Tips Sehat dan Bugar Saat Hamil 7 Bulan

Kalau ingat masa-masa hamil, saya sering tersenyum senang karena memang masa-masa hamil adalah masa menyenangkan untuk saya. Saya tidak mengalami morning sickness yang parah sehingga saya tetap bisa melahap makanan yang saya suka. Tidak ada tuh ceritanya saya mogok makan sehingga berat badan saya terus bertambah.

Trimester pertama bisa saya lalui dengan baik. Saya tidak bermasalah dengan makanan. Sesekali saya merasa mual tapi tidak parah. Sehingga dengan percaya diri saya pun memasuki trimester kedua. Saat ini adalah saat yang sangat menyenangkan bagi ibu hamil. Pada trimester kedua, saya sudah mulai merasakan pergerakan janin. Sering ada rasa bergetar di dalam perut. Ah, senang rasanya ada makhluk yang hidup dan tumbuh dalam rahim saya. Apalagi saat kehamilan pertama, sungguh pengalaman yang luar biasa.

Masa agak sulit saya hadapi saat trimester ketiga. Pada usia saat hamil 7 bulan, perut saya sudah sangat besar. Maklumlah saya mengalami obesitas saat hamil. Beban di perut semakin bertambah sehingga saya sangat mudah lelah. Yaaah, yang sering terasa sih pegal-pegal di kaki, panas pinggang, dan mudah lelah. Nah, saya pun tidak mau dong kondisi tersebut berkelanjutan. Saya pun mencari tips sehat dan bugar saat hamil 7 bulan.  Ini dia tipsnya:

Makan Makanan Sehat dengan Teratur

Ya… saat hamil memang saya cukup menjaga asupan makanan yang saya konsumsi. Kenapa? Karena saya yakin makanan yang saya konsumsi tidak hanya untuk saya tapi juga untuk janin yang saya kandung. Jika saya mengonsumsi makanan sehat tentunya bayi yang saya kandung pun akan tumbuh dengan sehat dan sempurna. Selain asupan makanan yang sehat dan bergizi, saya mengusahakan makan dengan teratur. Saya tidak melewatkan waktu-waktu makan karena tidak ingin bayi dalam rahim ikut kelaparan. Saat menjalani ibadah puasa pun saya mengusahakan makan dengan teratur saat malam.

Senam Hamil

Memasuki usia kandungan 7 bulan, beban bayi semakin bertambah. Gerakan pun rasanya sudah tidak gesit lagi. BAdan sering terasa pegal dan pinggang pun panas. Saya coba mengantisipasinya dengan mulai rutin senam hamil. Gerakan-gerakan senam yang sederhana namun mampu membuat otot-otot yang kaku melentur. Betis yang pegal-pegal pun berkurang sehingga saya tetap bisa beraktivitas dengan baik.

Pijat Perut

Usia kandungan 7 bulan, janin mulai membesar sehingga kulit perut tertarik dan bisa membuat kulit stress. Nah, dulu saya rutin memijat perut dengan rutin untuk melancarkan peredaran darah di kulit. Jangan bayangkan pijat seperti di tukang pijat ya tapi cukup usap secara lembut mengikuti kontur perut. Rasanya nyaman banget, lho. Saya pun dapat bonus lho merasakan entakan gerakan bayi di dalam rahim. Duuuh, dedek bayi tahu lho kalau lagi disayang-sayang.

Mengurangi Aktivitas Berat

Walaubagaimana pun memasuki usia 7 bulan merupakan masa-masa yang cukup sulit bagi ibu hamil. Sehingga mau tidak mau aktivitas kita tidak akan selancar sebelumnya.Oleh karena itu agar ibu hamil tetap merasa sehat dan bugar sebaiknya mengurangi aktivitas berat.

Nah, itu Tips Sehat dan Bugar  Saat Hamil 7 Bulan dari saya sehingga bisa melewati masa kehamilan yang menyenangkan. Tetaplah bahagia karena ibu hamil yang bahagia akan melahirkan bayi yang sehat dan cerdas.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *