Tips Sehat dan Fit Saat Berpuasa Ala Bumil

Bumil gembil teteup puasa, dooong

Bumil gembil teteup puasa, dooong

Yeaaayy… Alhamdulillah, masih bisa bertemu dengan bulan Ramadhan yang penuh berkah. Hari ini hari pertama shaum di bulan Ramadhan. Walaupun lagi hamil, saya teteup dong mau menjalankan ibadah shaum. Alhamdulillah, usia kehamilan sudah menginjak 31 minggu. Whuaaa…perut udah besar banget. Dua minggu lalu sempat ngedrop juga, sakit flu berat dan batuk. Sampai sekarang sih masih ada batuk-batuk dan flu-nya. Tapi, Alhamdulillah udah nggak meriang dan panas dingin. Jadi, yakin deh bisa menjalankan ibadah shaum. Kata seseorang, jangan sampai ada keraguan walaupun 1%. So, saya yakin deh bisa menjalankan ibadah shaum dan ibadah-ibadah lainnya di bulan Ramadhan ini. Selain niat beribadah, saya juga ingin melatih anak sejak dalam kandungan untuk bisa beribadah shaum di bulan Ramadhan. Konon kabarnya, jika anak dilatih sejak dalam kandungan akan lahir menjadi anak yang tangguh. Aamiin.
Bulan Ramadhan pastinya akan lebih berat dijalankan karena ritme aktivitas yang berubah. Yang tadinya kegiatan hanya siang hari, sekarang kegiatan siang hari dan malam hari karena harus solat tarawih dan bangun sahur. Tadinya makan siang hari 3x sehari, sekarang makan hanya dua kali dari waktu Maghrib sampai waktu imsak. So, pastinya ritme yang berubah tersebut mempengaruhi daya tahan tubuh kita. Mau nggak mau, saya harus mempersiapkan stamina yang ekstra untuk bisa lancar menjalankan ibadah shaum. Apalagi siang hari aktivitas saya tidak berkurang karena saya tetap harus menjalankan kewajiban sebagai karyawan.

Minum NS saat berbuka dan sahur, 30 menit sebelum makan, yaaa

Minum NS saat berbuka dan sahur, 30 menit sebelum makan, yaaa

Oleh karena itu, harus ada tips-tips menjaga pola makan dan aktivitas biar bumil bisa tetap sehat dan fit menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Apa saja sih tipsnya, ini dia:
1. Kurangi makan-makanan tinggi kalori dan tinggi lemak. Hihihi…padahal ya biasanya bulan Ramadhan gini pengennya makan yang enak-enak dan manis-manis. Tapi, ternyata makanan manis dan penuh kalori nggak baik dikonsumsi selama menjalankan ibadah puasa.
2. Perbanyaklah makan sayur dan buah berwarna-warni. Mesti siapkan stok sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin. Sayur dan buah khan kaya serat dan membuat pencernaan sehat dan urusan BAB pun lancar. Maklum bumil sering banget sembelit.
3. Perbanyak minum air putih saat sahur dan malam. Inget khan postingan saya tentang pola minum sehat 2+4+2.
4. Istirahat cukup secara teratur. Sebaiknya sehabis sahur tidak tidur lagi. Boleh tidur siang tidak lebih dari 1jam. Kalau tidak tidur sehabis sahur sih, insya Allah bisa kerna sehabis sahur bisa tilawah untuk nunggu waktu shalat subuh. Nah, tidur siang kayaknya nggak bisa, deh karena khan harus ngantor, hehehe…
5. Lakukan olahraga fun yang ringan ke sedang secara teratur setiap hari, 2 jam menjelang berbuka paisa, selama minimal 30 menit. Hayoooh aah, senam hamilnya dirutinkan lagi.
6. Perbanyak aktivitas agar puasa tidak terasa. Alhamdulillah, jadwal selama bulan Ramadhan lumayan padat, jadi aktivitas malah nambah, tuh.
7. Minum Nutrishake saat sahur dan berbuka puasa. Yipieee…saat bangun untuk sahur tadi sempat minum Nutrishake Vanilla plus madu, enaaaak banget. Lanjut solat malam dan doa malam, siapin menu sahur. Baru makan sahur, deh. Hasilnya, pagi ini badan terasa fit.
Itu dulu tips sehat dan fit berpuasa ala bumil. Semoga bermanfaat. Tips di atas memang saya praktekkan biar ibadah shaum saya lancar. Semoga ibadah shaum teman-teman semua juga lancar, yaaa…

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

2 Responses

  1. Beautyasti1 says:

    Waaahh hebat makk bumil tetap berpuasa.. Salut aku ^_^ cemungudh..

    http://beautyasti1.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *