Sehat Itu Anugerah

Sehat Itu Anugerah

Sehat itu Anugerah. Laki-laki paruh baya itu duduk dengan mata kosong. Rambutnya sudah hampir seluruhnya putih. Badannya yang dulu tinggi besar dan tegap kini hanya bisa duduk membatu di kursi roda. Suaranya yang biasanya besar menggelegar jika menegur anak-anak yang sering ribut di halaman masjid kini bagaikan hilang tertelan angin. Sosok yang dulu ditakuti anak-anak itu sekarang tampak rapuh berada di bawah sinar matahari pagi.

Setiap pagi, sang istri dengan telaten mendorong kursi roda yang didudukinya. Dengan penuh kesabaran sang istri menemani suaminya yang dua bulan terakhir ini mengalami stroke. Laki-laki yang biasa dipanggil Pakde ini tampaknya sudah kehilangan gairah hidup sejak tubuhnya mengalami stroke.

Sungguh tidak pernah diduga oleh dirinya bahwa tubuhnya akan mengalami stroke. Jika tahu akan begitu, mungkin Pakde akan lebih memerhatikan masalah kesehatannya. Menurut penuturan Bude, Pakde sebenarnya sudah merasakan gejala hipertensi tetapi mengabaikannya. Seandainya Pakde mengantisipasi gejala hipertensi dan cara menurunkannya, mungkin sejak awal, kondisi stroke bisa dihindari.

Hipertensi bisa menyebabkan stroke karena ada gangguan tekanan pompa jantung yang tinggi dan membuat otak sebagai organ penyuplai darah terganggu karena tingginya tekanan tersebut. Jika tekanan terjadi terlalu lama,pembuluh darah bisa pecah dan mengganggu suplai oksigen dan nutrisi pada otak. Sel otak pun mengalami penurunan fungsi kekurangan energi sehingga bisa mengakibatkan kematian sel saraf otak.

Setidaknya itu mungkin yang terjadi pada Pakde sehingga bagian kanan tubuhnya mengalami stroke.  Kegagahannya yang dulu seakan menguap.Tinggal usaha keras dari sang istri dan anggota keluarga lainnya agar Pakde bisa sembuh seperti sedia kala. Tentunya, cucu-cucunya sangat rindu bermain dan bercengkerama dengannya. Saya pun berharap bisa kembali melihat gairah hidupnya kembali. Biarlah Pakde mengeluarkan suaranya yang keras saat memarahi anak-anak yang ribut di halaman masjid. Biarlah Pakde memperlihatkan seringai galaknya saat melihat ada hal yang tidak disukainya. Itu lebih baik daripada melihatnya duduk terkulai lemah di kursi roda. Sosoknya menjadi terlihat sangat ringkih dan usianya bertambah cepat dalam waktu yang sangat singkat.

Kondisi Pakde seperti mengingatkan saya untuk tetap menjaga kesehatan sesibuk apa pun. Pola makan yang sehat dan teratur akan membuat tubuh lebih imun terhadap faktor-faktor yang bisa membuat kesehatan terganggu. Kesehatan memang terasa sangat mahal saat kita sakit. Karena itu menjaga kesehatan saat kita sedang fit alangkah lebih baik daripada telah jatuh sakit. Sehat itu anugerah yang patut kita jaga sebaik-baiknya.

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *