Belanja Online Makin Mudah

IMG_20151218_145439

Belanja Online? Wow, siapa sih yang nggak suka belanja, apalagi online, tinggal klak klik klak klik di gawai langsung deh masuk ke toko online. Asyik banget khan, serbapraktis. Eitss… ternyata hanya sebagian orang yang merasa belanja online itu mudah. Masih banyak orang yang merasa belanja online itu ribet dan lebih memilih belanja secara offline. Padahal ya, menurut saya yang dirempongin oleh bayi dan balita belanja online khan lebih praktis, nggak harus keluar rumah, macet-macetan di jalan, nggak harus keluar ongkos transportasi, nggak ribet bawa kantong belanjaan di jalan.

Ternyata orang belanja online itu masih sedikit banget , baik itu di dunia maupun di Indonesia. Bayangkan, jika jumlah penduduk Indonesia saat ini kurang lebih 250 juta, hanya 0,21% yang sudah bisa belanja online melalui internet. Heummm … itu pun masih dikuasai daerah perkotaan. So, masih harus ada usaha lebih untuk meningkatkan penetrasi belanja online di Indonesia.

Kenapa orang masih belum mau atau belum bisa belanja online? Ada beberapa kendala di antaranya merasa sulit membayar karena belanja online itu biasanya harus bayar melalui transfer antarbank atau melalui kartu kredit. Lalu, masih ada orang yang takut belanja karena dianggapnya belanja online itu ribet mesti daftar keanggotaan dulu, mesti isi data, dan takut salah saat berbelanja. Satu lagi yang membuat orang tidak mau belanja online karena tidak percaya dengan toko online. Sering kejadian banyak penjual online yang tidak jujur, misalnya foto barang bagusnya bukan main, eh setelah order, dikirim ternyata barangnya kualitasnya kurang baik. So, kejadian-kejadian tersebut sering terjadi dan membuat orang takut belanja online.

aplikasi kudo di tablet

aplikasi kudo di tablet

Kalau belanja online mah udah biasa, udah sering belanja online karena keterbatasan waktu untuk bisa belanja ke mal. Hihihi..maklumlah, emak-emak rempong, kalau belanja ke mal mesti ngegembol bayi dan balita, belum jinjjing belanjaan. Udah nggak kebayang deh ribetnya di jalan. Jadi, salah satu solusinya ya belanja online. Sudah kepikiran sih ingin juga jualan online. Namun, sampai saat ini masih bingung, apa yang mau dijual? Hihihi…alasannya klasik, nggak punya modal untuk kulakan barang, uang bulanan selalu habis untuk keperluaan keluarga. Makanya, saya semangat saat melihat ada undangan dari KUDO untuk #KelasBlogger #KudoBox. Menurut saya, materi yang akan disampaikan bermanfaat banget untuk mengupgrade keilmuan saya tentang dunia blogger dan peluang usaha jualan online, yaitu: 1. Menulis Reportase Ala Blogger oleh Syaifuddin Sayuti, 2. Menulis Riview di Blogger oleh Kang Arul, dan 3. Belanja Online untuk Semua Orang. Oleh karena itu, dengan semangat empat lima saya menggembol si bayi yang masih berusia 4 bulan. Walau agak deg-dengan juga karena keadaan cuaca saat ini yang sulit diprediksi, kadang cerah kadang hujan. Namun tetap maju terus pantang mundur untuk mendapat upgrade pengetahuan tentang dunia blogger dan peluang usaha jualan online. Hasil obral-obrol dengan mak di sebelah yaitu Bunda Leni yang bocorin materi katanya bakalan ada tips-tips jualan online juga. Waaah, sepakat dong dengan saya yang memang ingin banget bisa jualan online.

Lalu, tibalah perwakilan KUDO yaitu Mas Hendra –Business development KUDO— bicara di depan menjelaskan apa itu KUDO? KUDO itu singkatan dari Kios Untuk Dagang Online. Menurut Mas hendra, KUDO didirikan untuk membantu jutaan orang Indonesia untuk berbelanja online. Hal ini dikarenakan, online shoping masih tidak dapat diakses oleh mayoritas orang Indonesia.

Seperti saya sebutkan di awal bahwa penetrasi orang belanja online itu masih sangat sedikit. Nah, ternyata usaha penetrasi belanja online ini sudah dipikirkan oleh dua orang co-founder KUDO yaitu Albert Lucius dan Agung Nugroho. Kedua co-founder ini merupakan lulusan MBA sekolah tinggi Haas di universitas ternama Uiversity of California. Haas merupakan sekolah tinggi bisnis terbaik di dunia. Keduanya pun sudah mengembangkan karier di perusahaan-perusahaan internasional seperti Apple, Motorola, dan Boston Consulting Group di Silicon Valley, Amerika. Lalu, apa hubungan KUDO dengan belanja online?

Lalu apa bedanya KUDO dengan toko-toko online lainnya yang sudah ada? Ternyata, KUDO punya tujuan ingin membuat siapa pun bisa jualan online dan mendapat penghasilan tambahan. Wow… kalau ini benar-benar tujuan mulia, soalnya khan negeri ini masih membutuhkan banyak sekali peluang usaha karena selama ini peluang usaha biasanya didominasi oleh orang yang memiliki modal. Dengan adanya KUDO, siapa pun bisa berjualan secara online dan mendapat penghasilan tambahan. Nah, bikin pendapatan masyarakat bertambah, bukan? Ini artinya memajukan tingkat perekonomian masyarakat Indonesia.

Lah, kok bisa gitu, piye? Bukannya tagnya itu semua orang bisa belanja onlie, lalu kenapa ujug-ujug ke jualan online, bukannya keduanya dua hal yang berbeda? Ahaaay… ini uniknya KUDO yang menyatukan keduanya yaitu jualan online untuk mendapatkan pendapatan tambahan dan belanja online mudah. Lalu, bagaimana cara kerjanya KUDO?berdasarkan penjelasan dari mas Hendra, menurut pemahaman saya KUDO membuat aplikasi toko online dengan beragam merchant, mulai dari e-commerce, pulsa, asuransi, utilities seperti PLN, Leasing, dan tiket. Aplikasi itu ditanam di Tablet yang diberikan kepada agen KUDO. Agen KUDO yaitu orang yang mendaftarkan dirinya untuk menjadi mitra KUDO. Nah, si agen akan membawa tablet yang berisi aplikasi tersebut dan membuka aplikasi lalu menawarkan produk-produk yang ada di aplikasi kepada calon pembeli. Jika pembeli sudah oke membeli barang, lalu si pembeli menyerahkan uang kepada si agen, lalu si agen melakukan order dan pembayaran via transfer, si pembeli tinggal menunggu barang yang dikirim langsung oleh merchant. Saat si agen melakukan pembayaran secara otomatis si agen  mendapat komisi dari KUDO. Keuntungan untuk kedua belah pihak, pembeli yang tidak berinteraksi dengan internet tetap bisa belanja online melalui si agen, dia pun mendapat komisi. Selain itu, produk yang dijual harganya lebih murah daripada di toko karena langsung dikirim dari merchant.

Jadi pada dasarnya, misi KUDO itu mendigitalisasi industri ritel di Indonesia yang selama ini dikuasai oleh toko-toko offline yang sudah memiliki brand besar dan tentunya modal besar. Melalui KUDO, seorang agen  tidak harus memiliki modal besar untuk bisa jualan online, tidak harus stock barang, tidak harus cari barang dan supplier, bisa jualan barang apa pun yang sudah disediakan KUDO, dibantu oleh layanan customer service yang andal, serta tentu saja penghasilan tinggi. Tinggal mencari orang yang gaptek internet untuk belanja online.

Tentu saja sebagai emak rempong, saya sudah membayangkan gimana caranya jualan. Saya bisa datang ke acara arisan ibu-ibu erte, lalu seperti ibu-ibu lain yang sibuk buka gawai, saya pun buka tablet KUDO. Lalu ajak ibu di sebelah lihat-lihat produk KUDO untuk belanja online, ahaaay… kalau dibayangin kayaknya mudah, deh. Nggak harus banyak bicara nawarin produk, tentunya orang sudah tahu kualitas produk-produk yang ditawarkan di KUDO.Hihihi… kalau begini sih, saya mau deh jadi agen KUDO, bisa jualan online dan membantu orang lain belanja online. Nah, buat teman-teman yang ingin jadi agen KUDO juga bisa buka website KUDO dan isi form registrasi. Bisa juga klik Fan Fage Kudo www.facebook.com/kudoplex.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

3 Responses

  1. Yas Marina says:

    Setuju, Mak. Biar emak-emak, tetep mesti luas wawasan ya.

  1. 23 December 2015

    […] Reportase Ala Blogger oleh Syaifuddin Sayuti, 2. Menulis Riview di Blogger oleh Kang Arul, dan 3. Belanja Online untuk Semua Orang. Acara ini diadakan di kantor perwakilan KUDO Bandung, Jl. Setiabudi No.112. Lokasinya strategis di […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *