Ada yang Seru di Film Mahasiswi Baru

 

Film mahasiswi baru

Ada yang Seru di Film Mahasiswi Baru. Dua puluh tahun lalu, saya pernah merasakan jadi mahasiswi baru. Rasanya campur aduk saat dinyatakan lolos masuk ke universitas yang dituju dan menyandang status sebagai mahasiswi baru. Apalagi saya berasal dari kota kecil dan mesti hijrah ke kota yang lebih besar, rasanya excited. Padahal saat itu, usia masih muda dan memang usia menuju kedewasaan. Lalu, bagaimana ya rasanya jika jadi mahasiswi baru di usia senja?

Ternyata impian mengecap bangku kuliah dan menikmati masa-masa seru dan menyenangkan sebagai mahasiswi baru bukan hanya milik remaja pada umumnya, Tapi juga jadi impian seorang Oma Lastri, yang memutuskan untuk kuliah dan menjadi mahasiswi baru. Memasuki bangku perkuliahan dan ikut MOS juga dirasakan Oma Lastri yang berbaur dengan teman-teman barunya. Tentunya teman-teman barunya itu seumur dengan cucunya. Kebayang khan gimana serunya Tante Widyawati yang betperan sebagai Oma Lastri bergabung dengan gank anak muda gaul. Di Film Mahasiswi Baru ini, tampak sekali Tante Widyawati berakting total dan keluar dari pakem aktingnya selama ini yang biasanya berperan sebagai perempuan dewasa yang kalem. Di film ini, Tante Widyawati berperan jadi oma-oma lincah yang pastinya bikin ngakak.

Saya pun dulu begitu gembira saat mengikuti masa-masa orientasi di kampus dan menjadi seorang mahasiswi baru. Bertemu teman baru dari berbagai daerah dan latar belakang budaya yang berbeda tentunya. Pastinya itu juga yang dirasakan Oma Lastri saat menjadi mahasiswi baru dan bergabung dengan gank anak gaul. Usia tidak menjadi halangan untuk belajar hal baru, itu dibuktikan oleh Oma Lastri yang ternyata menemukan banyak hal baru di usianya yang senja. Belajar tentang kehidupan tidak hanya untuk orang muda yang sedang mencari jati diri, siapa pun bisa belajar tentang kehidupan baik di kampus maupun luar kampus.

Film besutan Monty Tiwa ini memang mengajak saya sedikit bernostalgia dengan kenangan menjadi mahasiswi baru. Pastinya sambil mengingat-ingat peristiwa berpuluh tahun lalu saat menjadi mahasiswi baru, saya juga ikut larut dalam cerita dan konflik yang disajikan dalam film ini. Cerita makin seru saat  bagaimana tokoh Lastri berinteraksi dengan teman-teman barunya yang usianya jauh lebih muda seperti Umay yang gemesin dan kocak. Ada juga Morgan Oey yang ternyata masih cocok banget jadi anak kuliahan, dan pastinya aktingnya makin matang dan keren. Si cantik Mikha Tambayong pun makin membuat film inj berwarna dengan aktingnya yang nggak kalah dengan para aktris dan aktor senior seperti Tante Widyawati dan Slamet Rahardjo.

 

Film ini memang dikemas dengan ringan dan mengocok perut penonton. Tapi jangan salah, di balik cerita yang ringan terdapat pesan moral. Di balik kekocakan Tante Widyawati bilang Yoaay Braaay ada cerita lain yang menjadi pemicunya untuk menjadi mahasiswi baru di usia senjanya. Film ini memang bisa dikategorikan film keluarga yang memberikan pesan-pesan tersendiri bagi penontonnya. Realitas yang terjadi dalam film ini bisa jadi cerminan dari realitas yang ada pada masyarakat kita.

 

Film yang tayang MULAI 8 Agustus 2019 ini berhasil menarik perhatian saya untuk menontonnya. Monty Tiwa berhasil menyajikan film keluarga dengan tema yang fresh dan mengajak penonton untuk berpikir ulang tentang makna keluarga. Film ini cocok ditonton anak-anak kuliahan bareng temen segank, atau bahkan ibu-ibu yang ingin mengenang kembali keseruan masa menjadi mahasis baru. Menurut saya, Film Mahasiswi Baru bisa jadi film pertengahan tahun yang layak ditonton dan diapresiasi.

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

50 Responses

  1. Setelah nonton ini dijamin keluar bioskop bawannya happy kira2 ya mbak, lah trailernya aja udah kocak abis bangett ini film hheee
    Pen dah nonton ini film Mahasiswa baru huhuuu
    TFS yahh Mbak

  2. Marfa says:

    Aku belum nonton ini, seru banget yaa beda usia dan generasi kuliah di masa kini, kocak sih trailernya XD

  3. Zefy Arlinda says:

    Aku belum sempat nonton, tapi dah nanya ke adik yang kemarin ke bioskop. Katanya tuh film seru, cocok kalau mau ditonton bareng teman atau keluarga

  4. Eko Prasetyo says:

    Aku sudah nonton trailernya.
    Lucu banget, ada nenek datang kekampus bukan menjadi wali. Tpi jadi mahasiswi disana.
    Jadi pengen ntn.

  5. April Hamsa says:

    Zamanku dulu ospek kyknya mulai diawasin fakultas jd gk horor meski masih ada yg rada2 sok senior haha, tapi yawes dinikmatin aja.
    Wah filmnya dah tayang akhirnya ya? Ini kyknya bagus buat diton ton rame2 sama teman atau keluarga ya? Penasaran sama akting Widyawati 😀

    • April Hamsa says:

      Penasaran pesan2 apa yang ingin disampaikan melalui film ini mbak? Kok katanya bagus buat ditonton sekeluarga gtu 😀 Aku dah liat trailernya kyknya emang cukup menghibur sih 😀

  6. Ruli retno says:

    Pas banget nih sama genre kesukaan aku, komedi.. tapi edukatif. Mana pemainnya ada morgan pula. Syuka aku tuh

  7. filmnya menggelitik untuk ditonton. awalnya aku sangka tante widyawati jadi dosen killer eh ternyata malah kebalikannya. Setelah ngebaca sinopsis dan beberapa kali lihat trailernya aku ngakak dong ya. film komedi rupanya, dan lku salah sangka. Kaget juga dengan akting tante widyawati yang parah abis hahaha

  8. Jiah says:

    Aku nonton cuplikannya aja udah ngakak. Emang kalau udah sepuh kudu ikut ospek juga ya? Hahaha. Mana gaul sama anak2 gitu. Sabar deh kalau mau nonton film ini

  9. Aku suka banget sih sama peleburan gap generation di dalam film ini. Dan, udah banyak banget ya liat filmnya Tante Widyawati dan Om Slamet Rahardjo, tapi di Film Mahasiswi Baru ini mereka tuh menurutku jauuuuhhhh banget lebih sweet. Seneng liatnya.

  10. Aku juga udah nonton filmnya. Seru aja sih punya persahabatan lintas generasi gitu. Kembali mengingatkan zaman saat di kampus dulu*

  11. Oma lastri ini kece banget ya meski udah berumur tetep semangat gitu dan energik, aku belum nonton teh filmnya kayaknya seru ya

  12. Tika Samosir says:

    Asli kocak banget ini film. Bisa banget menggaet hati penonton dengan skenario orangtua sebagai mahasiswi baru. Komedinya renyah banget aku sampai capek ketawa melulu.

  13. Seru banget emang film ini ya.. Memang gak bisa ngelupain acting yang keren dan natural dari tante widya..

  14. Devi says:

    Liat trailernya seru ya mbak. Memadukan akting aktris lawas dengan generasi milenial. Tapi belum sempat nonton nih.

  15. lucu banget deh film in. Terutama si oma yang ngegank dengan anak muda. Jadi ikutan puber juga.

  16. Nurhilmiyah says:

    Pingin nonton tp belum ada waktu lowongnya nih, kl trailernya sih udah nonton. Lucu ya, beda zaman beda istilah²nya… Geng ama paguyuban, wkwk

  17. Ide cerita film ini unik, namun juga menginspirasi, supaya tetap semangat belajar, berapapun usia kita.

  18. gemesh banget sih liat trailernya hahahaha. udah banyak sih temen yang ngajakin nonton ini cuma belom kesampean akunya

  19. Erfano says:

    Aktingnya Widyawati di Film Mahasiswa Baru emang enggak perlu diragukan lagi. Keren pastinya
    Cerita yang unik dan kocak apalagi sutradaranya Mas Monty Tiwa, beberapa filmnya kocak kocak.

  20. Suka dengan film yang dikemas dengan ringan dan mengocok perut penonton begini. Jadi enggak mikir nontonnya. Meski ringan terdapat banyak pesan moral lagi. Meski nonton film Mahasiswi Baru nih

  21. Aini says:

    Ini masih ada ya di bioskop? Penasaran sih, tapi belum sempat ke bioskop huhu. Penasaran sama kocak dan keseruannya! Sukses mahasiswa baru!

  22. Maliha says:

    Gak kebayang deh kelucuan setiap adegannya film ini dengan seorang oma yang masuk kuliah lagi dan juga bikin genk kampus,,salut sama sutradaranya dan widyawati sebagai obat rindu dengan aktingnya di layar film

  23. Ilham Sadli says:

    film ini mengangkat setting yang unik banget menurutku, tentunya akan menjadi sorotan para penikmat film. Kebayang banget sih bagaimana serunya film ini nantinya ketika aku nonton

  24. sugatangguh says:

    Film yang ingin aku Tonton nih karena banyak yang bilang karena film ini bagus. Dari lihat traillernyapun bikin pengen nonton cepet

  25. Selvijua says:

    Asli nih film membuat aku ngakak terus selama pemutaran film, ceritanya beneran lucu dan unik banget, apalagi para pemainnya aktingnya bagus banget.

  26. Pringadi says:

    Kapan ya bisa nonton film ini. Lumayan bagus sinopsisnya. Banyak blogger yang nonton ya.

  27. Nurhilmiyah says:

    Suka banget dengan semangat ingin belajarnya Lastri. Kebayang ntar kl saya lanjut S3 apa mirip kayak gitu juga yak, wkwk
    Tfs Mbak Rani

  28. lance says:

    wuah aku jadi penasaran pengen nonton ini film. Pengen mengenang masa-masa waktu pertama kuliah dulu. hehehe

  29. zunif says:

    sepertinya seru nih filem nya, jadi pensaran pengen cepet2 nonton ini pilem 🙂

  30. Baguss nih kayanyaa filmnya ya mbak, jd penasarann stlh baca reviewnyaa hehehe kalau liat traillernya kocak habisss oiyaa salam kenaal juga mbak rani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *