Tempat Wisata Bogor yang Mudah Dijangkau

Tempat Wisata Bogor yang Mudah Dijangkau. Sudah hampir satu tahun saya bersama anak-anak tinggal di Sukabumi dan menikmati hari-hari sebagai ibu rumah tangga. Keriuhan aktivitas sebagai ibu dengan dua balita aktif merupakan momen yang sayang untuk dilewatkan.Tahun ini pun, saya harus kehilangan nenek tercinta yang tinggal di Bogor. Usia tua dan sakit jantung yang dideritanya membuatnya harus menghembuskan napas terakhirnya beberapa bulan yang lalu. Alhamdulillah, saya dan keluarga sempat menjenguk beliau dan menemani saat-saat terakhirnya. Malah anak-anak pun ikut menemani uyutnya. Fakhira malah ingin tidur sama uyut.

Setiap berkunjung ke rumah saudara di Bogor, saya dan anak-anak hampir tidak pernah jalan-jalan. Hanya berkunjung, menginap, lalu pulang lagi. Kali ini, saya ingin berkunjung sebentar lalu menghabiskan liburan ke tempat-tempat wisata di Bogor. Banyak referensi tempat wisata menarik di sana yang ingin saya kunjungi bersama anak-anak. Tentunya karena perjalanan ini akan membawa anak-anak, saya ingin ke tempat Wisata Bogor yang mudah dijangkau. Ini dia tempat wisata yang ingin saya kunjungi di Bogor bersama anak-anak. Rencananya saya ingin menghabiskan liburan 2 malam tiga hari di sana.

Hari Pertama

Saya punya kenangan indah dengan Kebun Raya Bogor. Sewaktu kecil, alm. Bapak beberapa kali mengajak saya dan adik-adik ke sana. Kami sekeluarga membawa bekal makanan sendiri dan piknik di sana. Kami menelusuri jalan di antara pepohonan tinggi. Bagi mata saya saat itu, Kebun Raya Bogor merupakan tempat indah dengan aneka pepohonan tinggi dan beragam tanaman yang unik. Samar dalam ingatan kecil saya betapa serunya berpiknik di sana.Tentunya sekarang sudah banyak perubahan karena sudah berpuluh tahun saya tidak berkunjung ke sana. Apalagi tahun 2006, telah terjadi badai yang menumbangkan pohon-pohon berusia tua di sana. Saya ingin melihat wajah Kebun Raya Bogor kini, kebun raya yang pernah dikunjungi Barack Obama tentunya masih memiliki pesona luar biasa.

Seingat saya, di sana terdapat sebuah monumen. Lalu saya cari tahu lebih jelas monumen apa itu. Soalnya dulu sewaktu kecil saya nggak terlalu ngeh. Ternyata itu adalah monumen Lady Raffles. Di sana terdapat puisi yang ditulis oleh Gubernur Jendral Thomas Stamford Raffles. Di dalam Kebun Raya Bogor juga terdapat danau indah yang bernama Danau Gunting. Seingat saya, di sana terdapat banyak tanaman teratai.

Jalan-jalan di Kebun Raya Bogor akan sangat puas karena area di sana sangat luas dan terdapat aneka macam tempat menarik untuk diatangi. Di antaranya ada museum zoologi yang menampilkan beragam macam hewan yang diawetkan. Di sana juga terdapat beragam diorama yang menceritakan kehidupan hewan. Pastinya sangat menarik dilihat oleh anak-anak. Saya ingin mengenalkan keanekaragaman spesies binatang kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan. Katanya di sana terdapat tulang belulang paus, yang merupakan mamalia laut terbesar di dunia. Wow, anak-anak pasti suka banget, nih.

Lokasi : Jl. Ir. H. Djuanda No. 13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

HTM: Wisatawan lokal 14K , Wisatawan Asing 25K

Buka-Tutup: 08.00 – 17.00

Tempat kedua yang ingin dilihat dan dikunjungi masih satu area dengan Kebun Raya Bogor. Tentu saja istana Bogor. Namanya anak-anak biasanya suka sangat takjub dengan kata istana apalagi kalau bisa melihatnya langsung. Sebenarnya bagian belakang Istana Bogor terlihat dari Kebun Raya Bogor. Namun, biasanya ada waktu tertentu Istana Bogor dibuka dan boleh dikujungi oleh umum. Semoga pas ke sana, Istana Bogor sedang dibuka. Menurut info yang saya dapat, pengunjung juga bisa ikut memberi makan rusa yang berkeliaran di taman istana. Wah, anak-anak pasti sangat suka sekali.

Sepertinya, perlu waktu seharian untuk bisa mengelilingi Kebun Raya Bogor. Sehingga rasanya tidak akan cukup banyak waktu untuk bisa mengunjungi tempat wisata lainnya. Oleh karenanya, setelah puas berkeliling di Kebun Raya Bogor, saya dan anak-anak pun tentunya ingin membawa buah tangan alias oleh-oleh. Nah, menurut info yang saya dapat, saat berkunjung ke Kebun Raya Bogor, saya bisa menemukan banyak oleh-oleh seperti bibit tanaman, souvenir di Garden Shop Kebun Raya Bogor. Di sana terdapat banyak bibit tanaman langka dan beragam souvenir dari tanaman. Waah, keren nih, bisa beli bibit tanaman langka untuk ditanam di kebun dekat rumah. Harga bibit tanaman ini range-nya mulai dari harga 10 K – 50 K. Cukup terjangkau, khan. Baru keesokan harinya bisa mengunjungi wisata Bogor berikutnya.

Hari Kedua

Jungle Land Adventure Theme Park

Setelah berkunjung ke tempat wisata edukasi dan sejarah, tujuan berikutnya tentu wisata seru-seruan. Saya ingin sekali seru-seruan di Jungle Land Adventure Theme Park. Di sana terdapat 28 wahana seru yang terbagi dalam beberapa zona. Ada Zona Carnivalia (Daytona, Bumper Car, Air Race, 3 Point Basketball, Flight Academy, Kiddy Land, Discovery, Disk’O, Mini Drop, Haunted House, Ferris Wheel, Rainbow Train, Midway Games, Mini Swinger, serta Carousel, Zona Tropicalia (zona yang cocok banget untuk wisata keluarga dengan anak-anak kecil karena wahananya memang kebanyakan untuk anak-anak), Zona Misteria (ada wahana seru untuk anak-anak seperti Magic Bike dan Jump Around), Zona Eksplora (di zona ini terdapat wahana menark untuk anak-anak yaitu Safari Dino, yang mengajak bertualang ke zaman dinosaurus, pasti anak-anak suka nih). JungleLand Sentul Bogor ada di Kawasan Sentul Nirwana. Rencananya, saya dan anak-anak akan ke sana dari pagi, biar bisa puas menaiki banyak wahana. Tempat wisata ini baru buka pukul 10.00 -17.00 WIB. Sementara akhir pekan buka dari pukul 18.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk Rp 165 K di hari iasa dan pada akhir pekan 220 K. Kalau musim lburan, harga tiket naik jadi 250 K. Sebenarnya harga tiket segitu cukup sesuai mengingat sangat banyak wahana yang bisa dinaiki. Tapi saya tetap ingin mendapatkan harga tiket yang lebih murah. Setelah mencari info sana-sini dan menmbandingkan harga tiket dari beragam tempat penjualan, akhirnya saya menemukan harga tiket termurah dari Traveloka. Harga yang dijual untuk hari biasa dari 165 K menjadi 108.900, lalu untuk akhir pekan dari harga tiket 220 K menjadi 134.200. Bahkan di Traveloka ada pilihan tiket All-Day Admission Ticket + Fast Track alias nggak perlu antre kalau mau naik wahana atau pakai jalur cepat. Harga tiketnya dari harga 300 K menjadi 180 K. Waah. Lumayan jauh khan perbedaannya. Makanya saya langsung cuss pesan. Lokasi Jl. Jungleland Boulevard Kawasan Sentul Nirwana - Bogor 16810 Telpon: (021) 29 311 313 Fax : (021) 29 311 311 Email: customer.service@jungleland.co.id

Hari Ketiga

Setelah dua hari puas main-main ke tempat wisata di Bogor, tujuan berikutnya tentu membeli oleh-oleh makanan. Rasanya kurang puas deh kalau ke Bogor tanpa membawa oleh-oleh makanan kesukaan di sana.

Selain oleh-oleh berupa tanaman, saya juga pengen membeli makanan khas oleh-oleh Bogor. Apalagi kalau bukan roti unyil Venus. Sebenarnya udah beberapa kali sih beli roti unyil kalau pas ke Bogor. Tapi rasanya kalau ke Bogor nggak beli roti unyil, rasanya gimana gitu. Selain roti unyil venus ada beberapa oleh-oleh makanan khas yang bisa jadi pilihan saya sama anak-anak

Sudah lama sih dengar pia apple pie ini. Tapi belum aja coba icip dan beli. Makanya saat nanti wisata bogor, saya dan anak-anak ingin menyempatkan membelinya. Apalagi  saya dan anak-anak memang penyuka makanan manis. Menuurt info yang saya dapat, Pia Apple Pie terletak di Jalan Pangrango No. 10, Bogor Tengah. Toko ini buka pukul 07.00 – 22.00. Range harganya sendiri mulai 20 K – 119 K untuk Apple Pie berbentuk oval. Sementara itu, Apple Pie berbentuk hati tange harga 43 K – 91 K. Di sana juga dijual beragam rasa pie seperti Cheese Pie, Strawberry Pie, Chocolate Pie, Liquer Cream Pie, Pie Crust, dan Special Pie Crust. Wah, kebayang enak-enaknya.

Nah, satu lagi yang mesti dibeli kalau wisata Bogor, apalagi kalau bukan lapis talas – Lapis Bogor Sangkuriang. Sama dengan Roti Unyil Venus, sebenarnya sudah beberapa kali beli Lapis Bogor Sangkuriang. Namun, rasanya lapis talas ini selalu ngangenin dan kalau ke Bogor pasti pengen beli untuk oleh-oleh. Anak-anak juga pernah coba Lapis Talas dan mereka suka dengan rasa manisnya yang nggak terlalu giung.

Menghabiskan liburan di Bogor selama 2 malam tiga hari, kami memutuskan untuk menginap di hotel. Untungnya di Traveloka banyak pilihan hotel yang bisa dipesan dengan mudah. Saya bisa memesan hotel saat sudah ada di Bogor, mencari hotel dengan harga sesuai dengan budget dan lokasi dekat dengan destinasi yang ingin dikunjungi. Memesan hotel di Traveloka mudah banget dan nggak pake ribet sehingga bisa dilakukan kapan saja. Cara pembayarannya pun mudah, cepat, dan dengan pilihan hotel yang lengkap di seluruh Indonesia, bahkan di dunia. Saat saya scroll Traveloka, beragam pilihan hotel muncul dengan beragam harga, fasilitas, dan lokasi. Buat kalian yang liburan ke mana pun tujuannya, pastikan sudah unduh aplikasi Traveloka ya, karena akan sangat memudahkan saat mencari hotel untuk menginap. Dengan cara pemesanan yang sangat mudah dan cepat tentunya akan memudahkan sekali saat menghabiskan liburan. Tidak perlu takut tidak kebagian kamar di hotel karena banyaknya pilihan hotel yang tersedia. Selain itu banyak keuntungan lainnya memesan hotel di Traveloka, tentunya selain mudah, kita juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan jika memesan langsung.

Wah, udah nggak sabar nih menghabiskan liburan dengan anak-anak. Cukup ke tempat yang dekat namun bisa puas dan tidak menghabiskan budget banyak.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

34 Responses

1. lendyagasshi says:

Lapis talas ini memang andalan urang Bogor yaa, teh…
    Kemarin sama sepupu pun dibekelin ini.

Mungkin sama halnya kalau ke Bandung, ya makanannya Batagor.

Banyaknya tempat wisata yang belum di apelin kalo pas ke Bogor, bikin pingin ke Bogor lagiii~

2. Jiah says:

Belum pernah ke Bogor. Penasaran sih sama Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor. Tetangga lumayan yg kerja di sana. Kalau ke sana sih enaknya liburan sendiri biar gak ngrepotin. Bisa tuh pakai traveloka

3. Saya pernah ke Bogor tapi hanya mengunjungi keluarga trus langsung balik ke Bekasi. Jadi gak sempat berwisata.
    Pengen deh ke Kebun Raya Bogor, pelajari sejarahnya.

4. Mechta says:

Duuuh..kangen dengan KRB dan daerah sekitarnya niih… Kota hujan penuh kenangan

5. Kalau ke Kebun raya bogor bisa juga mengunjungi museum zoology dan tempat baru sekarang adalah devoyage..

6. Terakhir saya main ke Jungleland kayaknya sekitar 2 tahun lalu itu akhir pekan bukan sampai pukul 7 atau 8 malam gitu. Tetapi, memang gak semua wahana. Sukanya ke Jungleland, saat jumatan dan maghrib semua wahana ditutup. Berhenti sejenak untuk memberi kesempatan kita semua beribadah. Masjidnya juga lumayan besar di sana. Dulu sih begitu, ya. Tapi, gak tau kalau sekarang

7. Novi Nusaiba says:

Aku kok jadi ngebayangin roti unyil lho mbaca tulisannya mba rani hihi. Bikin kangen ke Bogooor

8. Dewi Natalia says:

Aku belum pernah ke Jungle Land. Kalau ke Bogor paling banter ke Kebun Raya aja. hehehe. Mau coba ah kalau sudah libur nanti.

9. Diah says:

Baru sekali ke Bogor, cuma ke IPB doang, tu juga mutar2 dikit. Dan Bogor salah satu tempat yg ingin kukunjungi lagi someday 😀
    Tempat wisatanya banyak juga ya Mbak, dari yg terjangkau dengan low budget hingga istimewa. Siips laah, makasih ya Mbak 🙂

10. Kebun Raya Bogor tuh enak banget jika dinikmati bersama keluarga. Bebas polusi dan banyak wisata edukasi juga di sana 🙂

11. Ainhy says:

Kereen iii Themesmya mba
    Btw aku belum pernah ke Bogor, pengen dhe ke sana nanti kalau ada kesempatan

12. Indah Nuria says:

Aku sukaaa ke Bogor.. walaupun weekend biasanya malah maceeetbya mba. So far aku suka kuliner dan Kebun Raya

13. Leyla says:

Udah khatam di Bogor nih saya, yang belum pernah ke air terjunnya tapi susah ya bawa anak-anak.

14. Siti Faridah says:

Kalau bahas Bogor aku teringat dengan tanteku yang kerja di Bogor. Dari dulu aku pengen banget ke Kebun Raya Bogor tapi belum kesampaian juga.

15. Utie adnu says:

Dari semuanya sudah saya kunjungi mba kepingin lagi sih blik lagi sama anak2 nanti nunggu waktu mereka liburan mumpung deket dr Depok

16. maraSolehah says:

Aku belum pernah ke Bogor, pdhl penasaran dg istana bogor hiks

17. Siti hairul says:

Kebun Raya Bogor itu juga punya kenangan tersendiri nih untuk aku. Soalnya waktu SMP pernah main ke sana dan seneng banget

18. Indira W says:

Saya ke Bogor ya ke Kebun Raya itu
    Seringnya paling ke rumah saudara hehehe.

19. Ika Puspita says:

Duuh, jadi pengen ke Bogor deh. Kangen sama asinan dan roti unyil nya. Terakhir ke Bogor tahun 2013. Pasti sdh byk yg berubah ya mb Rani

20. Belum pernah singgah bogor. Baru lewat aja. Jadi ada gambaran nih nanti kalo ke bogor. Mana ada traveloka yg mudahin liburan ya

21. Noe says:

Andalanku bgt sjmi traveloka ini, aku sering mesen hotel pas last minute dan ttp dpt yg murah. Hehe

22. Ade anita says:

Aku juga suka dengan apkikasi traveloka krn lengkap

23. Ade anita says:

Waktu itu aku lewst jungleland padahal. Eh berencana doang tapi lupa2 mulu mo kesana

24. Semuanya cuman ngelewat doang wkwkwk klo dulu ke Bogor sengaja ke Tajur (eh bener ga yah nulisnya?) karena tempat sentra tas gitu teh wuih nemenin emak2 belenjong :p

25. Rotun DF says:

Dulu saat masih tinggal di Jakarta, paling seneng menghabiskan waktu akhir pekan di Bogor, Mba. Naik KRL, nguliner dan ngadem di Taman Topi, terus ngider-ngider aja di pasarnya, hihi.
    Belum pernah yang terlalu jauh dari stasiun. Pan kapan semoga bisa ajak anak-anak eksplor Bogor 🙂