SPOTS, Aplikasi Kasir untuk Pengembangan Bisnis Kuliner

SPOTS POS

Aplikasi SPOTS POS

SPOTS, Aplikasi Kasir untuk Pengembangan Bisnis KulinerPerkembangan bisnis kuliner kian hari terus menunjukkan eksistensinya. Tidak hanya di kota-kota besar, kota kecil tempat saya tinggal pun menampakkan geliatnya. Mulai dari kuliner yang sudah melegenda dan menjadi khas kota ini, sampai kuliner baru yang tidak hanya menawarkan rasa lezat tapi juga suasana tempat yang nyaman dan tentu saja instragamable. Kuliner legendaries di Sukabumi cukup dicari oleh masyarakat sini atau juga pengunjung, seperti bubur ayam bunut, mie kocok mang ece, ayam bakar oni, rumah makan bunut, moci lampion, dan beberapa kuliner legendaris lainnya.Beberapa kuliner legendaris tersebut sering diserbu pembeli namun sayangnya beberapa masih kurang maksimal dalam pelayanannya. Seperti misalnya, saat saya dan keluarga besar makan di tempat ayam bakar favorit. Warung tenda makanan ini memang tidak pernah sepi dengan pengunjung, apalagi pada saat bulan Ramadhan selalu penuh dengan pengunjung. Rasa ayam bakar yang gurih dan bumbunya yang meresap sampai ke tulang membuat pengunjung tidak memedulikan tempat makan yang terbilang sederhana.

Sayangnya, pelayanannya masih manual terutama pada saat pembayaran. Jadi, saat saya akan membayar makanan yang kami konsumi, penjual menyebutkan jumlah yang harus saya bayar tanpa memberikan rincian pembelian. Pada saat saya meminta nota pembelian, barulah si penjual mencatat apa saja yang kami makan, dan tentu saja membutuhkan waktu lama. Sementara pembeli lain sudah mengantre minta dilayani. Akhirnya, saya mengalah dan coba untuk saling percaya saja dengan penjual, tanpa tahu persis apakah makannya yang kami konsumsi itu sesuai jumlah. Padahal, menurut saya, pelayanan dengaan menyediakan mesin kasir akan sangat membantu penjualan. Apalagi bagi seorang pebisnis tentunya sangat penting merekap transaksi harian sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Memulai Bisnis Tidak Harus dari Nol

Semasa SMU, saya pernah belajar akuntansi dan mendapatkan pembelajaran betapa pentingnya merekap transaksi harian karena akan menghindarkan dari beberapa risiko seperti kecurangan keuangan, peningkatan penjualan, hingga pengembangan usaha seperti mendapatkan investasi dari investor tentunya membutuhkan pembukuan yang jelas.

Ada beberapa pencatatan yang mesti dilakukan saat menjalankan bisnis kuliner, di antaranya:
1. Membuat catatan transaksi pengeluaran dan pemasukan
Saat menjalankan bisnis, sangat penting bagi pebisnis untuk membuat catatan pengekjaran dan pemasukan. Dimulai dari mencatat modal yang dikeluarkan untuk membeli bahan-bahan untuk penjualan. Setelah adanya catatan pengeluaran tentunya dilakukan catatan pemasukan setiap hari. Dengan pencatatan pemasukan membuat pebisnis jadi tahu berapa jumlah produk yang laku terjual dan tentu saja keuntungan yang didapat. Catatan harian sangat penting dilakukan agar pebisnis menjadi tahu keuntungan bulanan yang didapat. Semakin besar bisnis, pencatatan harian semakin perlu dilakukan.
2. Membuat Catatan Stok
Selain pencatatan pengeluaran dan pemasukan, pebisnis juga perlu membuat catatan stok barang sehingga menbetahui jumlah produk masuk dan keluar. Dengan begitu, pebisnis juga bisa melakukan estimasi jumlah produk yang akan dijual, apakah jumlahnya akan sama setiap hari ataukah akan ditingkatkan atau dikurangi jumlah stoknya.
3. Menyusun Laporan Laba Rugi
Nah, pastinya dengan dilakukan pencatatan harian akan berimbas pada saat menyusun laporan laba rugi. Ini penting banget bagi pebisnis sehingga mengetahui apakah bisnisnya lancar dan menguntungkan ataukah sebaliknya.

Baca Juga: Semangat Itsar dalam Berbisnis
Nah, menurut saya bagaiman bisa membuat laporan harian dan terperinci jika tidak ada mesin kasir yang membantu catatan penjualan. Selain tidak adanya catatan untuk pebisnis juga tentunya bisa t pelanggan yang ingin tahu harga makanan yang dibeli. Tidak adanya struk pembayaran yang jelas akan membuat pembeli enggan kembali lagi karena merasa si penjual memberi harga suka-suka, tidak terstandar. Diperlukan bantuan mesin kasir untuk bisa melakukan pencatatan dengan lebih teratur. Bagi pelaku wirausaha yang baru memulai bisnis seringkali melewatkan hal tersebut, bahkan pelaku wirausaha yang sudah lama pun banyak yang masih abai dan melakukan pencatatan secara manual dengan risiko catatan akan terselip, dan bahkan hilang. Perkembangan teknologi menghadirkan kemudahan bagi kita semua, terutama bagi para pebisnis yang ingin meningkatnya bisnisnya dengan menghadirkan sistem Poin of Sale (POS) yang tentunya memudahkan karena lebih praktis dan terkomputerisasi. Berbeda dengan sistem kasir manual yang mengharuskan pebisnis untuk terus memangau persediaannproduk, dengan sistem POS semuanya sudah terdata dengan baik dan rapi. Sistem POS dapat membantu melacak dan memberikan informasi terkait penjualan sehingga pencatatan selalu uptodate. Pebisnis juga bisa memonitor biaya satuan, menghitung produk dan mempetkirakan stok. Jika ingin mengembangkan bisnis dan membuka cabang usaha tentunya akan lebih mudah.

Kabar baiknya, GOJEK sebagai perusahaan yang concern dengan pengembangan wirausaha membuat aplikasi kasir yang sangat membantu para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya, yaitu SPOTS. SPOTS merupakan perangkat multifungsi dari GOJEK untuk untuk semua kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia. Mulai dari terima pemesanan GO-FOOD, pembayaran GO-PAY, hingga laporan harian dari beragam tipe pembayaran dan cetak resi secara instan.

Aplikasi kasir SPOTS sangat cocok digunakan oleh pelaku UMKM yang baru mulai maupun yang sudah berjalan dan ingin menjalankan bisnisnya dengan lebih ringkas dan cepat berkembang karena menghemat waktu dan uang dengan mengotomisasi banyak tugas penjualan sehari-hari. Dengan biaya terjangkau (biaya aktivasi) sebesar Rp290.000, 00 dan biaya pemeliharaan Rp2.900,00/hari, siapa pun dapat menjalankan usaha.

Informasi lebih lanjut bisa cek video dan website.

Dengan aplikasi kasir SPOTS, pemilik usaha baik kecil maupun besar, baik pemilik gerobak sate, food truck, kantin perkantoran, cafΓ©, sampai restoran bercabang bisa menggunakan SPOTS dalam aktivitas hariannya.

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

56 Responses

  1. Tadinya cuma tahu kalau aplikasi kasir SPOTS ini cuma untuk mencatat transaksi penjualan saja, ternyata bisa untuk mencatat keluar masuk uang, juga perhitungan rugi laba ya? Wah, jadi lebih praktis dong kalau pengusaha kuliner atau UMKM untuk melakukan pencatatan keuangan kalau menggunakan aplikasi ini. Mantap

  2. vanisa says:

    nguntungin banget yaa buat para pemilik bisnis, dan mempermudah kegiatan bisnisnya πŸ™‚

  3. Wah jaman now emang keren banget deh klu bicara soal aplikasi yang paling membantu pekerjaan sehari-hari, termasuk aplikasi kasir ini

  4. Semakin canggih dan memudahkan bagi pengusaha kuliner. Semoga bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya

  5. Mpo ratne says:

    Ternyata kita sama lulusan akuntansi. Memang itu harus di perhatikan jangan sampai pelanggan kecewa apalagi soal duit. Aplikasi Spots membantu pengusaha dan pelanggan

  6. Baru tau ada aplikasi kasir dari Gojek heheh.
    Dengan aplikasi ini jadi semakin membuktikan kepeduliannya pada pengembangan UMKM ya.
    Salut deh dengan GOJEK, yang terus berinovasi memajukan masyarakat sekitarnya.

  7. untung ada aplikasi SPOTS ya?

    karena sangat membantu, terlebih untuk UMKM yang butuh akutansi akurat supaya bisa merencanakan target penjualan

  8. Farida Pane says:

    Membantu sekali dong ya berarti aplikasi spots ini terutama bagi pedagang kecil hingga menengah.

  9. Inda Chakim says:

    Alhamdulillah ada aplikasi seperti ini yang membantu bgd bagi umkm dan terutama yg bisnis kuliner. Aku sendiri butuh bgd aplikasi spots ini mbk, biar makin disiplin soal pembukuan untuk kedai kopi aku. Makasih bnyak sharenya ya mbk

  10. Inda Chakim says:

    Alhamdulillah ada aplikasi seperti ini yang membantu bgd bagi umkm dan terutama yg bisnis kuliner. Aku sendiri butuh bgd aplikasi spots ini mbk, biar makin disiplin soal pembukuan untuk kedai kopi aku. Makasih bnyak sharenya ya mbk

  11. Lidya says:

    Punya usaha kecil gak repot lagi ya mengurusi pembayaran karena ada aplikasi kasir yang bisa membantu pengusasa kecil seperti ini & biaya aktivasinya juga terbilang murah ya

  12. Keren ide dari SPOTS ini. Bikin paa UMKM bisa mengelola uang perkasiran. Alat dan aplikasi yang asalnya kompleks, jadi ringkes di SPOTS ini.

  13. Arda Sitepu says:

    Sekarang apa aja ada dan memudahkan seperti aplikasi SPOTS ini untuk para pelaku bisnis apalagi pemula. Jadi kalau bingung kalkulasi keuangan tinggal menggunakan SPOTS sebagai kasir. Kece…

  14. Nah, kalau mau bantuin para pengusaha kecil memang seharusnya ada inovasi seperti ini ya. Kece banget nih SPOTS bisa mempermudah para pengusaha kecil untuk menyajikan data2 transaksi penjualan dengan cepat.

  15. April Hamsa says:

    Ooo jd SPOTS ini milik GOJEK yaa. Wah jd kalau misalnya beli2, apalagi pakai GOPAY di merchant yang pakai SPOTS makin mempermudah si merchant menghitung pemasukan dan keuntungan ya mbak πŸ˜€

  16. Ida Tahmidah says:

    Wah aku tertarik banget nih dulu oernah bikin usaha kuliner juga..memang rempong soal pemasukan niy..

  17. Duh baru tahu kalo ada apilkasi SPOT ini dari Gojek lho. Praktis banget yah bisa dipakai para UMKM untuk memudahkan perhitungan mereka.

    Gojek mah emang inovatif sekali yah :))

  18. Helena says:

    GOJEK nih yaa ekspansinya kemana-mana. Enak nih buat pelaku usaha kuliner, semuanya ter-sync dalam satu SPOTS.

  19. lendyagasshi says:

    Buat para pengusaha…jadi gaperlu kesulitan lagi yaa teh..
    Ada SPOTS yang sangat membantu UMKM.

  20. Ika Puspita says:

    Aplikasinya cocok ya buat para pengusaha UMKM. Bener-bener ya, Gojek emang ngerti banget dan ngebantu pengusaha kecil

  21. Alhamdulillah sangat terbantukan ini para UKM yang sedang mengembankan bisnisnya
    dimudahkan dengan aplikasi SPOTS

  22. Rahmah says:

    Semua pebisnis kuliner butuh informasi ini jadi menjalankan bisnisnya bisa dengan mudah dan memudahkan.

  23. Asyik ya ada SPOTS ini. Penjual makanan pinggir jalan pun bisa jadi pedagang moderen dengan sistem pembayaran cashless kalau pakai SPOTS.

  24. Yoanna Fayza says:

    semoga banyak pelaku bisnis kuliner kaki lima yang secepatnya berlaih ke SPOTS yaa, biar pasukan pemuja cashless kayak saya bisa bebas jajan dimana aja πŸ™‚

  25. Wah, bener nih saya pun ngerasa ketampar karena bisnis yang dijalanin belum rapi dan pakai aplikasi kasir kayak SPOTS, padahal kalau dicatat rapi bakalan lebih rapi ya teh.. jadi pengen ngebenahin rencana bisnis keripik.. makasih sharingnya teh

  26. susie ncuss says:

    wah… bener ya kalau gojek itu pinter banget nyari celah utk mengembangkan bisnisnya.
    sampai ke aplikasi kasir aja dihajar sama doi. hehehe
    tapi bagus sih karena bisa bantu para pelaku UMKM πŸ˜€

  27. Desi Namora says:

    Jadi gak perlu susah2 lagi ya Mba, gak sibuk dengan pencatatan akuntansi yg Alhamdulillah bikin saya meringis waktu itu belajarnya

  28. Mugniar says:

    Sayang banget kalo jaman now tak manfaatkan teknilogi ya. sPOTS ini memudahkan banget

  29. Diah says:

    Bener banget nih Mbak, selain mencatat pemasukan dan pengeluaran juga laba rugi wajib juga ya mencatat stock barang kita. πŸ™‚

  30. Kayaknya aku pernah lihat nih alatnya di TP kemarin. Gara-gara udah baca ulasannya di blog lain, aku jadi notice tiap di kasir hehe

  31. Keren nih inovasi teknologi gojek. Mantap ulasannya. …

  32. @nurulrahma says:

    Aplikasi yg super duper ngebantu pengusaha UKM. Sbg konsumen setia GoFood, aku makin hepiii πŸ˜€

  33. Mugniar says:

    Dengan SPOTS ini sebenarnya mengefesiensikan waktu pelayanan ya Mbak. Kalo minta nota kan cepat banget tuh diproses ketimbang ditulis manual pake pulpen.

  34. jaman serba digital begini semua dimudahkan ya mbak, baik penjual maupun pembeli πŸ™‚

  35. Rachmanita says:

    Asyik ya semakin canggih dan mempermudah kita untuk menjalankan usaha kuliner…

  36. Grandys says:

    Waktu makan d warung mie ayam, mereka udah pake aplikasi SPOTS ini. Kece banget! Jadi bisa analisa BEP nya lebih, karena tanpa nambah kasir lagi ya

  37. flo fairy says:

    aplikasi ini mempermudah yang punya usaha ya beb, selain membantu dalam pembayaran juga bisa membantu mengelola keuangan ya

  38. Lagi searching cari testimoni spots dan mampir kesini..
    Masih penasaran sama spots dan hasil browsing testimoni yg sudah pake spots sangat terbatas. Kepoin spots dlu Biar lebih mantep kalau mau pake ini alat

  39. Vindy Putri says:

    Sudah support Gojek. Lumayan nih bisa dipakai mempermudah transaksi. Jadi makin canggih hehe…

  40. Ria Nugros says:

    Memudahkan sekali ya dengan adanya SPOTS ini daripada harus menulis pembukuan lumayan makan waktu kalau nulis πŸ˜€

  41. Riwenda says:

    Terobosan baru ya mbak ,aplikasi zaman sekarang canggih canggih dan memudahkan kita semua dalam bertransaksi

  42. lendyagasshi says:

    Aku akhirnya nemu SPOTS, teh..
    Ternyata, tetangga aku yang punya usaha cafe, pake alat super kece dan canggih ini…
    Katanya..pakai SPOTS, jadi lebih praktis.

  43. ivonie says:

    Kalau ada aplikasi semacam ini jadi lebih mudah dalam hal pembukuan ya mbak, menarik nih buat para pebisnis

  44. April Hamsa says:

    Yg bayar 290 rb itu sekali dapat mesinnya itu ya mbak?
    Trus bayr tiap hari 2900? Kalau berhenti berlangganan misalnya berarti ntr alatnya dibalikin dan gak kena charge lg gtu ya? sorry kalau salah hehe πŸ˜€

  45. Makin canggih aja nih Gojek bikin aplikasi. Memudahkan masyarakat dalam setiap urusannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *