Karena Ngeblog Aku Ada

Saya sama sekali nggak menyangka kalau kegiatan ngeblog yang dulu hanya untuk menyimpan kenangan dalam bentuk tulisan digital, ternyata sekarang menjadi kegiatan yang saya lakoni sampai sekarang. Hal kgu karena banyak hal yang menarik dari dunia bloging dan sayang untuk ditinggalkan. Ada alasan-alasan kenapa saya masih betah ngeblog sampai sekarang.

3 Alasan Ngeblog Sampai Sekarang

  1. Blog Membuat Saya Ada

Dulu saya paling seneng kalau mengetikkan nama saya di mesin pencarian nanti yang keluar adalah alamat blog. Berasa jadi orang terkenal karena memiliki blog. Padahal mah yah bukan siapa-siapa juga. Tapi blog membuat siapa saja bisa mengukir namanya di ranah digital. Pasti harapannya yang muncul adalah branding positif dengan konten-konten yang menarik, khan.

Walaupun saya bukan seorang bloger yang terkenal dan heitss, tapi saya sudah seneng aja karena tulisan saya muncul di internet melalui blog. Saya bisa menceritakan pengalaman-pengalaman dan kisah-kisah melalui sudut pandang saya. Pastinya semua orang punya pengalaman dan kisah yang menarik. Tapi tidak semua orang khan mampu menuliskannya di blog. Sehingga saya merasa, blog sudah membuat saya merasa “ada”.

  1. Belajar Hal Baru

Banyak hal yang membuat saya betah ngeblog sampai sekarang. Selain karena saya merasa bahwa dengan adanya blog saya merasa “ada”, melalui blog saya juga jadi dipaksa untuk belajar hal baru. 

Apalagi sekarang dunia bloging semakin berkembang dengan ilmu-ilmu barunya. Selalu ada hal baru di dunia bloging. Jika dulu, ngeblog tuh cukup menulis lalu tulisan diunggah di website. Sekarang, seorang bloger juga mesti pandai menyajikan konten visual sebagai pelengkap tulisan.

Setelah tulisan diunggah, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan. Misalnya bagaimana agar tulisan dapat terindeks di mesin pencarian. Lalu bagaimana caranya agar performa blog meningkat dengan tolok ukur yang sudah terstandardisasi seperti angka DA/PA, DR, dan …Selain itu, seorang bloger juga mesti mampu membuat tampilan blognya user friendly, loadingnya cepat, dan bikin betah pengunjung berlama-lama di blognya. 

Baca Juga: Model Celana Chino dan Kekinian

Apakah sampai di situ? Tentu tidak, Marimar. Masih ada lagi tugas bloger yaitu mempromosikan artikel dan blognya agar banyak pengunjungnya. Caranya dari yang mulai gratisan sampai menggunakna iklan berbayar.  Nah, khan bener, tugas bloger itu banyak. Tapi jika dilakukan dengan hati gembira, semuanya menjadi menyenangkan. Bahkan jadi banyak ilmu dan keterampilan baru yang diperoleh.

Siapa sangka, seorang ibu rumah tangga seperti saya jadi doyan ngulik desain di Canva. Padahal dulu mah boro-boro kepikiran. Kayaknya yang kebayang tuh kalau ngulik visual tuh kerjaannya para desainer yang andal dan menggunakan tools yang keren tapi bikin pening. Ternyata, sekarang semuanya lebih mudah karena sudah tersedia tools-tools yang bisa digunakan oleh siapa saja.

  1. Mendapat Penghasilan dari Blog

Hal yang paling menarik dari blog saat ini dan bikin betah yaitu blog juga bisa menjadi tempat menjemput rezeki. Saat ini sudah banyak brand yang menggunakan jasa bloger untuk mempromosikan produknya. Seorang bloger akan membuat konten review produk dalam bentuk tulisan, foto, dan infografis yang disajikan dalam artikel di blog. Pastinya si bloger akan mendapat imbalan dari brand. 

Baca Juga: 5 Serial Favorit Saat Remaja

Sebelum pandemi, brand sering sekali mengadakan acara offline seperti launching produk baru, brandinb produk, dll. Brand akan mengundang berbagai media untuk meliput yaitu wartawan dan bloger. Keren banget khan seorang bloger bisa bersanding dengan wartawan. Padahal latar belakang bloger itu beragam, ada yang ibu rumah tangga, pegawai bank, karyawan swasta, pengusaha, traveler, dan lain-lain. Nah, pihak brand akan memberikan imbalan pada bloger yang menulis liputan acara dengan gaya khas bloger yang pastinya memiliki sudut pandang yang unik dan sentuhan personal.

Seorang bloger profesional dengan niche blog tertentu biasanya memiliki rate card yang cukup tinggi. Misalnya seorang travel bloger akan mendapat peluang traveling dari brand dan bayaran yang cukup lumayan. Saya sih nggak tahu ya  berapa ratecard seorang travel bloger karena setiap orang pastinya punya rate card sendiri yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.


Baca Juga: 7 Fakta Tentang Rani Yulianty

Bagi seorang ibu rumah tangga seperti saya, pastinya menyenangkan bisa mendapatkan penghasilan dari blog. Saya bisa menyalurkan hobi saya membuat kata-kata dalam bentuk tulisan dan dibayar. Saya tidak harus keluar rumah untuk bekerja karena seorang bloger bisa mengerjakan pekerjaan di ruman. Alhamdulillah, di masa pandemi seperti sekarang pun masih ada saja job dari brand yang memerlukan jasa bloger untuk promosi produknya.

Nah, itu tadi alasan saya kenapa masih ngeblog sampai sekarang. Teman-teman bloger pastinya punya alasan lain yang pastinya menarik dan persona,. Boleh banget berbagi di kolom komentar.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *