Terobosan CBN Digital Nation Bagi Masa Depan Masyarakat Digital Indonesia

Terobosan CBN Digital Nation Bagi MasyarakatMasa Depan Digital Indonesia

Terobosan CBN Digital Nation Bagi Masa Depan  Masyarakat Digital Indonesia. Baiklah, saya hanya ibu rumah tangga biasa, yang sesekali nyambi ngeblog dan kadang sibuk dengan pekerjaan sebagai editor konten di sebuah perusahaan kreatif. Lalu, ngapain ibu-ibu rempong kayak saya datang ke acara berbau high-tech di CBN Digital Nation? Motivasi awalnya sih karena saya seorang pengguna internet aktif. Hari gini segala-gala pakai internet. Mau tahu gimana cara bikin Mpasi buat balita yang enak yah cari di samudera internet. Menghadapi anak rewel, cari cara mengatasinya melalui internet. Sampai-sampai saya yang nggak bisa masak pun bisa jadi tiba-tiba jago masak rendang karena bantuan internet. Ternyata saya tidak sendiri. Melalui media sosial, saya tahu bahwa banyak ibu-ibu lain yang merasakan banyak manfaat dari internet. Walaupun mungkin akses internet belum menjangkau semua daerah di Indonesia namun upaya dari pemerintah untuk mendukung literasi digital terus meningkat. Oleh karenanya, dengan membawa balita berusia 4, 5 tahun ini, saya pun hadir di acara CBN Nation Digital yang dilaksanakan pada 28 ktober 2017 di 23 Paskal Shoping Center Bandung. Kebetulan sekali, saya belum pernah mengunjungi mal yang terbilang masih baru ini.

 

baca Juga: Gadget di Tangan 3 Generasi, Inilah yang Terjadi!

Dengan menggunakan aplikasi taksi online, saya pun datang ke lokasi sekitar pukul 10.00 WIB pagi. Saya dibuat takjub dengan antusiasme peserta yang hadir. Tentu saja rata-rata anak muda yang sangat bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan ini. Walaupun ada beberapa ibu-ibu muda yang hadir.

Fathan semangat main games

Fathan semangat main games

Oh, iya, Fathan tampak antusias diajak ke acara ini karena melihat banyaknya PC menyajikan games-games online walaupun memang games-nya belum cocok untuk balita. Saya pun bersama Fathan segera mengisi daftar hadir dan duduk di bangku yang sudah disediakan untuk peserta.

MC bergaun biru membuk acara

MC bergaun biru membuk acara

Tidak berapa lama, acara pun dibuka oleh MC cantik bergaun biru, warnanya senada dengan logo CBN yang berwarna biru. Kemudian, hadir bapak Dani Sumarsono, selaku Presiden Director CBN memberikan sambutannya. Pak Dani Sumarsono mengatakan bahwa CBN telah 20 tahun bergerak di bisnis Internet Service Provider dan merasakan bagaimana pesatnya peningkatan penggunaan teknologi digitl di Indonesia. Sehingga CBN pun meningkatkan kapasitasnya menjadi perusahaan Digital Service Provider dengan tujuan dapat memberikan layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Pak Dani Sumarsono, President Director CBN memberikan sambutan

Pak Dani Sumarsono, President Director CBN memberikan sambutan

 

CBN ingin memberikan layanan yang maksimal kepada masyarakat sehingga bekerja sama dengan FiberStar untuk menyediakan 500.000 homepass atau jaringan internet dengan teknologi fiber optic up to 1 Gbps di area perumahan di wilayah Jawa Barat. Wow, kebayang nih akses internet cepat dan tentunya memudahkan siapa pun penggunanya.

“Kami turut berperan menyediakan infrastruktur seperti akses internet supercepat, cloud service, serta solusi lainnya yang mendukung kemajuan Kota Bandung sebagai smart city.” Tambah Pak Dani Sumarsono. Saya dukung banget, deh, Pak. Sebagai warga Bandung tentunya akan merasakan banyak manfaat dari akses internet cepat.

Pak Marcelus Ardiwinata, COO CBN

Pak Marcelus Ardiwinata, COO CBN

Pembicara selanjutnya Pak Marcelus Ardiwinata COO CBN, beliau membahas tentang landscape digital economy di Indonesia yang terus berkembang. Beliau juga menjelaskan peta teknologi informasi CBN dengan konsep smartcity  dan integrated system. Beliau menjelaskan bahwa semuanya dimulai dengan rencana pita lebar Indonesia dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. CBN juga mendukung smart village dengan program desa 2020. Program pertama yaitu Program Sekolah 2020 yaitu segala administrasi sekolah dan pembelajaran yang sudah terintegrasi sistemnya secara digital. Program kedua yaitu Lurah 2020 yang memprioritaskan administrasi kelurahan yang lebih digital. Program ketiga adalah Tani 2020 seperti contoh membangun loT untuk kebutuhan pertanian. Program keempat Sehat 2020 yang memungkinkan puskesmas di desa mendatangkan para ahli dari luar.

Pak Mulyana, Diskominfo Pemkot Bandung

Pak Mulyana, Diskominfo Pemkot Bandung

Sambutan berikutnya dari Pak Mulyana, Diskominfo Bandung yang datang mewakili Pemerintah Kota Bandung. Pemerintah Kota Bandung menyambut baik program CBN Digital Nation dan berharap program ini terus berkelanjutan. Setelah sambutan dari pihak pemerintah Kota Bandung,CBN Digital Nation pun diresmikan. Semua menyambutnya dengan antusias.

 

Foto Session OPCER: Sugiharto Dharmakusuma, Direktur CBN, Marcelus Ardiwinata, Chief Operation Officer SBN, Dani SUmarsono, Presiden Direktur CBN, dan Bapak Mulyana, SE. Kepala Bidang InfrastrukturTIK Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung (ki-ka)

Foto Session OPCER: Sugiharto Dharmakusuma, Direktur CBN, Marcelus Ardiwinata, Chief Operation Officer SBN, Dani SUmarsono, Presiden Direktur CBN, dan Bapak Mulyana, SE. Kepala Bidang InfrastrukturTIK Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung (ki-ka)

Pak Dedy Handoko

Pak Dedy Handoko, Chief Brand Officer CBN

Pak Dedy Handoko selaku Chief Brand Officer CBN menjelaskan tentang perkembangan dunia digital yang menurutnya terbagi menjadi dua yaitu entertainment dan e-commerce. Berdasarkan pembagian tersebut, CBN pun berinisiatif menghadirkan CBN Fiber dengankecepatan 1 Gbps. Beliau pun melakukan demo mengunduh file denganukuran 1 GB dan 2 GB yang dapat diunduh dengan sangat cepat yaitu cukup menghabiskan waktu 1 detik saja. Wow, cepet banget, ya. Selanjutnya dilakukan demo pemutaran 6 video Youtube bersamaan, dan hasilnya mantap Ful HD. CBN pun memberikan layanan digital entertainment yaitu Dens.TV yang dengan mudah dapat diunduh di toko aplikasi online. Hadir juga layanan CBN Apps yang memungkinkan kita mengecek apakah CBN Fiber sudah melayani area tempat tinggal kita ataukah belum. Jika sudah tercover kita bisa langsung daftar di CBN Apss dan nanti akan ada tindakan lanjut dari pihak CBN.

Baca Juga: Promo Harbolnas 2017, Jadikan Momen Ini Menguntungkan untuk Para Penjual

Saya pun antusias mendengar semua pemaparan tersebut karena beberapa layanan tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi saya dan ibu-ibu rumah tangga lainnya. Berikut beberapa layanan yang ditampilkan di CBN Digital Nation.

  1. CBN Fiber, yaitu koneksi internet supercepat up to 1 Gbps dengan teknologi fiber optic yang kecepatannya 300 kali lebih cepat daripada penggunaan internet di Indonesia selama tahun 2015. Informasi lengkap di www.cbn.id.
  2. TV, yaitu entertainment IPTV interaktif yang menghadirkan konten High Definition TV Premium, e-ducation, blockbustervideo on demand, dan fitur e-commerce. Saya bisa langsung mengakses Dens.TV melalui website, mobile application IOS dan Android serta interactif smartbox terbaru.

IMG_2636

  • High Definition TV Premium, maksudnya TV channel terbaik dengan kulitas HD, baik itu channel dalam dan luar negeri. Tentunya ada tayangan anak, general entertainment, movie, documentary, sports, hingga music. Duuh, cocok banget nih buat saya yang ingin puas nonton drama korea, dan tentunya bisa menghadirkan tontotan yang edukatif bagi anak-anak di rumah.
  • E-Classroom merupkan tayangan video-video e-learning yang dikemas dengan animasi menarik sehingga bisa mendukung proses blajar anak dengan cara menyenangkan. E-Classroom bekerja sama dengan Skoline dan memiliki video interaktif untuk murid SD kelas 1 -6.
  • BlocbusterVideo on Demand merupakan layanan film dengan sekitar 600 judul filmblockbuster dan serial TV dengan beragam genre yang bisa langsung diakses tanpa menunggu jadwal tayang.

Adapun fitur-fiturnya yaitu sebagai berikut.

  • Sign up & Log in menggunakan akun media sosial sehingga memudahkan pelanggan untuk otomatis masuk ke dalam program dan bisa saling berinteraksi dengan sesama pengguna Dens.TV.
  • Reminder untuk jadwal tayang TV favorit sehingga pelanggan bisa mendapatkan notifikasi saat mendekati jadwal tayang program TV favorit.
  • Menu my favorite channel dan my video playlist sehingga pelanggan dapat memilih channel-channel favorit dengan akses lebih mudah dan cepat.
  • Catch up TV hingga 7 hari sehingga pelanggan tidak khawatir ketinggalan menonton acara favorot karena tetap bisa menonton acara favorit sampai dengan 7 hari ke belakang.
  • Menonton video secara offline caranya pelanggan dapat mengunduh video favorit dan menontonnya kapan saja tanpa harus terhubung dengan koneksi internet.
  • E-commerce yang memungkinkan pelanggan untuk merasakan sensasi belanja online sambil menonton TV tanpa harus berpindah tempat atau channel. Dens.TV bekerja sama dengan beragam produk seperti F&B, marketplace dan lain-lain.
  1. dCBN apps, virtual customer service yang dapat diakses melalui aplikasi IOS dan Android untuk mempermudah pelanggan memperoleh info layanan. Calon pelanggan juga bisa mendapat informasi mengenai jangkauan area, pendaftaran pelanggan CBN WiFi dan tentunya promo-promo dari CBN.

 Baca Juga:  Kini Menghadapi Ujian Bisa Belajar Melalui Situs online,Lho!

Pada acara ini juga diinformasikan bahwa CBN dan FiberStar bekerja sama dengan Google mengupayakan adanya Google Station yaitu akses WiFi untuk area publik. Google Station merupakan bagian dari upaya pemerataan koneksi internet di Indonesia sehingga semakin banyak lapisan masyarakat yang bisa merasakan manfaat internet cepat.

Yeaaayyy...berhasil mengumpulkan stamp

Yeaaayyy…berhasil mengumpulkan stamp

Setelah selesai acara utama, makmak ini nggak mau ketinggalan dong meminta stamp dari berbagai stand yang hadir di acara CBN Digital Nation ini. Tand-stand yang hadir di antaranya CBN, MMP Media Solution, Lenovo, JD.ID, JBL, Galax, Digital Alliance-Palit, Coloful, Cooler Master, TT Esport, MSi, Logitech, LG, Dx Racers, dan Seagate. Dengan segala daya upaya, akhirnya makmak ini berhasil mengumpulkan stamp dari semua stand. Pengalaman paling seru yaitu saat mengikuti games di stand CBN dan mendapatkan merchandise, serta ikut antre bersama para gamers di stand NVIDIA. Kebayang nggak sih, emak-emak nyempil di antara para gamers yang ingin ikut mencoba games di perangkat Lenovo terbaru. Hahaha, dan makmak ini sukses keringetan saat main games balap mobil.

Pada hari itu juga digelar Final GeForce Sport Xtreme Tournament (GEXT) oleh NVIDIA.  Setelah sebelumnya ada serangkaian babak penyisihan dan kualifikasidari pertengahan Agustus. Turnamen GEXT ini cukup menyita perhatian hadirin yang memang kebanyakan gamers. Dan ini merupakan pengalaman pertama bagi saya melihat langsung turnamen olahraga digital berhadiah Rp 260.000.000,00 ini. Dari turnamen ini akan dipilih satu tim terbaik yang mewakili Indonesia ke turnamen serupa di tingkat Asia Tenggara. Untuk tim terbaik Dota 2 juga akan mendapat fasilitas berlatih di Bootcamp TNC di Filipina. Wow, keren banget, ya.

Para gamers yang sedang beradu strategi pertandingan tersebut tentunya merasakan langsung keandalan teknologi NVIDIA yang mampu mengakselerasi performa permainan mereka. Bahkan tentunya pengalaman menarik bermain games secara optimal berkat dukungan teknologi terunggul dari NVIDIA. Sayangnya, makmak ini nggak jago main games tapi pas coba games NVIDIA sangat takjub dengan kualitasnya.

Antrean para gamers

Antrean para gamers

Pada acara tersebut juga dilakukan pengundian hadiah bagi para peserta yang hadir. Namun, berhubung hari sudah menjelang sore, dan bocah yang dibawa sudah mulai rewel, saya pun beranjak dari keseruan acara CBN Digital Nation. Padahal masih betah nungguin undian berhadiah. Khan sayang sudah berhasil kumpulkan stamp tapi nggak hadir di acara pengundian.
Eits…masih ada informasi keren nih yaitu CBN Digital Nation mengadakan kompetisi blog dengan hadiah menarik. So, buat kalian yang mau ikutan juga masih bisa, lho. Ini dia persyaratannya.

blogger-image-207526273

 

Persyaratannya adalah:
•Menulis dengan tema “The Breakthrough for Indonesian Digital Future”
•Panjang artikel minimal 1500 kata.
•Isi tulisan tidak boleh menyinggung pihak lain, membandingkan dengan kompetitor, atau bernada negatif sehingga memicu pertikaian.
•Tulisan harus orisinal karya pemilik blog. Tidak diperkenankan melakukan tindakan plagiat atau mencuri hak kekayaan intelektual pihak lain.
•Tulisan belum pernah dilombakan di kompetisi blog manapun.
•Menyebutkan kata-kata ini di dalam artikel : CBN, CBN Digital Nation, Dens.TV, internet service provider, internet cepat.
•Menyertakan link unduh aplikasi Dens TV yang tersedia di playstore atau klik link berikut : https://play.google.com/store/apps/details?id=tv.dens.mobileapp.
•Menyertakan image CBN Digital Nation/ CBN / Dens.TV.

Kriteria pemenang dinilai berdasarkan:
•Orisinalitas artikel.
•Sudut pandang yang unik.
•Cara penulisan atau penyampaian yang menarik.
•Penambahan image, infografis, atau video akan mendapatkan point tambahan.
•Jumlah komentar organik akan diberikan point tambahan.

Hadiah TOTAL PRIZE 7.000.000 IDR
•Pemenang Utama: Notebook Lenovo Indonesia
•2 Pemenang Favorit: JD.id Voucher @1.000.000 IDR

Daftar Lomba Blog: http://bit.ly/lombablogcbndigitalnation

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

22 Responses

  1. Kecepatan internet sangat membantu sekali, apalagi jaman now segala sesuatu bisa dicari di internet kaya nonton online streaming drakor, akses cepet bantu bangeeeeet ahahahahaha. Setuju sama tetehnya. Makasih infonya teh 🙂

  2. Ulu says:

    Klo mau pake layanan CBN gimana caranya, teh?

  3. ah sangat disayangkan di daerah rumah saya akses CBN tidak ada jaringan fibernya, saya sudah ke CBN dan hasilnya mengecewakan. Andai ada orang CBN pusat yang lihat siapa tahu bisa mensurvei rumah saya lagi, siapa tahu saya bisa jadi pelanggan CBN. Padahal rumah saya jaraknya tidak jauh sama kantor cabang CBN di Paembang.

  4. Jadi pengen pasang CBN uy di rumah, biar makin produktif dan hemat.

  5. Eni Rahayu says:

    Canggih sekali ya dan keren tuh programnya. Btw makasih info lombanya ntar nyoba ah

  6. acaranya asyik gitu, ran, aku ga ikut uy…. kerenlah, moga Bandung makin oke dengan CBN ini. Good luck yaa!

  7. April Hamsa says:

    Hahaha idem mbak. Masakan pertamaku jg belajarnya dr inet 😀
    Seru ya liat acara2 lomba game gtu, jd punya wawasan baru ttg profesi gamers 😀

  8. Internet cepat dan Makanan enak, sudah sama sama menjadi kebutuhan primer manusia nihhh

  9. Nchie Hanie says:

    Itu antrian para gamers kaya antri waktu beli cake makuta ya

    Btw,acaranya keren banget ya Ran. Aku mah hanya ingin internet ngacir aja udah anteng ko hiih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *