Sejarah Dan Asal Usul Genset

Sejarah Dan Asal Usul Genset

Genset merupakan salah satu alat yang sangat bermanfaat karena dapat digunakan sebgai pembangkit listrik ketika terjadi pemadaman oleh pihak PLN. Genset yang di jual oleh para distributor tersebut Genset yang sering dipakai oleh perusahaan – perusahaan besar ini sebenarnya memiliki sejarah yang cukup panjang. Adapun sejarah genset diantaranya sebagai berikut

  1. Cakram Faraday

Sebelum para distributor jual genset dengan berbagai model di pasaran. Genset sendiri memiliki sejarah yang cukup panjang. Genset mulai ditemukan pada tahun 1831 – 1832 oleh seorang ilmuan dari Inggris yang bernama Michael Faraday. Beliau mengemukakan bahwa beda potensial dapat dihasilkan pada ujung konduktor listrik yang bergerak secara tegak lurus terhadap medan magnet. Dari teori inilah Michael Faraday menciptakan sebuah generator yang memanfaatkan cakram tembaga.

genset 1

Cakram ini berputar antara kutub magnet tapak kuda sehingga menghasilkan arus searah atau DC yang tidak terlalu besar. Cakram ini di beri nama Cakram Faraday. Namun setelah diciptakannya, hasil uji coba menyatakan bahwa cakram ini dinilai kurang efisien.

Hal ini dikarenakan adanya arus balik yang diinduksi langsung di bawah magnet. Arus ini mengalir kembali ke bagian cakram yang berada di luar pengaruh medan magnet. Dampaknya Arus balik tersebut membatasi tenaga yang dialirkan pada kawat penghantar juga menghasilkan panas yang menginduksi.

 

  1. Cakram Homopolar

Memang tidak ada yang jual genset dengan cakram homopolar dikarenakan genset jenis ini masih belum sempurna. Cakram Homopolar dibentuk dari Pengembangan konsep cakram Faraday. Genset Homopolar disusun dari sejumlah magnet yang mengelilingi tepi cakram. Cara ini dapat mempertahankan efek medan magnet secara stabil. Namun tetap saja cakram hompolar ini memiliki kelemahan.

genset 2

 

 

Sebelum genset model ini dipasarkan, ternyata di temukan kelemahan yaitu kecilnya tegangan yang dihasilkan. Hal ini tentu dikarenakan jalur arus tunggal yang melewati fluks magnetik pada cakram Homopolar. Sehingga muncul penemuan baru yaitu sebuah genset yang dijual dengan memanfaatkan tenaga dinamo.

 

  1. Dinamo

Genset dengan menaisme dinamo mulai dipasarkan pada abad ke 21. Masih sama dengan prinsip elektromagnetisme pada dinamo yang dapat mengubah putaran mekanik menjadi energi listrik. Berbagai harga genset dinamo yang dijual dipasaran adalah pengembangan dari prinsip hukum faraday yang dikemukakan pada tahun 1832 oleh Hippolyte Pixii. Seorang mekanik dari perancis. Metode ini menggunakan sebuah magnet permanen yang diputar oleh sebuah crank.

genset 3

Magnet yang berputar ini ditempatkan sedemikian rupa hingga kutup utara dan kutup selatan magnet dapat melilit bongkahan besi yang dibungkus oleh kawat.

Pixii mengemukakkan bahwa magnet yang berputar dapat menghasilkan sebuah pulsa arus di kawat. Setiap kali gelombang atau pulsa ini melewati sebuah kutup kumparan, ternyata dapat menginduksi arus diarah yang saling berlawanan.

Hingga kini banyak distributor yang jual genset dengan menggunakan metode dinamo, karena genset yang menggunakan prinsip kerja dinamo lebih efisien dan hampir tak bercelah. Anda bisa menemukan berbagai jenis tipe genset di pusat distributor di Indotrading.com

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

1 Response

  1. Saya baru tahu akan hal ini!
    Terima kasih atas sharingannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *