Serunya Wisata di Garut dengan Traveloka Xperience

Wisata di Garut. Garut punya arti khusus buat saya dan keluarga. Walaupun, saya dan keluarga orangtua tinggal di Sukabumi, tapi kami memiliki banyak saudara dan kerabat di kota dodol ini. Apalagi sewaktu masih tinggal di Bandung, suami sering mendadak mengajak ke Garut sekadar untuk berendam di pemandian air panas Garut, lalu kembali lagi ke Bandung. Kami lebih suka berendam di Cipanas Garut daripada di Ciateur. Apalagi, banyak kuliner khas Garut yang selalu bikin kangen, seperti es goyobod alun-alun yang rasanya nggak pernah berubah dari pertama kali beli, bakso, kerupuk kulit, dodol, dan sekarang makanan yang lagi hits bakso aci. Duh, kalau ngomongin makanan jadi suka ngiler, deh.

Saya dan keluarga jarang sih mengkhususkan liburan eksplorasi wisata di Garut. Biasanya, kalau ke Garut itu sekalian lewat aja kalau mudik ke rumah mertua di Tasikmalaya. Jadi, yah lewat aja, paling sambil lewat, mampir berendam dulu, jajan es goyobod dulu, ngebakso dulu, lalu lanjut perjalanan. Padahal banyak banget tempat wisata di Garut yang ingin saya kunjungi.

Menurut saya, Garut punya kekayaan alam yang luar biasa. Di sana, banyak sumber alam yang bisa jadi tempat wisata. Garut punya banyak pantai indah, seperti Pantai Pameungpeuk, Pantai Rancabuaya, dll. Di sana juga ada sumber air panas alami yang mengandung belerang murni dan bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Garut juga salah satu wilayah penghasil gas, batu pasir, dan kekayaan alam lainnya. Selain kekayaan alam, Garut juga punya peninggalan seperti situs Candi Cangkuang. Makanya, tidak heran jika Garut jadi salah satu tempat wisata favorit bagi wisatawan domestik.

Baca Juga: Eksplorasi Wisata Alam Sukabumi

Tempat Wisata Garut yang Wajib Dikunjungi

Sebenarnya banyak sekali pilihan tempat wisata di Garut. Namun, ada beberapa tempat wisata di sana yang ingin saya kunjungi dan jika sudah pernah, selalu ingin saya kunjungi lagi karena  #XperienceSeru yang saya rasakan ketika wisata ke sana. Ini dia tempat wisata Garut yang menurut saya wajib dikunjungi.

  1. Candi Cangkuang dan Kampung Pulo

Sumber:

Garut tidak hanya memiliki wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, Garut juga punya wisata budaya yang terkenal yaitu Candi Cangkuang dan Kampung Pulo. Setiap melakukan perjalanan dari Bandung ke Tasikmalaya, kerapkali saya lewat daerah Leles dan lihat plang bertuliskan Candi Cangkuang. Dari plang tersebut ada jalan menuju temlat wisata ini yang terletak di tengah situ. Untuk menuju Candi Cangkuang, pengunjung mesti menyebrang menggunakan rakit.

Walaupun sering melewati Kab. Leles dan lihat plang bertuliskan Candi Cangkuang, saya belum berkesempatan mengunjunginya. Makanya, tempat wisata ini jadi whistlist tempat wisata yang ingin saya kunjungi.

2. Kompleks Wisata Cipanas Garut

Nah, wisata cipanas Garut menjadi tempat favorit saya dan keluarga. Terutama anak-anak seneng banget berenang di kolam renang air hangat di Tirta Tangga. Kadang, bermain perosotan air di Sabda Alam bersama anak-anak.

Biasanya, kami sengaja ke berendam ke Cipanas Garut, sekalian pas ke Tasikmalaya. Habis berendam langsung deh ngebakso dan minum es goyobod di alun-alun Garut.

3. Kompleks Wisata Darajat Garut

Nah, wisata Darajat Garut juga jadi alternatif tempat wisata di sana. Kolam renang air hangat jadi favorit anak-anak. Udara dingin dengan pemandangan kabut menjadi ciri khas daerah Darajat Garut.

Darajat Garut memang terletak di dataran tinggi, kendaraan untuk menuju ke sana pun melalui jalan yang menanjak. Namun, perjalanan jauh akan terbayar dengan pemandangan indah sepanjang jalan.

4. Kampung Sampireun

Sumber: traveloka.com

 

Saya tahu Kampung Sampireun Resort and Spa ini dari cerita teman-teman yang pernah berkunjung ke sana. Kampung Sampireun terkenal ekslusif. Namun tentu saja fasilitas yang disediakan pun ekslusif. Kamar untuk menginap yang luas dengan nuansa pedesaan (dinding dari bilik bambu) membuat suasana lebih terasa etnik.

Untuk menuju ke Kampung Sampireun bisa melalui jalan utama Bandung-Garut (via Nagrek) menuju jalan Raya Samarang. Kita akan disambut dengan desain hotel khas Sunda dengan iringan gamelan Sunda. Suasana terasa di pedesaan dengan iringan gemericik air.

Bcaa Juga: Tempat Wisata Alam di Sukabumi

5. Kawah Kamojang dan Kamojang Ecopark

Sumber: Tribun jabar

 

Saya tahu wisata Kawah Kamojang dan Kamojang Ecopark ini tidak sengaja, saat perjalanan mudik dua tahun lalu, dan jalan Bandung-Garut macet total, sehingga suami mencari jalan alternatif dan diarahkan d ke jalur perbatasan Garut – Bandung, kawah Kamojang.

Pengunjung bisa melihat uap panas bumi yang keluar dari area-area tertentu, bisa berendam air panas, dan melihat pemandangan indah di sana.

Sekarang di sana juga ada Kamojang Ecopark, lokasinya berasa di kawasan Kamojang, tidak jauh dari gerbang batas wilayah Garut-Bandung. Di sana, pengunjung bisa foto-foto syantik dengan pemandangan keren.

 

6. Pantai Ranca Buaya

Sunrise di Pantai Ranca Buaya

 dan keluarga sudah beberapa kali mengunjungi Pantai Ranca Buaya. Walaupun, rasanya tidak banyak yang berubah dari fasilitas di pantai ini, tapi suasana pantai yang indah selalu membuat saya dan keluarga ingin ke sana lagi.

Kegiatan favorit kami kalau berkunjung ke sana, selain berenang di tepi pantai, bermain pasir, dan tentu saja bakar ikan laut. Tinggal pesan saja ke rumah makan di sana, dan ikan bakar akan disajikan ke gazebo yang kita tempati di tepi pantai.

Saat berkunjung ke sana yang terakhir kali, kami beruntung bisa datang saat sunrise, jadi kami bisa melihat pemandangan indah matahari terbit di sana. Perjalanan malam yang kami lalui dari Bandung, terbayar dengan pemandangan sunrise yang indah.

 

7. River Tubing Banjarwangi Garut

Salah satu kegiatan favorit saat liburan adalah bermain air, dan pastinya kegiatan arung jeram yang memicu adrenalin. Saya dan anak-anak pernah tubing di Gunung Kidul, Jogyakarta. Nah, ternyata di Garut juga ada wisata river tubing yang asyik dan memicu adrenalin.

Wisata River Tubing Leuwi Paranje, Desa Bojong, Kecamatan Banjarwangi, menjadi wisata favorit dan ingin saya kunjungi.

Wisata di Garut dengan Traveloka Xperience

Tanpa terasa jadwal liburan sekolah sudah di depan mata. Sudah saatnya menyusun rencana liburan nih buat anak-anak. Inginnya liburan ke tempat yang dekat, biar anak-anak tidak kecaepan di jalan. Nah, kali ini, seperti biasa, kami ingin liburan di Garut, bukan sekadar liburan mampir saat ke liburan ke Tasikmalaya. Tapi benar-benar menghabiskan liburan di Garut. Di antara 7 tempat favorit wisata Garut yang saya sebutkan di atas, saya ingin sekali mencoba tour river tubing di Banjarwangi. Tapi, saya belum punya info lengkap tentang tempat wisata ini. Saya pun cek aplikasi traveloka di smartphone. Biasanya, kalau akan merencanakan liburan, saya buka aplikasi traveloka. Nah, ternyata sekarang di aplikasi ini ada Traveloka Xperience yang menawarkan beragam pilihan aktivitas liburan yang asyik dan menyenangkan dengan pilihan harga yang menarik, tentunya. Pilihan aktivitas di Traveloka Xperience tidak hanya pilihan tempat liburan tapi juga beragam aktivitas liburan menyenangkan. Beberapa aktivitas liburan yang tersedia di aplikasi Taveloka Xperience yaitu.

Spa dan Kecantikan

Kayaknya kalau buat perempuan, kegiatan menenangkan diri di salon kecantikan menjadi salah satu kegiatan favorit. Begitu pun dengan saya. Namun, sejak pindah ke Sukabumi, saya tidak tahu spa dan salon kecantikan di sini, tapi saat membuka Traveloka Xperience, saya menemukan banyak rekomendasi kegiatan spa dan kecantikan di daerah sekitar tempat tinggal saya, tentu saja dengan harga-harga diskon yang menarik. Setelah berlelah-lelah dengan kegiatan padat mengantar jemput anak sekolah dan les, rasanya ingin rileks sejenak melakukan perawatan spa.

Hiburan

Traveloka Xperience juga menyediakan fitur Hiburan bagi siapa saja yang memiliki waktu singkat untuk berlibur. Di fitur ini, tersapat pencarian ke tempat karaoke, memainkan video games di taman bermain, atau seru-seruan kegiatan outbond.

Event

Mengisi liburan tidak hanya ke tempat liburan tapi juga menonton event atau konser musik. Di Traveloka Xperience tersapat beragam info konser musik dan fasilitas booking tiket. Tidak hanya konser musik, juga terdapat pertunjukkan sirkus. Jadi, saya bisa mengajak anak-anak nonton sirkus dengan booking tiket di Traveloka Xperience.

Olahraga

Ternyata mengisi waktu liburan bisa dengan kegiatan olahraga yang menyenangkan dan tentu saja membuat badan lebih bugar dan fit.

Aktivitas yang ditawarkan di antaranya berenang, fitnes, climbing, brla diri, hingga bermain trampolin. Pembelian tiket mudah banget tinggal klik aplikasi Traveloka Xperience.

Atraksi

Mengajak anak-anak mengisi liburan, kayaknya kurang afdol kalau tidak mengajak ke taman bermain. Terdapat banyak pilihan taman bermain yang direkomendasikan di Traveloka Xperience seperti permainan arung jeram, roller foaster, playground outdoor dan indoor.  Kebetulan banget, Fathan sangat ingin main ke Dunia Fantasi, ternyata harga tiket masuknya ada diskon jika beli di Traveloka Xperience.

Tur

Banyak destinasi wisata yang ingin saya kunjungi. Namun, untuk liburan akhir tahun kali ini, saya ingin liburan dengan ikut river tubing di Garut. Saat membuka Traveloka Xperience, saya langsung hepi saat ada pilihan Tur River Tubing Banjarwangi, Garut. Biaya tur yang ditawarkan pun cukup terjangkau dan pastinya bisa memberikan pengalaman wisata yang berbeda.

Bioskop

Menonton bioskop jadi salah satu hiburan paling menyenangkan buat saya. Apalagi sekarang, katanya akan dibangun gedung bisokop di Sukabumi. Waah, pastinya bakalan sering buka Traveloka Xperience nih buat cari film-film yang mau ditonton dan langsung beli tiketnya di sana biar nggak kehabisan.

Traveloka Xperience menyediakan berbagai metode pembayaran yang pastinya memudahkan. Selain itu, banyak promo menarik nih, baik promo harga tiket maupun lainnya. So, liburan makin menyenangkan nih dengan Traveloka Xperience, dengan beragam aktivitas menarik dan menyenangkan. Yuk, alami #XperienceSeru di Traveloka Xperience dan dapatkan liburan seru tidak terlupakan.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

21 Responses

  1. Garut terkenal akan air panasnya ya mba. Aku paling tertarik ingin berkunjung ke Kawah Kamojang ~ Kamojang Ecopark itu mbak. ehehhee
    Garut emang Swiss Van Java ya, banyak objek wisatanya
    Oh iya, gunain fitur Traveloka Xperience emang memudahkan tiap mau berlibur deh, kemanapun dan kapanpun bisa gunain layanan ini hehehee
    TFS Mbak

  2. marfa says:

    wah arum jeram, seru pasti ya untuk membakar lemak juga haha XD banyak juga ya layanan dari Traveloka ini, apa-apa jadi mudah

  3. Ruli retno says:

    Garut itu cuacanya dingin ya? Belum pernah kesana sama sekali. Tapi paling pengen ke wisata darajat

  4. Ternyata Garut punya banyak tempat wisata ya. Sudah masuk di Traveloka Xperience pula. Wisata di Garut jd semakin mudah dong.

  5. Ririe Khayan says:

    2017 lalu hampir mampir ke Garut, rame2 sama teman2 ex diklat di Yogya, sudah tergoda banget untuk jelajah destinasi wisata di Garut yg ternyata bejibun. Tapi krn saat itu bentrok dg acara diklat di bandung yg gak bs ditinggalin, akhirnya skip deh mbolang ke Garutnya.

  6. Saya belum pernah menjelajah Garut karena ga punya saudara di sini dan ga pernah ada kerjaan ke tempat ini. Tapi objek-objek wisatanya sangat menarik, Teh. Kelak saya singgah ke sini ah

  7. Tika Samosir says:

    Jadi kangen ke garut teteh. Dulu waktu kuliah sering banget main kesana ke rumah teman.
    Apalagi ke pemandian air panas itu lho. Ntar liburan kesana pakai traveloka xperience

  8. Seru banget.. skrg klo mau wisata jalan jalan bisa beli dan browsing di traveloka. Jd makin praktis yaah.. mau ah ceki ceki ke traveloka klo giniii

  9. aku baru kemarin nyobain pakai traveloka experience ini mbak, dan beneran murah banget ya, aku biasanya main ke kidzoona habis 150rb cuma bayar 75rb donk hahahaa hemat banyak 🙂

  10. Novi H says:

    Traveloka emang one stop app yang keren banget, apa aja bisa di book di traveloka, apalagi promonya juga menarik dan menguntungkan banget 😀

  11. Desri Desri says:

    aku tiap minggu berburu promo traveloka xpereince mba, ke mall aja berburu dulu, solanya lumayan banget potongannya loh, bisa buat jajan ya kan?

  12. Siska Dwyta says:

    Belum pernah ke Garut. Banyak tempat wisata juga ya di sana. Jadi pengen deh, btw mau berwisata atau rekreasi jadi mudah banget ya Mbak karena udah ada layana traveloka xperience ini.

  13. wah di garut ada candi? seru banget aku baru tau deh! kalau punya libur panjang mau ah ke candi itu, enggak terlalu jauh ini hehe

  14. flo fairy says:

    aku belum pernah mampir ke Garut, pengen deh mau atur jadwal bua wisata ke sana, seru banget ini keliatannya

  15. artha says:

    kalau ke garut mah wajib mampir ke air panasnya. segeer…rileks gitu. eh saya baru tahu kalau ada candi juga di garut

  16. Demia says:

    waaaaah udah lama ga liburan ih jadi pengen covain traveloka experience juga biar lebih gampang yaaa dan ga ribet

  17. Hebat ya Traveloka, kini gak cuma OTA aja. Tapi juga bisa ngapa-ngapai dengan fitur Traveloka Xperience. Btw, udah lama gak ke Garut. Terakhir tahun 2017. Kangen deh ihhhh….

  18. Duh jd kangen ke Rancabuaya hehe. Sekarang mah serba mudah ya teh mau liburan tuh dengan adanya Traveloka Xperience

  19. Aku juga lagi nyobain utak-atik menu Xperience nih mba di Traveloka. Ternyata masih banyak tempat menarik di sekitarku yang belum kujelajahi lho. Jadi tau ya gara-gara ngeliat fitur baru dari Traveloka ini. Habis ini mau nyobain aaah…

  20. Elva Susanti says:

    Sekarang asik banget ya mbak, mau kemana aja, mau pesen apa aja tinggal klik aja dalam satu aplikasi. Dan harganya pun terbilang murah.

  21. Wahhh, jadi pengen cave tubing deh. Aku belum pernah ke garut nih, jadi pengen jalan2 ke garut ❤️

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *