Tips Cantik Atasi Rambut Rontok di Acara #NaturBeautyDating

Tips Cantik Atasi Rambut Rontok di Acara #NaturBeautyDating

Tips Cantik Atasi Rambut Rontok di Acara #NaturBeautyDating. Itu yang saya cari karena  ada rasa mengganjal setiap terbangun di pagi hari. Rasanya miris melihat helaian rambut berserakan di atas bantal, kasur, dan tepi tempat tidur. Duuh, apakah ini tandanya saya semakin menua sehingga rambut rontok parah begini. Saya mengalami kerontokan parah setelah melahirkan anak pertama.  Apalagi saat baru punya bayi, saya mengalami jetlag, sibuk mengurus bayi sehingga kurang memerhatikan perawatan tubuh, termasuk rambut. Alhasil rambut jarang disisir dan kusut masai. Saat itu salah satu solusi yang saya ambil adalah potong rambut.Apakah masalah rambut teratasi dengan potong rambut? Kalau dulu, iya, sekarang sama saja. Apalagi setelah melahirkan anak kedua, tingkat kerontokan rambut semakin parah. Setiap menyisir, pasti rambut bergulung di sisir. Saya sempat merasa parno menyisir rambut takut makin parah. Saya pun kembali potong rambut. Harapannya kerontokan rambut berkurang. Apalagi saya berjilbab sehingga rambut sering dibiarkan lembap seharian. Namun, kesibukan saya mengurus dua balita sekaligus menjadi ibu bekerja membuat saya kurang konsisten memerhatikan kesehatan rambut dan kulit kepala. Usaha yang saya lakukan hanya mencoba mencari sampo yang kira-kira bisa mengatasi kerontokan rambut. Walaupun hasilnya nihil. Akhirnya, saya pun menyerah dan mulai tidak ambil pusing dengan kerontokan rambut yang dialami.

Proses kerontokan rambut memang bisa dialami siapa pun, baik laki-laki dan perempuan. Kerontokan juga bisa terjadi kapan pun. Seperti apa yang terjadi pada saya yang mengalami kerontokan setelah melahirkan. Kerontokan dianggap sebagai proses yang wajar jika masih ada dalam batas normal. Kerontokan bisa dikatakan merupakan proses regenerasi rambut seperti yang terjadi pada struktur kulit seseorang. Batas wajar kerontokan tidak lebih dari 50 helai per helai. Jika jumlah helai rambut lebih dari 50 helai per hari maka sudah termasuk masalah kerontokan yang harus diatasi.

Nah,berhubung jumlah kerontokan rambut saya sudah lebih dari 50 helai rambut (rajin banget ya ngitungin helai rambut yang rontok).  Saya pun berusaha mengatasi masalah ini dan menemukan beberapa tips cantik atasi rambut rontok di acara #NaturBeautyDating yang diadakan pada hari Sabtu, 14 Januri 2017 di Café Le Marly, Jl. Citarum No. 10 Cihapit, Bandung. Saya pun hadir dengan mengenakan dresscode white gold yang memang sudah ditentukan pihak panitia. Saya pun takjub dengan desain ruangan café le Marly yang sudah disulap sedemikian cantik menjadi tempat penyelenggaraan acara yang nyaman dan cantik. Di sana sudah hadir para beauty blogger dari Bandung yang muda-muda dan cantik-cantik. Oalaaah…emak rempong berasa salah masuk ruangan, deh. Mana gambol dua balita,bdua-duanya lagi aktif banget. Untungnya kemudian  si sulung mau diajak ayahnya jalan-jalan, walaupun sempat foto-foto bareng Natur.  Hahaha…tapi demi dapetin tips atasi rambut rontok, saya cuek aja, deh.

Acara pun dibuka oleh MC yang sudah menyambut kami dengan dresscode white gold-nya. Hehehehe… si MC menyambut kami dengan ceria dan tidak lupa memuji para beauty blogger yang datang dengan tampilan maksimal. Gareulis, euy…

Okay, di hadapan kami sudah tertata  rapi dan cantik produk Natur yang dipajang. MC meminta kami untuk memotret produk Natur dan memposting foto terbaik di Instagram. Berhubung saya rempong sambil bawa dua balita, saya merasa kurang maksimal dalam pengambilan foto. MC pun memanggil Mba Nunung dari Natur untuk memberikan tips-tips mengatasi rambut rontok. Apa saja tipsnya?Ini dia.

  1. Gunakan produk perawatan rambut dengan bahan alami. Sudah bukan rahasia lagi jika produk-produk perawatan tubuh sehari-hari mengandung bahan kimia yang kadang bisa berbahaya bagi kesehatan. Apalagi jika penggunaan jangka panjang. Oleh karena itu, alangkah lebih baik menggunakan produk perawatan rambut dengan kandungan bahan alami. Produk perawatan dengan bahan alami akan memberikan dampak positifbagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Zat-zat kimia yang terdapat dalam produk perawatan rambutbisa  menumpuk di kulit kepala sehingga dampaknya terjadi kerontokan pada rambut.
  2. Memilih sisir yang benar. Ternyata menggunakan sisir yang kurang tepat bisa menyebabkan kerontokan pada rambut. Dianjurkan untuk menggunakan sisir yang bergii renggang dan ujungnya tumpul.Selain memilih sisir yang tepat, gunakan juga sisir dengan lembut.
  3. Menggunting rambut secara teratur. Rambut panjang memang rentan mengalami kerontokan. Apalagi jika menggunakan hijab. Oleh karena itu, sebaiknya rambut dipotong secara teratur agar ujung-ujungnya tetap sehat, tidakbercabang,tidak mudah patah, dan tidak kering.
  4. Gunakan cuka apel. Jika kita sudah terlalu lama menggunakan sampo yang mengandung SLS dan mengalami kerontokan parah, cara ini mungkin bisa dilakukan. Ambillah seperempat gelas air dan campurkan dengan setengah gelas cuka apel. Gunakan campuran tersebut untuk membilas rambut pada saat keramas. Cuka apel mengandung alpha-hidroxy acids yang bermanfaat untuk membantu membersihkan bekas kotoran dan polusi yang menempel pada kulit kepala.

Umumnya  produk perawatan rambut yang berada di pasaran menggunakan deterjen minyak bumi, pewarna dan pewangi buatan, silikon sebagai pelembut. Semua zat tersebut dapat menyebabkan rambut rusak seperti rontok,mudah patah, bercabang, kusam, berketombe, bahkan penipisan rambut hingga kebotakan. Oleh karena itu, sebaiknya kita bisa memilih produk sampo yang aman yaitu Natur yang menggunakan bahan dasar kelapa sawit sebagai busa pembersih,pewangi dan pewarna alami, serta olive oil sebagai pelembut alami.Rambut pun menjadi sehat, halus serta lembut, dan tidak lepek karena tidak ada penumpukkan bahan kondisioner di helai rambut.

Bahan alami sangat penting digunakan saat melakukan perawatan rambut karena menurut Pakar dan Peneliti Rambut International, Toshiko Wakayama dalam bukunya How to Prevent Hair Loss & Baldness, disebutkan bahwa “97 penyebab kerusakan masalah rambut (kerontokan) disebabkan oleh penggunaan sampo dari bahan deterjen minyak bumi.”

Waah, secara tidak sadar, selama ini saya sudah menggunakan produk sampo yang kurang tepat. Pantas saja, bukannya teratasi, kerontokan rambut malah terus bertambah.

Nah,bagaimana setelah menggunakan Natur? Dulu saya pernah menggunakan Natur dan kurang suka dengan baunya. Tapi, produk Natur sekarang,wanginya segar sekali. Suka deh sama wanginya. Lho katanya enggak pakai pewangi tapi kok bisa wangi, sih? Ternyata wangi dari produk Natur dihasilkan dari proses ekstrasi tanaman herbal dan menggunakan pewangi alami green tea yang menyegarkan. Pantesan wanginya enak banget, segar.

Bagaimana setelah menggunakan rangkaian produk Natur? Pada mulanya, rambut terasa kaku dan timbuk bercak putih di kulit kepala. Jangan khawatir karena itu merupakan tahapan alami detoksifikasi atau pembersihan kulit kepala dan rambut dari sisa-sisa penggunaan produk perawatan berbahan kimia yang menumpuk di kulit kepala dan rambut. Lanjutkan penggunaan karena pemakaian yang rutin dan teratur memberikan hasil rambut menjadi sehat dan kuat.

Waah, puas banget dengan penjelasan dari Mba Nunung tentang rangkaian produk Natur. Acara pun semakin meriah saat para beauty blogger di panggil ke atas panggung untuk sharing tentang tips perawatan rambut mereka. Asli para beauty blogger ini cantik-cantik, rambutnya kece-kece, deh. Hehehehe..mereka pun mendapat challenge memeragakan Natur sebagai produk perawatan rambut. Semua tampil maksimal hingga terpilih salah satu beauty blogger sebagai pemeraga terbaik.

Acara pun lanjut dengan makan siang. Suka banget dengan masakan di café Le Marly.  Menurut saya, masakannya enak, dagingnya juicy banget. Hahaha… Fakhira pun doyan.

Setelah makan siang, acara pun lanjut pengumuman pemenang foto di Instagram. Seperti dugaan saya,saya enggak menang. Hahahaha … lho kok pesimis.Bukan pesimis tapi memang mengukur diri. Selain itu, foto-foto hasil jepretan para beauty blogger memang kece-kece, deh. Para beauty blogger memang sudah jago-jago deh ambil gambar produk kecantikan dengan hasil maksimal.

Sejauh ini, saya senang bisa hadir di acara Natur Beauty Dating, mendapatkan informasi mengenai seputar perawatan rambut.Oh iya, saat makan siang sempat ngobrol dengan Mbak Nunung tentang varian produk Natur untuk perempuan berhijab. Nama bran produknya Azalea. Katanya produk ini memang fokus untuk perawatan rambut rontok dan lepek. Waaah, kayaknya cocok banget deh buat saya. Tapi untuk awalnya, saya coba dulu deh rangkaian produk Natur yang terdiri atas sampo, kondisioner, hair tonic, dan minyak rambut. Saya berharap problem rambut rontok saya bisa teratasi. Saya pun tetap bisa percaya diri dengan rambut tebal,hitam, dan sehat. Walaupunberhijab, tetap penting lho melakukan perawatan rambut maksimal.

Nah, itulah Tips Cantik Atasi Rambut Rontok di Acara #NaturBeautyDating yang saya dapatkan. Semoga bermanfaat.

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

6 Responses

  1. Kang Alee says:

    Tipsnya bermanfaat sekali neh … Cobain ah

  2. Waktu itu mau daftar, tapi ragu-ragu. Ternyata informatif juga acaranya ya Teh

  3. Jarhie says:

    Rambut saya juga kadang rontok, kayaknya karena sering pake pomade, berarti emang harus nyoba tips diatas nih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *