Tradisi Kadarieu

 

Kadarieu merupakan salah satu kosa kata di dalam bahasa Sunda.  Asal katanya dari kata kadieu yang artinya ke sini. Ditambahkan imbuhan ari  menjadi sebuah ajakan kepada orang banyak. Kata kadarieu bisa berarti panggilan untuk orang banyak karena ada yang akan diumumkan atau dibagikan.

Tradisi kadarieu menjadi sesuatu yang khas di kantor kami. Berawal dari salah satu departemen yang sering membeli gorengan di sore hari. Lalu, sang bos departemen itu akan memanggil  teman-teman  di luar departemen untuk ikutan menyantap gorengan yang sudah disediakan di atas piring.

Setiap ada teriakan kadarieu,  setiap orang langsung bergegas menuju arah suara. Rasa jaim dibuang jauh-jauh demi sepotong gorengan di sore hari yang maknyusss… Suasana ramai dan riuh rendah, tanpa malu-malu mengambil gorengan, kecuali yang jaim, dijamin nggak kebagian gorengan ;op

Sore yang riuh rendah yang diawali dengan kadarieu. Menjelang pulang kantor yang semarak dengan sepotong gorengan dan segudang senda gurau mengantar karyawan pulang untuk menemui keluarga. Semoga saat tiba di rumah membawa senyum kadarieu dan menghadirkannya sebagai oleh-oleh untuk keluarga yang menunggu di rumah.

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *