5 Tempat Liburan Favorit Keluarga di Jawa Barat

Tanpa terasa ya sudah mau dua kali lebaran kita dalam kondisi pandemi. Biasanya sebelum pandemi, pas libur lebaran tempat-tempat liburan akan penuh. Duh kangen juga pengen jalan-jalan ke tempat liburan favorit. Yangvsaya maksud tempat liburan favorit adalah tempat liburan yang saya dan keluarga kunjungi dan nggak pernah bosan untuk datang ke sana. Nah, ini dia ada beberapa tempat liburan favorit saya dan keluarga jika libur lebaran.

Baca Juga: Sumber Inspirasi Saat Jenuh

  1. Floating Market Lembang-Bandung
    Lembang memang surganya tempat liburan, makanya tidak heran jika jadwal libur tiba, jalan ke arah Lembang selalu macet. Tapi udah tahu bakalan macet, nggak pernah bosen tuh jalan-jalan ke Lembang. Salah satu tempat liburan favorit kami di Lembang asalah Floating Market. Entah berapa kali kami mengunjungi tempat wisata di Lembang ini. Kami sering liburan ke sini karena memang lokasinya dekat sekali dengan rumah adik. Jadi, kami biasanya silaturahim ke rumah adik di sana, panjut jalan-jalan ke Floating Market.

Baca Juga: 5 Serial Favorit Saat Remaja

Ada apa aja sih di Floating Market sampai saya dan keluarga nggak pernah bosan berkunjung? Judulnya yah Floating Market, yang bisa diartikan sebagai pasar terapung. Nah di sana itu, dibangun danau yang sangat besar, dan di pinggir-pinggir danau buatan itu, ada kedai-kedai yang menjual aneka jajajan, dari mulai makanan ringan sampai makanan berat. View-nya cantik sekali untuk duduk-duduk di pinggir danau sambil menikmati aneka jajanan. Anehnya, jajanan di sana kok rasanya enak-enak. Cara membeli jajanannya unik yaitu dengan memggunakan koin kayu. Jadi sebelum jajan, kita membeli koin kayu duku dengan pecahan 5000, 10.000, 20.000. Nah, jajannya pakai koin itu.

Uniknya lagi, Floating Market selalu menambah area wisata baru sehingga membuat pengunjung nggak bosan. Untuk sekadar jalan-jalan menikmati keindahan view alam dan foto-foto juga seru. Terakhir ke sana, di sana ada wahana arena bermain anak, lalu ada area yang berisi berbagai bangunan yang ada di dunia, seperti kincir angin, rumah Jepang, dll. Kalau mau pake foto-foto pake kostum juga bisa, tinggal sewa aja.

  1. The Ranch Lembang
    Setelah Floating Market, saya dan keluarga jugq suka menghabiskan liburan di The Ranch Lembang. Area hijau yang luas selalu membuat kami ingin datang. Seperti halnya Floating Market, kami bisa membeli aneka jajanan di sana. Oh iya, tiket masuk bisa ditukar dengan segelas susu, lho. Sama di Floating Market juga.

Nah, kalau di The Ranch, kegiatan favorit kami adalah naik kuda. Apalagi anak cowok, selalu pengen naik kuda. Untuk anak-anak lebih kecil, area hijau yang luas bisa jadi tempat bermain untuk sekasar main bola, lari-larian, dan lain-lain. Arena bermain pun banyak, ada yang berbayar lagi dan ada yang gratis. Arena bermainnya lengkap dan seru pastinya bikin betah seharian di sana.

  1. The Lodge Maribaya
    Pas awal pembukaan The Lodge Maribaya sudah ramai pengunjung. Tempat wisata di Lembang ini memang menyajikan sesuatu yang berbeda saat itu, yaitu foto-foto di temlat ekstreme, seperti foto di atas ketinggian dengan latar belakang pemandangan hijau yang indah, berfoto di ayunan yang ada di awan, berfoto sambil naik sepeda melayang, naik balon udara, dll.

Baca Juga: Bepergian Di Masa Pandemi, Bawa Barang Ini

Sebenarnya, saya agak riskan membawa anak-anak ke The Lodge Maribaya, apalagi kalau anak-anak sedang masa suka lari-larian dan nggak mau diam. Arena bermainnya memang ekstreme, selain itu lokasinya agak curam juga, deg-degan banget kalau lihat anak-anak lari-larian. Bener-bener mesti diawasi kalau bawa anak-anak ke sana. Tapi teuteup The Lodge Maribaya membuat saya dan keluarga berkunjung ke sana beberapa kali dan nggak pernah bosan.

  1. Pemandian Air Panas GarutHampir setiap lebaran, saya dan keluarga mampir ke pemandian air panas Garut. Hal ini biasanya kami lakukan pada perjalanan pulang dari Tasik. Lokasi Garut yang berada di antara Kota Tasikmalaya dan Bandung, membuat letaknya strategis. Biasanya, saat kami kelelahan karena macet, kami beristirahat dulu di pemandian air panas Garut, untuk sekadar berendam di air panas agar badan rileks, berenang di kolam air hangat, dan tentu saja jajan dan makan.

Anak-anak suka banget berenang di kolam air hangat. Biasanya kalau habis berenang, mereka makan dengan lahap lalu tidur dengan pulas. Kami pun orang dewasa merasa badan lebih rileks setelah berendam air panas. Oh iya, tempat favorit kami di Cipanas Garut adalah Hotel Tirta Gangga. Di sana kolam renangnya besar dan sarananya juga bersih. Memang nggak ada seluncuran seperti tempat lainnya, tapi kami malah lebih suka di sana karena lebih bersih. Selain berenang, kami juga bisa berendam di kamar rendam, atau duduk di bawah pancuran air panas, atau berendam di kolam air panas.

  1. Pemandian Air Panas Cikundul Sukabumi
    Pemandian air panas Cikundul menjadi tempat liburan favorit kami sekeluarga setelah saya pindah ke Sukabumi. Pemandian Air Panas Cikundul memang cenderung biasa aja jika dibandingkan dengan pemandian air panas Ciater Bandung atau pemandian air panas Cipanas-Garut karena sarana dan prasarana masih sederhana.Tapi harga tiket yang murah dan lokasi yang dekat membuat kami berulang kali datang ke sana.

Daya tarik kolam pemandian Cikundul itu adalah airnya yang memang panas juga lokasinya yang berada di samping Sungai Cimandiri. Sambil berendam bisa menikmati aliran sungai yang sangat deras. Di sana juga ada spot-spot menarik untuk foto-foto.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *