Tempat Wisata Alam di Sukabumi dan Infrastrukturnya

Tempat Wisata Alam di Sukabumi dan Infrastrukturnya

Tempat Wisata  Alam di Sukabumi dan Infrastrukturnya. Sudah lebih dari 6 bulan saya kembali ke kota tempat saya menjalani masa kecil dan masa remaja. Kota yang saya rasa tidak terlalu banyak perubahannya, sejak saya meninggalkannya 18 tahun lalu untuk kuliah di Bandung. Kota yang saya datangi hanya untuk beberapa hari karena silaturahim dengan orangtua. Kini, saya kembali di kota ini dan mulai menata kehidupan baru di sini. Semenjak saya tinggal di sini, saya belum banyak pergi mengunjungi berbagai tempat yang dulu sering didatangi. Saya malah disibukkan dengan suasana baru dan kesibukan baru sebagai ibu rumah tangga. Sehingga memang tidak banyak mengunjungi  tempat-tempat wisata yang sekarang lagi ngehits di sini.

Baca Juga: Menelusuri Jejak Sejarah di Pantai Teluk Penyu

Beberapa tempat wisata alam yang dulu pernah  dikunjungi di antaranya Taman Selabintana, Pangrango, Situ Gunung, dan Pantai Pelabuhan Ratu. Rasanya sedih sekali saat keluarga mamah ke Ciletuh dan saya tidak bisa ikut. Padahal saya sangat penasaran dengan objek wisata yang sekarang menjadi andalan kota ini. Konon katanya infrastuktur jalan ke Geopark Ciletuh sudah diperbaiki sehingga akses wisatawan lebih mudah. Walaupun adik bercerita kalau perjalanan menuju Ciletuh cukup jauh dan melelahkan namun jalannya sudah bagus. Sepertinya masyarakat sekitar Ciletuh pun sekarang mengalami peningkatan perekonomian yang drastis apalagi infrastuktur jalannya memajukan masyarakat.

Sewaktu saya tinggal di Sukabumi, saya tidak pernah mendengar tentang tempat wisata Geopark Ciletuh. Tempat wisata ini baru terkenal beberapa tahun ini. Makanya sewaktu teman-teman di Bandug beramai-ramai membicarakan Geopark Ciletuh, saya sama sekali tidak ngeh kalau lokasinya di Sukabumi. Hal itu terjadi karena dulu infrastruktur jalan ke Ciletuh belum mendapatkan pembangunan sehingga tidak banyak orang yang tahu objek wisata alam ini. Dengan pembangunan infrastruktur, nilai tempat wisata pun naik dan semakin dikenal masyarakat luas. Apalagi jika akses jalannya bagus dan memudahkan siapa saja yang ingin mengunjunginya.

Saat mendengar cerita adik dan keponakan yang menikmati wisata ke Ciletuh membuat saya bertekad, saya dan anak-anak pasti akan ke sana. Apalagi sekarang sudah tinggal di kota ini, masa belum mengunjungi tempat wisata andalan kotanya.

Baca Juga: Berburu Bulan ke Pantai Rancabuaya

Objek wisata alam yang masih saya ingat keindahannya yaitu Situ Gunung. Saya dengar, objek wisata ini sudah mengalamiperubahan yang drastis dan tentunya menarik minat wisatawan. Seingat saya, dulu jika ingin berwisata ke Situ Gunung, saya harus melewati jalan keci berkelok dan berlubang. Akses jalan menuju Situ Gunung sangat jelek. Namun, katanya sudah terjadi pembangunan infrastruktur jalan ke sana. Akses jalannya sudah bagus dan Situ Gunung juga menawarkan objek wisata alam jembatan gantung  yang sedag hits. Wah, saya jadi penasaran ingin ke Situ Gunung. Apalagi, saya ingat betul, dulu bapaknya anak-anak pun pedekate ke saya dengan mengajak jalan rame-rame ke Situ Gunung. Jadi, tempat wisata alam ini tentunya menyimpan kenangan tersendiri bagi saya. Sayangnya, semenjak menikah, saya dan suami belum pernah menginjakkan kaki lagi di sana. Inginnya sih suatu saat bisa ke sana rame-rame bareng anak-anak. Apalagi sekarang katanya Situ Gnung sudah punya wajah baru yang jauh lebih cantik dan menggoda untuk dikunjungi. Bahkan menurut cerita, jembatan gantung situ gunung menjadi primadona di sana. Duh, jadi penasaran banget, seperti apa wajah baru Situ Gunung sekarang.

Saya bersyukur, sekarang tempat-tempat wisata alam di Sukabumi sudah mengalami kemajuan pesat karena infrastuktur jalan yang dibangun. Pembangunan-pembangunan tersebut tentunya memajukan tempat-tempat wisata alam tersebut dan tentunya memajukan masyarakat sekitar. Sebagai warganya, tentu saya turut bangga. Apalagi jika tempat wisata alam tersebut bisa terkenal sampai ke mancanegara. Semoga pembanguan infrastruktur di Sukabumi terus  berjalan lancar dan memajukan kota ini.

 

 

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

31 Responses

  1. Dyah says:

    Udah lama pengen ke Geopark Ciletuh. Belum sempet terus 🙁

  2. Situ gunung itu lagi happening banget yah teh, saya sering liat temen yang di Sukabumi itu jalan – jalan ke Situ gunung

  3. Dah lama ga ke Sukabumi, semoga nanti bisa liburan kesana lagi.. Aku pengen ke Ujung Genteng deh

  4. Jadi ingin kembali ke Situ Gunung. Dulu hiking dari Situ Gunung sampai Curug Sawer. Jalannya masih jelek.

  5. Gita sarrah says:

    Belum pernah jalan2 ke situ gunung n ciletuh. Mau dong diajakin kesana hehe

  6. Belum pernah wisata ke Sukabumi huhu jadi pengen..

  7. Ke sukabumi pernah dan enak banget. Dulu pernah ke Situ gunung 7 tahun yang lalu, ahh jadi kangeeen

  8. Pengen banget ke Ciletuh. Terakhir ke Sukabumi setahun lalu waktu nebeng ikut suami kerja. Suami kerja, aku dan anak-anak jalan-jalan di sekitar hotel wkwk

  9. lendyagasshi says:

    Aku belum jalan-jalan sampai Sukabumi…
    Pingin banget…karena dulu tetangga ada yang asli orang Sukabumi, suka cerita macem-macem keindahan wisatanya.

  10. susie ncuss says:

    sama kayak yang lainnya,
    pengen banget main ke ciletuh tapi belum sempet aja >,<

  11. Utii says:

    Tahun lalu saya ke sana. Keren sekalii..
    Sempat mampir ke kasepuhan Sinar resmi. Belajar banyak di sana.

  12. Belum pernah ke Sukabumi semoga bisa kesana nih apalagi infrastrukturnya udah maju ya teh makin pengen kesini

  13. Amin. Semoga pembangunan infrastruktur di Sukabumi lancar.
    Jadi kangen touring naik motor bersama suami ke sukabumi

  14. wah wah, jadi pengen main-main dan berwisata deh kalo ke Sukabumi. Aku lumayan sering ke sana. Adik bungsuku rumahnya di Sukabumi.

  15. ntar main lagi ke Situ gunung, dipaskan sama hari anniversarynya. kalau anak2, dititipkan dulu aja ke mbahnya… biar mbak rani mengenang masa-masa romantis dulu…
    segera deh mbak, atur jadwal kosong. biar makin rukun hubungannya, hehe

  16. Tomi says:

    Wahhh aku belum pernah ke sukabumi mba.. sepertinya menarik untuk mencoba maen ke sukabumi. Kebetulan ada teman kuliah asli sana.. siapa tau diajak ke Geoparknya ya

  17. amanda says:

    siiip deh bakalan aku catat nih kalau nanti jalan jalan ke Sukabumi. belum pernah wisata dan main main ke Sukabumi. pengen deh. kapan yaaa. semoga secepetnya hehe

  18. unggulcenter says:

    Smpe sekarang masih Mupeng ke Geopark Ciletuh ih! Kapan ya bisa kesana

  19. Aku paling suka denganlokasi wisata yang infrastrukturnya bagus. bagi traveler dari antah berantah akan lebih mudah akses kesana, ada juga tempat menginap dan mencari makan yang jelas. untuk aku yang suka go show pasti terasa lebih gampang dan nyaman

  20. Geopark Ciletuh cukup dikenal sebagai tempat wisata di Sukabumi. Beberapa kali melihat foto-foto keindahannya, jadi semakin ingin ke sana dan segera mewujudkan keinginan tersebut. Ada teman yang tinggal di Sukabumi, siapa tahu bisa diajak ke sana juga.

  21. Susindra says:

    Mbaaak… ajak akuuu… duh pengen banget Mbak. Pasti asyik banget. Apalagi infrastrukturnya diperhatikan.

  22. liza says:

    kalau mau banyak wisatawan datang ke sebuah objek wisata yang paling penting diperhatikan adalah infrastrukturnya. beruntung bannget pemerintah sukabumi sudah sangat peduli dengan sektor wisata ini ya mbak.

  23. Sekarang di mana-mana, sedang digalakkan pembangunan infrastruktur untuk mendukung sektor pariwisata. Termasuk Sukabumi, ya ..
    Sayang kalau tidak dikunjungi, buat rencana ke sana, Teh hehehe …

  24. rumah oranye says:

    aamiin, semoga infrastrukturnya semakin baik, jadi semakin banyak yang berkunjung ke sana dan berimbas ke perekonomian masyarakat

  25. lendyagasshi says:

    Sukabumiii…
    Nanti kalau ke Sukabumi kopdar sama teh Rani yaa…

  26. Geopark Ciletuh emang nge-hits. Bisa selancar juga kan ya. Aku daftar waktu ada undangan blogger, tapi enggak lolos euy,hehe

  27. April Hamsa says:

    Ada rencana sih ke Sukabumi. Tapi tdk dalam waktu deket.
    Suami yg sering ke sana buat tugas. Pengen jg tahu pelabuhan ratu yg ngehits itu kyk apa 😀

  28. Iya, semoga ke depannya pemimpin daerah juga giat mempercantik lagi wisata alam nya mbak, sayang banget kalau gak dikembangkan lebih lanjut lagi, soalnya wisata alam prospek nya cerah banget sejalan dengan pembangunan.

  29. Nova Violita says:

    Iya sayang kalau tempat wisata jauh…tapi jalanan atau sarana dan prasarana masih kurang jalanan rusak

    Seharusnya jadi perhatian pemerintah setempat…bagaimana agar dinasti wisata dapat dinikmati orang luar daerah …toh bisa menambah income masyarakat lokal kan..

  30. Mahadewi says:

    Semoga lancar ya developmetnya. Dan hayati non hayati bisa bagus bangun ini pasti

  31. Oky Maulana says:

    duh, jadi kangen sama sukabumi deh huhuhu dulu sering banget ke sana, sekarang sih udah jarang malah terakhir ke sana kapan aja aku lupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *