Bedah Picture Book : Bahasa


Pastinya, untuk teman-teman penulis buku bacaan anak sudah nggak asing dengan yang namanya picture book. Picture book merupakan tulisan yang sering kita ajukan kepada penerbit.

Banyak penulis yang menyangka menulis naskah untuk picture book itu mudah. Picture book dianggap lebih mudah karena hanya ada sedikit kata dan kalimat. Namun, bagi saya sesungguhnya menulis picture book itu lebih sulit daripada menulis cerpen anak atau novel anak. Penyebabnya sama dengan yang menganggap menulis picture book itu mudah karena teks dalam picture book yang pendek. Dalam sebuah naskah cerpen anak atau novel anak, penulis lebih leluasa dalam menuangkan ide-idenya. Namun, dalam picture book, kalimat-kalimat haruslah lebih ringan dan mudah dipahami. Kata-kata atau kalimat yang berat akan menghancurkan cerita dalam picture book.

Picture Book diperuntukkan untuk anak-anak usia 3-7 tahun. Anak-anak usia itu belum begitu lancar membaca sehingga harus dibacakan oleh orang dewasa. Oleh karena itu picture book yang bagus harus dapat menyampaikan esensi cerita kepada pembaca anak-anak. Selain itu, karena untuk dibacakan picture book sebaiknya kata-katanya berima sehingga enak untuk didengar anak-anak. Kata-kata yang dipilih sangat hemat, karakter dan plot secara sederhana dan tidak berlebihan.

Jumlah kata di dalam picture book rata-rata sekitar 1500 kata. Penulis sangat terbatas dalam menyampaikan sebuah alur cerita melalui kata-kata dalam kalimat. Di lain pihak, penulis harus bisa membuat karakter yang meyakinkan dan membuat alur yang menegangkan. Sebuah tantangan yang sangat sulit sehingga kita mesti hati-hati dalam memilih kata-kata di dalam picture book.

Bagi para penulis yang ingin menulis picture book bisa mempelajari puisi , baik puisi untuk dewasa maupun untuk anak-anak. Puisi dapat membantu kita untuk belajar bagaimana menyampaikan emosi dan cerita dengan singkat dan padat. Kata-kata di dalam puisi biasanya berupa kata-kata kiasan yang dapat mewakili pada makna. Sehingga dapat dimanfaatkan oleh penulis picture book untuk menghasilkan bahasa yang singkat, padat, dan kaya makna.

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *