerja, saya biasanya melakukan gerakan PACE terlebih dahulu sebelum memulai pekerjaan. Efeknya, saya merasa lebih siap saat bekerja. Apalagi pekerjaan saya membutuhkan konsentrasi tinggi dan ketelitian. Jika saya diminta melakukan presentasi secara mendadak, saya akan melakukan gerakan PACE terlebih dahulu. Hasilnya, tubuh dan otak saya lebih siap saat presentasi.

 

Gerakan Brain Gym ini sebaiknya dilakukan secara rutin dilakukan berulang sehingga otak dan tubuh lebih siap melakukan pekerjaan. Gerakan Brain Gym ini cocok untuk beragam profesi karena meningkatkan beragam kemampuan otak.  Jika sedang mengalami block writing dan tidak punya ide tulisan, bisa melakukan gerakan-gerakan di Brain Gym. Tentunya gerakan-gerakan dasar ini cukup mudah dilakukan, tidak menghabiskan banyak energi namun memberikan manfaat yang banyak. Gerakan Brain Gym bisa dilakukan siapa saja, anak-anak, remaja, maupun orang dewasa dan orangtua lanjut usia.

 

Gerakan Brain Gym yang sederhana ini bisa diajarkan juga pada anak-anak untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Gerakan Brain Gym juga akan menstimulasi otak sehingga tumbuh kembang anak pun optimal.

 

Ingin mendapatkan bimbingan melakukan Brain Gym? Bisa dapatkan info lengkapnya di

Lineation Centre

JL Leumah Neundeut no 10, Setrasari, Bandung

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

41 Responses

  1. Bena says:

    Hahahahahaaha. Salah fokus ya allah. Salah fokus gegara mbak rani praktek.
    Aku suka begitu kalo kelamaan duduk dibkursi kantor atau kursi kerja gitulah. Biar tetep sehat dan biar ada gerak2nya sedikit itu badan.

  2. Wahh variatif juga ya caranya ,boleh ini dicoba, biar otak jadi maksimal. Terkadang karna g tau caranya makanya diem-diem aja,

  3. ruziana says:

    sebenarnya di dalam gerakan senam senam jadul dulu itu ada gerakan PACE itu ya.
    sy masih ingat ada gerakan diam sesaat gitu
    sepertinya harus rajin senam jadul lagi nih
    setidaknya mengikuti gerakan sederhana ini

  4. unggulcenter says:

    Hmm sepertinya emang ga sulit ya. Kadang2 kalau lagi perlu stretching setelah bbrp jam nulis kayaknya perlu nih.

  5. Saya jadi kesindir nih udah lama ga gerak haha,

  6. Masirwin says:

    Wah boleh nih dicoba kalo lagi senggang di kantor… Itung2 relaksasi

  7. Nchie Hanie says:

    Hahaah..iya ya mirip senam SKJ, itu modelnya kece euy..
    Jadi suka ngakak sendiri kalo tretmen BG ini, sederhana tapi bermanfaat

  8. zefy says:

    AKu ppernah coba ikutin gerakan senam ini mbak, awalnya aku kira gampang ternyata susah juga mbak hehheheheee…..

  9. Uwien says:

    Thanks , Teh. Mau kucoba ah di rumah.

  10. lendyagasshi says:

    Assikk…dapat tips brain gym.
    Ini pastinya bermanfaat banget buat emak-emak yang tiap kerjaannya cuma mikirin “Besok enaknya masak apalagi yaa…??”

  11. Wow… saklar otak.. cetakkk cetek… cetakk… cetek…. hehehe kok jadi kaya maenin lampu. Berhubung diriku susah fokus jadi sepertinya perlu latihan juga nih supaya bisa konsentrasi lebih baik.
    Semangatttt……akh buat latihan nih

  12. April Hamsa says:

    Sepertinya bisa juga dipraktekan oleh ibuk2 rumah tangga macam saya. Supaya enggak stress dengan aktivitas yg itu2 aja hahahaha komen sekaligus curcol. Tapi makasih lho mbak tips2 dan contoh2 gerakannya 😀

  13. liza says:

    Wah bisa dipraktekkan nih mbak rany, kadang saat bekerja aku sering stuck dan bosan enggak jelas gitu. Gerakan2 brain gym bisa di kantor ya. Seru seru

  14. Jiah says:

    Wah banyak viriasi gerakannya

    Aku dulu pernah coba, tapi 1-2 gerakan aja. Habis itu lupa. Paling obatnya liat alam, yg ijo2 biar otak fresh. Mau coba lagi ah biar tambah seger badan dan otaknya

  15. Ali M says:

    Bisa dipraktikan bareng-bareng ini mah, soalnya seru

  16. Sally Fauzi says:

    Biar otak kreatif, kita harus banyak2 bergerak ya mbak… Olahraga gak boleh malas

  17. Masih belum paham ama gerakan gerakannya sih mba coba dicontohin dong gerakanannya semua biar pembacanya mengerti gerakan gerakan yang bikin otak refresh dan kembali prima

  18. Oky Maulana says:

    ternyata biar otak kreatif harus banyak gerak, lah aku suka mager hahahaha gimana tuh kak, kesel kan!

  19. Cocok nih brain gym buat yg fokus kerja mulu,ternyata bukan hanya tubuh ya yang butuh olahraga,otak juga perlu.

  20. Nova Violita says:

    Hihi..fokus ke foto baris kedua kaya aku yg suka ketiduran di meja kerja…ga tau kadang suka lemes…ngantuk..

    Kayaknya perlu lakukan banyak gerakan biar bersemangat..

  21. Teeeeh….senam SKJ itu tahun berapa, yaaaa? 😀 😀
    Btw, jadi beneran udah resign ya. Berarti ntar kalo beli buku ke olshop-ku nggak bisa kirim ke alamat yang dulu lagi ya.

  22. Ida Tahmidah says:

    Hehe jadi inget senam SKJ masih inget gerakannya sama musiknya hehe… Soal malas gerak kadang iya jg suka malas gerak apalagi kalau sudah di depan laptop hehe…

    Note: T Rani punten pisan dihapus komen di atas nanti jadi broken link soale salah link soale..Nuhun pisan 🙂

  23. Himawan Sant says:

    Menarik sekali latihan pemanasan metode brain game ini,kak …
    Keterangan gerakan-gerakannya juga lengkap jadi panduan.

    Terimakasih infonya,kak ☺

  24. ichapista says:

    Wah boleh dicoba nih, Mba, lumayan bisa merelaksasi tubuh yang pegal duduk seharian hehehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *