5 Barang yang Dibutuhkan Saat Pandemi Virus Corona

5 Barang yang Dibutuhkan Saat Pandemi Virus Corona

Sejak merebaknya kasus penyebaran virus corona di Indonesia, saya sudah mulai khawatir. Apalagi banyak berita yang berseliweran di timeline sosial media bikin degdegan. Saya pun berusaha mengikuti anjuran pemerintah untuk diam di rumah saja. Apalagi, anak-anak pun sekolahnya di rumah saja. Saya pun terus mengikuti berita Virus Corona Update biar tidak ketinggalan info terbaru tentang pandemi yang sedang dihadapi bersama ini.

Memang sih, sejak di rumah saja, tugas saya sebagai ibu semakin bertambah.Tidak hanya mengurusi kebutuhan sandang dan pangan anak-anak. Sejak di rumah saja, saya pun merangkap sebagai guru, koki, tukang bersih-bersih,dan tukang ngomel-ngomel. Saya sih berusaha semaksimal pun mungkin untuk tetap di rumah saja dan memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan aktivitas di rumah.

Kegiatan di rumah saja memang banyak tantangannya. Apalagi, saya tidak bisa leluasakeluar rumah untuk membeli barang kebutuhan utama. Keluar rumah tuh mesit benar-benar ada keperluan penting. Sebelum keluar rumah pun pastinya menyiapkan segala sesuatunya, seperti menggunakan masker dan bekal handsanitizer saat keluar rumah.

Barang yang Dibutuhkan Di Rumah

Nah, selama di rumah saja pastinya ada banyak barang yang dibutuhkan tanpa harus keluar rumah. Barang-barang atau perkakas yang saya butuhkan saat di rumah saja menghadapi pandemi virus corona.

  1. Gadget

Selama di rumah saja, anak-anak butuh hiburan. Saya pun tidak bisa selalu menemani anak-anak 24 jam. Saya hanya bisa menemani anak-anak di sela-sela kesibukan menyelesaikan pekerjaan rumah.  Anak-anak kadang bosan dengan mainan yang di rumah. Biasanya, saya cukup ketat dalammemberikan gadget pada anak-anak. Mereka hanya diperbolehkan main gadget saat akhir pekan. Namun, karena sekarang setiap hari belajar di rumah, setidaknya saya membolehkan anak-anak bermain gadget setiap hari dengan waktu yang dibatasi. Satu gadget pastinya bikin anak-anak rebutan. Apalagi, saya juga butuh smartphone untuk mendukung kegiatan ngeblog saya. Lalu caranya gimana? Apakah beli baru? Ah, tentu tidak, Marimar. Saat kondisi seperti ini bukan waktunya membeli gadget. Kebetulan, ada tablet yang sudah eror karena LCD-nya rusak. Saya bawa ke tempat service. Alhamdulillah, masih bisa dipakai. Oh iya, gadget juga sangat membantu dalam proses belajar di rumah. Guru-guru di sekolah pun memberikan materi via aplikasi. Salah satunya zoom.

  1. Modem

Belajar di rumah ternyata membutuhkan kuota internet lebih banyak daripada sebelumnya. Kadang, anak-anak mesti bertatap muka dengan gurunya melalui aplikasi zoom. Selain itu, ada beberapa tugas yang mesti diselesaikan dengan mencarinya melalui internet. Dengan tambaha gadget untuk mereka belajar pastinya membutuhkan internet yang stabil. Jika saya tethering  internet melalui henpon yang saya gunakan, biasanya jaringan internet akan terganggu. Saya pun menggunakan satu modem untuk jaringan internet.

Kebetulan saya punya modem yang sudah lama tidak dipakai. Akhirnya, saya kembali menggunakan modem yang sudah lama tersimpan di laci. Nggak nyangka,akhirnya modem ini terpakai lagi setelah sekian lama saya rehat bekerja kantoran. Ternyata modem lebih terpakai saat kondisi tidak bisa keluar rumah seperti  ini.

  1. Mainan Anak

Anak-anak sering mengeluh bosan karena setiap hari diharuskan diam di rumah. Pengennya sih, mereka tidak tergantung gadget untuk mengurangi kebosanan mereka. Saya pun mulai membongkar mainan lama yang disimpan di gudang. Ahaa, ternyata anak-anak suka karena mereka sudah lama tidak memainkan mainan tersebut. Ada sih, mainan saat mereka masih bayi. Tapi, ternyata anak-anak puny acara sendiri dalam bermain dengan mainan lama.

  1. Alat Kesehatan/Termometer

Selama di rumah saja, saya memang tidak pergi ke fasilitas kesehatan umum seperti puskesmas aatu rumah sakit. Alasannya karena saat ini, tempat-tempat tersebut cukup rentan menjadi tempat penyebaran virus corona. Sementara itu, tidak menutup kemungkinan khan anak-anak jatuh sakit. Apalagi saat ini cuaca tidak menentu karena peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Kadang saya bingung dengan suhu tubuh anak-anak yang meningkat. Apakah badan mereka hangat karena sakit ataukah hangat sementara. Untungnya saya selalu menyimpan thermometer untuk mengukur suhu tubuh anak-anak. Alat kesehatan yang dulu paling sering dipakai saat anak-anak bayi, ternyata sekarang terpakai kembali saat mereka sudah besar.

Pengukuran suhu tubuh saat ini sangat diperlukan.Apalagi katanya salah satu tanda virus corona mulai menyerang tubuh yaitu ada kenaikan suhu tubuh yang signifikan. Dengan rutin melakukan pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan thermometer membuat saya lebih tenang saat di rumah saja.

  1. Alat Olahraga

Salah satu kegiatan yang sekarang rutin saya lakukan adalah berjemur. Katanya berjemur membuat daya tahan tubuh meningkat dan menjadi salah satu cara menangkal virus corona. Selain berjemur, saya juga jadi rutin olahraga ringan. Kadang bosan juga olahraga senam dengan gerakan itu-itu aja. Saya pun ingat dulu punya alat olahraga tali skipping. Lumayan deh bisa olahraga loncat-loncat. Awalnya sih kaki lumayan pegal. Tapi setelah rutin setiap hari olahraga skipping, saya pun terbiasa. Malah badan terasa lebih ringan.

Nah, itu 5 barang/perkakas yang saya butuhkan saat menghadapi pandemi dan diharuskan di rumah saja.Kalau teman-teman, barang apa saja yang dibutuhkan? Sharing dong di kolom komentar.

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

30 Responses

  1. Zikra says:

    Gadget jadi barang nomor 1 ya..
    Bisa belanja, baca berita, transfer, komunikasi apalagi ketikaasa pandemi begini sangat butuh banget

  2. ke lima barang yang disebutkan di atas beneran selalu dibutuhkan saat pandemi covid ini

  3. Diiiah says:

    Dari list itu, saya cuma siapin gadget sama mainan anak. Hihihi…

    Ndekem di rumah aja sih, alhamdulillah anak-anak betah.

    Tapi bener deh, di rumah aja itu jadi jarang sakit.

  4. Lidya says:

    Ngomongin termoteter aku sempat kesulitan tuh waktu aawal2 di rumah pas termometer rusak sedangkan perasaan aku badan demam gitu jadi parnoan. Alhamdulillah ternyata masih punya stok termometer dari goodiebag waktu itu jadi buat jaga-jaga deh

  5. Demia says:

    gadget emang dibutuhin banget yaa selama WFH ini, soalnya semua urusan diselesaikan melalui gadget, kebanyak kalo pas gadget lagi rusak pastinya mati kutu huhuhu, semoga kondisi ini bisa segera berlalu

  6. Mei Daema says:

    alat olahraga bener banget sangat penting karena supaya sehat harus tetep olahraga di rumah, agar imunnya tetep terjaga, dan gadget pastinya sangat penting buat kera, semuanya dilakukan dengan online soalnya

  7. Saat pandemi gini emang rentan banget anak anak bosan di rumah, sebagai seorang ibu harus kreatif juga ya mbak biar anak anak gak bosen dan pake gadget terus

  8. Ellyzabeth says:

    Iya banget yang paling penting itu gadget. Asli sebosen itu di rumah, untung ada HP dan Laptop menemani.

  9. maya rumi says:

    iya bener deh mba itu 5 barang krusial banget harus ada dirumah selama ini gak nyadar deh.. tapi mungkin yang jarang di pakai yang buat olahraga, karena aq malas banget deh

  10. Mechta says:

    Jadi ingat termometer kami, yg dulu lama nganggur di lemari obat, akhir2 ini jadi sering kepakai..hehe.. Oya selain yg sudah disebutkan itu, alat2 berkebun juga kami butuhkan. Berkebun jadi kegiatsn mengasyikkan saat begini hehe..

  11. Sama, Mbak. Kami pun menyediakan alat-alat itu di rumah, kecuali modem karena kami pakai wifi di rumah. Mainan anak dan alat olahraga tuh penting banget, biar mereka banyak pilihan untuk beraktivitas. Biar enggak bosen di rumah terus 🙂

  12. Ida Tahmidah says:

    Kalau aku sudah ga perlu mainan anak teh….hihi… Anak-anakku sudah mulai besar jadi ga main-main lagi. Yang lainnya sih iyes…. 😀

    • Sama mbaa… keperluan anak-anak yang udah berangkat remaja memang beda lagi yaaa.. Yang jelas harus selalu terkoneksi ke internet nih biar ga mati gaya dan cepat menyelesaikan tugas dari sekolah.

  13. Indah nuria says:

    Indeed we need to be prepared during this time to make in those items that you have mentioned here are all essential

  14. Okti Li says:

    Kalau saya nambah perkakas berkebun Teh. Malah di rumah saya tidak punya termometer hehehe…
    Semoga covid-19 segera berakhir ya…
    Dan protokol kesehatan tetap dijalankan

  15. Desri Desri says:

    dari 5 poin diatas cuma alat olahraga aja yang belum punya, olahraganya paling senam dan jalan pagi aja soalnya mba hehe

  16. aku nambah mainan nih sama adek adek aku hihi ada uno, uno stako, monopoli, hii mainan anak anak jaman duluu

  17. lendyagasshi says:

    Iya iih….kita lagi ngincer treadmill merk xiaomi.
    hehhee….memang kalau gak olahraga saat dirumahaja bikin badan pegel dan emosian.
    **alesan mamake ini mah…

  18. Intinya emang biar ga bosen dan tetap terjaga kesehatan di rumah ya. Penting banget untuk tetap sehat lho mba di musim pandemi gini. Sakit dikiiitt aja udah berasa parno deh. 😀

  19. Afifah says:

    Termometer perlu banget, ya. Dan termometernya yang memang valid pengaturan suhunya. Pernah dengar termometer di tempat umum kadang malah menunjukkan 32 atau 33 derajat, yang terbilang aneh bagi suhu tubuh manusia. Jadi perlu milih yang baik.

  20. Rahmah says:

    Kalau aku, masker dan face shield serta hand sanitizer terutama
    Sabun juga iya. Sudah ada sekarang sabun kertas jadi mudah dibawa

  21. Aku masker yang wajib dan hand sanitizer kemanapun pergi. Sarung tangan plastik bawa tapi jarang dipakenya. Sama kuotaan aku mba Ran hahaha biar bisa nonton drakor dan betah di rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *