Cara Pemasaran Online Untuk UKM

pemasaran online

Cara Pemasaran Online untuk UKM

Halo, gimana nih suasana lebarannya? Kue-kue lebaran masih bersisakah?  Kalau di rumah saya, kue-kue lebaran udah ludes, soalnya anak-anak doyan banget nyemil.  Untungnya, di sekitar rumah saya, ada tetangga yang punya usaha bikin kue.

pemasaran online untuk ukm

Usahanya masih skala UKM sih, tapi alhamdulillah berjalan lancer karena beliau sudah melakukan cara pemasaran online untuk UKM. Pada masa pandemi  seperti ini, cara pemasaran online memang menjadi cara yang tepat dalam menjalankan usahanya. Selama ini, beliau membuka kios di pasar, namun selama masa pandemi pasar lebih sepi daripada biasanya. Dapur mesti terus ngebul, usaha mesti terus jalan, jika pelanggan tidak datang, alangkah baiknya menjemput bola dan mendatangi pelanggan dengan melakukan pemasaran online.

Apa Itu Pemasaran Online?

Pemasaran online secara umum dapat diartikan sebagai strategi pemasaran yang memanfaatkan teknologi digital berbasis internet. Kegiatan pemasaran ini dilakukan tidak secara langsung bertemu dengan konsumen seperti kegiatan jual beli di pasar, melainkan memanfaatkan media online seperti website, media sosial, email, dan lain-lain. Saat ini, hamper setiap orang memegang smartphone yang terkoneksi dengan internet.

Dalam satu genggaman, orang bisa melakukan banyak kegiatan di dunia maya. Selain berinteraksi dengan sesama pengguna media sosial, banyak orang juga melakukan transaksi jual beli di media online. Apalagi saat masa karantina karena pandemi, kegiatan keluar rumah dibatasi dengan tujuan memutus rantai penyebaran virus corona. Efeknya, transaksi secara online lebih meningkat dan membuka peluang lebih besar untuk melakukan pemasaran online.

Daftar Isi

  1. Apa itu Pemasaran Online?
  2. Bagaimana Cara Mengembangkan Pemasaran Online di Masa Sekarang?
    • Menentukan Target Pasar
    • Membangun Website
    • Website Berada di TOP Rank Google
    • Membuat Konten Pemasaran
    • Menggunakan Media Sosial
    • Pemasaran Secara Mobile
  3. Bagaimana Cara Melakukan Pemasaran Online dengan Menggunakan Media Sosial?
    • Cara Pemasaran Online di Facebook
    • Cara Pemasaran Online di Instagram
  4. Cara Mengatasi Kekurangan Pemasaran Online

Bagaimana Cara Mengembangkan Pemasaran Online di Masa Sekarang?

Sudah dijabarkan di atas bahwa cara pemasaran online itu memanfaatkan teknologi internet. Sehingga pastinya cara kerjanya akan berbeda dengan cara kerja pemasaran secara langsung. Sebagai seorang pengusaha UKM yang ingin melakukan pemasaran secara digital pastinya mesti lebih mengetahui karakteristik dan cara kerja pemasaran online. Beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pengusaha UKM saat melakukan pemasaran secara online.

Menentukan Target Pasar Sama halnya dengan pemasaran secara konvensional, pemasaran di era digital pun mesti menentukan target pasar. Oleh karenanya, seorang pemasar mesti mengetahui tren  saat ini di dunia maya. Apa yang sedang jadi bahan perbincangan di dunia maya. Siapa target pasar produk kita, di mana kira-kira target pasar tersebut betah berselancar di dunia maya. Bagaimana karakteristik target pasar kita, apakah mereka penyuka gaya hidup sehat? Ataukah mereka orang-orang yang menyukai hal-hal baru?

Membangun Website

Salah satu strategi yang bisa dilakukan saat seorang pengusaha UKM terjun dalam marketing online yaitu dengan membangun website. Sebuah website bagaimana toko kita secara offline yang memajang etalase produk kita beserta manfaat dan harganya. Sebuah website memperlihatkan keseriusan pemilik usaha dalam melakukan penjualan. Seorang pembeli pastinya akan lebih percaya membeli produk di toko resmi. Kepercayaan pelanggan pun lebih terbangun dengan adanya website.

Website Berada di TOP Rank Google

Setelah memiliki website, selanjutnya apa yang dilakukan? Pastinya, seorang pemasar ingin tokonya ramai dikunjungi pembeli. Bagaimana agar tokonya ramai dikunjungi? Biasanya seorang pengusaha akan memiliki lokasi toko yang strategies agar mudah dilhat dan dikunjungi oleh pembeli. Lalu, bagaimana dengan website? Bagaimana agar website mudah dilihat oleh pengguna internet dan calon pembeli? Caranya yaitu dengan membuat website berada di halaman pertama pencarian. Tentunya perlu usaha lebih keras agar website berada di halaman pertama pencarian, pastinya dengan melakukan beberapa cara di antaranya dengan menggunakan SEM (Search Engine Marketing), SEO (Search Engine Optimize), dan iklan PPC.

Membuat Konten Pemasaran

Apa yang membuat orang berjalan lalu berhenti di sebuah toko dan masuk ke toko tersebut? Biasanya karena adanya plang toko yang berisi informasi mengenai produk yang dijual di toko tersebut. Namun, pemasaran secara digital tidak semudah. Diperlukan kemampuan membuat konten menarik yang mampu membuat seorang yang sedang berselancar di dunia maya melakukan pembelian. Konten pemasaran yang menarik akan membuat pengguna internet tertarik dengan produk yang ditawarkan dan melakukan transaksi.

Mengunakan Media Sosial

Saat ini, hampir semua orang memiliki akun media sosial. Media sosial bukan hanya sebagai tempat berinteraksi secara umum tapi juga bias menjadi tempat interaksi antara penjual dan pembeli. Setiap media sosial memiliki karakter yang berbeda dan unik. Sehingga seorang pemasar mesti mengetahui karakteristik dari pengguna media sosial saat melakukan pemasaran.

Pemasaran Secara Mobile

Yang dimaksud pemasaran secara mobile ini ditujukan pada pengguna smartphone yang selalu mobil. Saat melakukan marketing online mesti memerhatikan juga karakteristik dari pengguna smartphone yang lebih mobile. Penawaran produk pastinya disesuaikan dengan pengguna mobile yang cenderung ingin lebih praktis dan cepat. Oleh karenanya penting sekali untuk membuat aplikasi yang bisa digunakan di smartphone.

Bagaimana Cara Melakukan Pemasaran Online dengan Menggunakan Media  Sosial?

Saat ini media sosial menjadi platform yang sangat penting dalam melakukan pemasaran. Media sosial bukan hanya sebagai tempat interaksi dan bersosialisasi namun juga sebagai tempat transaksi jual beli. Saat akan melakukan penjualan di media sosial, alangkah baiknya seorang pengusaha membangun kredibilitas terlebih dahulu di media sosial. Caranya dengan sering membuat postingan positif dan bermanfaat bagi para pengikutnya di media sosial. Membangun kredibilitas juga bias seiring membangun brand awareness. Produk A ingin dikenal bagaimana di media sosial. Apakah ingin dikenal sebagai produk yang menginspirasi atau produk yang unik. Saat ini, ada dua media sosial yang digunakan sebagai media pemasaran yaitu Facebook dan Instagram.

Cara Pemasaran Online di Facebook

Saat ini, Facebook memiliki potensi yang sangat besar untuk menjaring konsumen. Populasi penduduk Facebook sangat banyak, bahkan lebih besar dari populasi negara China. Pastinya dengan populasi sebesar itu, peluang untuk terjadinya penjualan cukup besar. Kelebihan facebook lainnya itu, kemampuan mengenali audiencedan mengklafisikasi  jenis audience dengan lebih spesifik. Saya suka produk-produk makanan, seringkali di halaman beranda saya muncul page-page yang berhubungan dengan makanan.

Cara pemasaran di Facebook bisa dilakukan dengan kontinyu dengan membangun kredibilitas terlebih dahulu di Facebook. Caranya dengan memasang foto profil yang mudah dikenali. Biasanya yang pertama kali dilihat oleh pengunjung adalah foto profil, sehingga alangkah baiknya menggunakan foto profil yang menggambarkan bisnis/produk yang dijual. Selain foto profil, alangkah lebih baiknya juga memerhatikan cover foto dan pinned post.

Keunggulan lain dari facebook yaitu banyaknya tools yang bisa digunakan untuk menentukan target pasar. Organic post dan postingan berbayar bisa digunakan untuk menentukan target pasar berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dll. Saat melakukan postingan sebaiknya memerhatikan waktu yang tepat.

marketing online

Setiap media sosial memiliki waktu posing dan target pengunjung berbeda, begitu juga dengan facebook. Selain postingan organic alangkah baiknya menggunakan paid budget agar organic post sukses dan mampu menyerap audiens lebih banyak. Mengiklankan postingan terbaik akan menjadi cara yang tepat karena dari iklan berbayar bisa meningkatkan penjualan.

Cara Pemasaran Online di Instagram

Media sosial kedua yang bisa memberikan peluang besar dalam penjualan secara online yaitu Instagram. Hingga November 2019, jumlah pengguna aktif Instagram di Indonesia mencapai 61.610.000. Artinya, 22,6 % penduduk Indonesia adalah pengguna Instagram. Potensi penjualan yang sangat besar, bukan? Lalu bagaimana melakukan pemasaran di Instagram?

Cara yang lazim dilakukan saat melakukan pemasaran di Instagram yaitu dengan memasang iklan. Namun sebelumnya membuat akun Instagram dengan nama akun yang sesuai dengan bisnis yang sedang dijalankan. Jangan lupa mengisi bio dengan deskripsi singkat mengenai produk yang dijual, kontal, dan Call to Action menuju website.

Gunakan foto profil yang memudahkan pengguna Instagram mengenali produk yang dijual, baik itu berupa logo produk, foto produk, dll. Hal yang paling penting dalam menarik minat pengguna Instagram yaitu konten berupa foto dan video yang menarik. Gunakan juga caption yang menarik dan membuat pengguna Instagram tertarik dengan produk yang ada di sana.

Cara Mengatasi Kekurangan Pemasaran Online

Marketing online memang menjadi era baru dalam strategi marketing saat ini. Namun, di tengah semua kelebihan marketing online, pastinya tidak selalu berjalan mulus. Ada beberapa kekurangan marketing online yang mesti diketahui dan diantisipasi agar tidak terjadi kerugian. Beberapa kekurangan marketing online, di antaranya:

  1. Biaya awal yang cukup besar

Membangun sistem marketing online membutuhkan tenaga ahli dan biaya awal yang cukup besa. Termasuk biaya pemeliharaan situs yang mungkin bisa sangat tinggi jika harus menggaji seorang ahli. Namun, biaya awal yang cukup besar tersebut sebenarnya tidak lebih besar jika harus membangun toko offline yang membutuhkan bangunan toko di lokasi strategis, gudang penyimpanan stok barang, dll.

  1. Tidak semua pelanggan melek internet

Internet memang sudah menjadi bagian keseharian kita. Namun, ternyata tidak semua orang melek internet dan mau menggunakan internet dengan tepat. Oleh karenanya, pelu dipikirkan apakah produk yang dipasarkan tersebut akan fokus pada pengguna internet atau juga menjaring konsumen yang tidak melek internet.

  1. Rentan Penipuan

Seringkali kita membaca keluhan pelanggan yang mengalami penipuan saat melakukan transaksi secara online. Oleh karenanya kadang konsumen tidak kehilangan kepercayaan untuk melakukan pembelian online. Oleh karenanya, membangun kepercayaan dengan konsumen saangatlah penting saat melakukan penjualan secara online.

  1. Rentan Kesalahan Teknis

Interaksi antara penjual dan pembeli saat melakukan transaksi online tidak dilakukan secara langsung dan tatap muka. Selain itu, pemasaran online juga sangat mengandalkan teknologi yang sangat rentan mengalami kesalahan teknis.

Peluang pemasaran online untuk UKM sangatlah besar. Sehingga, sangat penting bagi UKM untuk mulai belajar melakukan pemasaran online. Saat ini sudah banyak ilmu yang bisa dipelajari, baik berbayar maupun gratis. Untuk melancarkan bisnis di era 4.0. sangatlah penting melakukan terobosan dengan terjun langsung melakukan pemasaran online.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

87 Responses

  1. Ellyzabeth says:

    Aaaih thank you for your information. Kebetulan mamaku sedang ada ide jualan makanan online. Semoga bisa berhasil ya.

  2. Zikra says:

    Online marketing memang membantu banget buat skrg ini.. di satu sisi, utk produk dan jasa yg sama (ga ada kelebihan dibanding kompetitornya) mesti perang iklan
    Jadi kuat2an modal deh

  3. Diiiah says:

    Kalau main di website, musti kenal SEO, jenis keyword segala macem.

    Bagi yg ga punya cukup waktu untuk belajar itu, sebaiknya sewa jasa profesional, ya.

  4. Mporatne says:

    Selain pemasaran online juga perlu kerjasama dengan komunitas atau bazar biar produk bisa dikenal

  5. Icha Amalia says:

    iya bener, peluangnya memang besar. tapi perlu juga tuh nentuin targetnya biar iklannya nggak sia-sia.

  6. Mei Daema says:

    thanks mba Ran untuk tips-tipsnya, ini beneran bermanfaat banget buat aku yang lagi merambah ke bisnis kecil-kecilan sama adeku, mudah-mudahan berjalan lancar dan nyobain nerpain langkah-langkah yang mba Rani kasih. termasuk juga mengatasi kekurangan dalam pemasaran, dan saya ga kepikiran kalau ga baca artikel ini

  7. RAch Alida says:

    Nah skarang memang sebaiknya para pelaku UMKM semakin mengembangkan ekonomi di online. Soalnya skarangs emua serba online ya mba. Makaish idenya mba 🙂

  8. Ria Kiyandra says:

    ini info pasti berguna banget untuk yang belum merambah dunia online si apalagi di saat pandemi spt ini. aku udah jualan online dr beberapa tahun lalu dan sejak pandemi ini sering ditanyain org ttg usaha online juga

  9. Waktu msh dagang online, aku pernah coba beberapa cara di atas. Tp mungkin emang ga gitu passion. Olshopku rata2 mandeg

  10. Ratna Kirana says:

    Langsung dicatat dan disimak baik2 nih! Soalnya jualan itu awal nyari marketnya susah, tapi adanya internet bisa memudahkan yah

  11. Miyosi says:

    Setuju bgt sama semua poinnya Mb termasuk masalah konten
    Sebagai calon pembeli, aku pun lebih suka dg penjual yg gak cuma jual, tapi jg memberikan edukasi atau tips atua semacamny
    Kalau dalam kontens pemasaran online y it means melalui tulisan atau konten yg bermanfaat

    • Uniek Kaswarganti says:

      Nah, aku juga suka nih mba dengan penjual yang tak pelit membagikan product knowledgenya. Jadi ga sekadar upload barang, trus jual gitu aja. Kadang kan orang atau calon pembeli pengin tau dulu lebih banyak tentang produknya

    • Iya mba. Aku suka penjual yang update statusnya ganti ganti antara jualan dan juga informasi

  12. Ida Tahmidah says:

    Iya setuju nih sekarang kalau hanya mengandalkan cara konvensional susah berkembang zamannya sudah digital jadi pemasaran juga harus online ya teh…

  13. Indah Nuria says:

    Online marketing is really important nowadays because not only did some damage, but everybody is using social media platform. Facebook can be a great choice as well

  14. Suka sama tips yang diberikan , ini sangat membantu dalam bisnis online. Marketing online memanvpentung di pelajari untuk yang baru memulai bisnis online

  15. Ratnasari says:

    Noted banget ilmunya Kak, kebetulan aku ingin memulai usaha juga nih, tips-tips diatas wajib aku terapkan untuk online marketingnya

  16. Lidya says:

    Jadi andalan banget ya sekarang pemasaran onlin ebuat siapa pun termasuk para uKM. Harus bisa mengikuti perkembangan jaman supaya tidak ketinggalan ya apalagi sekarang banyak tips2 pemasaran online yang bisa diterapkan

  17. Karena era serba digital gini kita emang mesti pinter pinter promosiin usaha ya kak, salah satuya ya dengan ini, pemasaran secara online dong. Keren banget deh tips-tipsnya. Thankyou kak infonya

  18. lendyagasshi says:

    Terpesona sama pelaku usaha yang sudah menyediakan pembelian secara online dengan tampilan web yang user friendly.
    Aku pernah, teh…mau beli di sebuah brand artis.
    Tapi webnya gak user friendly euuii..batalkeun weeh…. malas kalau terlalu banyak ba-bi-bu dan kita merasa gak terbantu sama CS nya yang ternyata robot.

    • lendyagasshi says:

      Dan sekarang untuk melayani dan menjawab pelanggan, perlu hire pekerja.
      Paling engga, kita gak terlalu pusing di marketing, tapi fokus di kualitas barang yang kita jual.

  19. Terima kasih tipsnya kak. Kebetulan aku sedang mengembangkan usaha UMKM dan karena pandemi ini kami belum maksimal dalam pemasaran online. Jadi masih mengandalkan penjualan langsung aja.

  20. Ternyata masing-masing platform medsos ada prime time-nya ya mba. Waktu posting harus disesuaikan juga agar bisa menembus market yang menjadi incaran.

  21. Desri Desri says:

    ini menarik banget infonya sangat detail mba, terutama tips yang konten pemasaran ini, karena untuk one man show, suka keteteran ya mba.

  22. Maya Rumi says:

    Harus banget yah mba saat ini menggunakan pemasaran online karena prilaku belanja konsumen pun sekarang sudah lebih senang dg belanja online karena gak perlu ribet

  23. Akan kuingat betul Mba jam tayang post untuk iklan kita di Facebook mana yang paling ramai. Tengkyu mba..

  24. Yeni Sovia says:

    Setuju mba. Tapi menurutku untuk awal-awal kita ga perlu pakai tenaga ahli memasarka dagangan kita secara online. Kita sendiri yang memasarkan juga bisa kok. Kecuali kalau usaha kita makin betkembang dan buka cabang baru kita butuh tenaga ahli untuk pemasaran online kita. Selain itu fokusnya bisa langsung 2 yang kita targetkan baik itu yang melek internet dan maupun yang tidak biar optimalkan pemasaran dan penjualan kitanya

  25. Fachrur says:

    banyak cara untuk memasarkan postingan dan memasarkan barang atau produk yg di inginkan. dengan memiliki ilmu pengetahuan internet dan skillnya pasti kita akan mendapatkan income yg lumayan banyak

  26. Heni Puspita says:

    Kalau di work day rata-rata sore ya waktu terbaik untuk FB ads. Soal perlunya foto produk yang menunjang itu setuju banget. Makin banyak teman pemilik UKM yang aware tentang pentingnya punya foto produk yang baik.

  27. Fachrur says:

    Dengan platform apapun yg dinginkan dalam hal untuk pemasaran online di harapkan mampu dapat membantu para UMKM kelas menengah bawah mendapatkan penghasilan

  28. Ini nih yang sering kusampaikan ke teman-teman pedagang. Idealis itu boleh-boleh aja, tapi urusan bisnis, harus mau peka dan sadar diri bahwa kita sekarang ada di era yang berbeda. Kalau mau terus bertahan dan makin melesat, kudu banget deh mengikuti perkembangan jaman. Harus mau belajar soal digital marketing supaya produk bisa dikenal lebih luas lagi. Hari gini masih keukeuh jualan ala konservatif dengan pemikiran wajib punya rumah atau kios gede di pinggir jalan utama, haduh bisa habis deh modalnya buat sewa tempat usaha.

  29. Nurhilmiyah says:

    Idealnya kl udah memasarkan via website jd top rank kan hype abis ya Mbak, mudah2an pelaku UKM semangat terus usahanya. Amin

  30. liza says:

    tipsnya bagus banget dan pastinya sangat bermanfaat untuk pelaku ukm dalam memasarkan produknya secara online

  31. Zikra says:

    Aku juga lagi ngembangin bisnis online nih, semoga lancar jaya.. pakai tips trik dari sini juga

  32. Aku sekarang lebih sering memasarkan via instagram mba dari pada facebook ehehhe
    takut pada bosen, makasih tipsnya ya mba Ran. Aku juga alhamdulillah udah make marketplace tapi masih males updatenya wakakak

  33. 3835info says:

    dengan menggunakan media online kita bisa targetkan konsumen kita, selain itu biaya yang di butuhkan juga bisa di tekan. apalagi di musim seperti ini sangat penting promosi online

  34. kanianingsih says:

    Alhamdulillah sekarang banyak metode pemasaran online buat UMKM jadi mereka bisa makin maju dan juga bisa sekalian belajar teknolgi dan sistem pemasaran jaman now yang serba online

  35. Pemasaran online memang sangat membantu ya, Mbak Rani. termasuk untuk para UKM. Jadi memang semua harus dimanaatkan dengan baik. Jadi nanti seimbang dengan pemasaran offline, termasuk promo dari mulut ke mulut.

  36. Lidya says:

    dengan melakukan pemasaran online jangkauannya lebih luas ya untuk penjualnnya. Jadi andalan banget ya jaman sekarang pemasaran online untuk para UKM

  37. kue lebaranku masih ada mbak…huhuhu, anakku kurang suka kuker begini, kecuali nastar yang habis sebelum hari H. Mana ga ada tamu pula karena corona hiks
    Btw, maketing online memang bisa membantu pelaku usaha termasuk UKM ya. Sistem pemasaran konvensional mesti dilengkapi pola digital ini, bahkan ada yang sudah mengganti perannya. Ulasan yang lengkap dan menraik, Mbak Rani:)

  38. Nurhilmiyah says:

    UKM hrs bs juga turut mengatasi maraknya penipuan online di media sosial sebab kl tidak ditangani akan berdampak pada citra pedagang online ya kan. Caranya bs dengan menyelipkan postingan edukatif di sela2 promosi barangnya

  39. Memang skrng menjual barang pun mau tidak mau harus lewat onlinr juga disamping offline. Minimal orang tahu kalau kita punya usaha tersebut ya mba. Kalau mau aman bisa bergabung di toko daring biasanya pembayaran melalui rekening bersama.

  40. Sari says:

    Semua media harus ditekuni untuk promosi, begitu juga kolaborasi dengan blogger. Siapa tahu nanti orderan bisa dari jalan yang tak terduga

  41. enny dudukpalingdepan says:

    Iya penting banget nih digital marketing untuk pelaku UMKM. Kebanyakan saya lihat masih sebatas promosi di pameran, titip minimarket, atau posting di facebook pribadi. Harusnya memang dibentuk branding khusus mencontoh brand-brand besar. Apa lagi website yang sangat berpengaruh di mesin pencarian google.

  42. Sari says:

    Kalau penipuan online, yang bikin kesel oknumnya nih. Padahal bermanfaat banget media sosial sebagai promosi. Sering juga sih share tips agar terhindar penipuan online. Share juga rekening si penipu :)(

  43. Salah satu bentuk adaptasi di era pandemi kayak sekarang emang kita harus bisa melakukan pemasaran melalui banyak lajur. Salah satunya online ini ya. Informasi yang bermanfaat sekali.

  44. Dian says:

    Informasinya sangat bermafaat mbak, emang sekarang ukm harus melek teknologi digital ya, agar usaha makin berkembang

  45. Intan Daswan says:

    Pemasaran online memang jauh lebih memberikan efek positif saat ini. Saatnya para pelaku UKM melek dengan hal ini. Saya juga dulu pas waktu masih punya usaha, dengan online marketing jangkauannya jauh lebih luas dan juga lebih irit biaya promosi hehehe…

  46. Nunung says:

    Dengan marketing online gini pangsa pasarnya lebih luas ya mba. Kalau offline cuma bisa menjangkau satu kecamatan atau kabupaten dengan pemasaran online produk UKM bisa terjual ke seluruh Indonesia

  47. Mau gak mau, suka ataupun tidak suka, para pembisnis skala rumah tangga ataupun UMKM harus melirik strategi pemasaran online untuk memperluas pemasaran produk usahanya ya mba.

    Thanks informasinya mba, sangat bermanfaat

  48. Visya Al Biruni says:

    Saat ini sudah saatnya Semua UMKM melek internet yah Mbak. Karena pasar d internet itu luas banget mencakup seluruh dunia bahkan.

  49. Okti Li says:

    Ini saya baru tahu kalau posting di Facebook ternyata ada waktu baiknya ya. Saya sih bukan pelaku usaha, tapi posting di Facebook mau juga ngikutin waktu itu ah. Siapa tahu meski cuma status curhat jadi banyak yg like dan komentar. Hahaha

  50. Aldhi Fajar says:

    UKM harus maju melalui media promosi online. Bagaimanapun juga banyak kelebihan jika kita melakukan promosi melalui media online. Bisnis UKM akan lebih dikenal masyarakat. Maju terus UKM Indonesia

  51. Iim Rohimah says:

    pemasaran Online memang membantu sekali buat pelaku UKM seperti suami aku. Hanya saja belum bisa sampai punya website khusus jualan produk. Masih pake media sosial.. Semoga ke depannya makin bisa mengoptimalkan media online nih

  52. Silvie says:

    Memang pemasaran online membantu banget ya kak untuk para ukm, tapi sementara bisa dipassrkan dulu menggunakan marketplace yang sudah ada. Karena menurutku membangun website itu gak gampang, apalagi mengelolanya di page 1. Kalau pun pakai jasa jg butuh biaya.

    Jadi lebih murah dan praktis menggunakan platform yg sudah ada dan bisa dibantu mengiklankan di sosial media

  53. Diaz Bela says:

    Salah satu cara dalam pemasaran digital menurutku adalah menjual produk di marketplace. Apalagi di sana juga banyak tawaran menarik untuk seller seperti free ongkos kirim maupun diskon lainnya.

  54. Li Partic says:

    Bisa merajai salah satunya pasti sudah bahagia ya. Moncer 😀 Harus belajar lebih dalam lagi nih.

  55. Eka Romawati says:

    Bener banget nih promosi di sosial media itu penting banget, ternyata di via digital juga ada tekniknya ya. Agar hasilnya maksmimal. wah terimakasih ni kak jadi lebih banyak paham nih

  56. Ria Nugros says:

    Jaman sekarang jualan lebih mudah ya dengan pemasaran online, medis sosial tempat pemasaran yang oke banget

  57. Kang Syahri says:

    Saat ini bagi UKM melek teknologi memang salah satu syarat wajib untuk mengembangkan usahanya. Dengan menguasai teknologi, setidaknya dapat menjadi solusi untuk memasarkan produknya lebih luas

  58. Dian says:

    Di wra digital seperti sekarang ini, pemasaran online memang paling cocok ya kak

  59. Irena Faisal says:

    Yang aku perhatikan, jaman sekarang berjualan di social media dan punya toko di marketplace yang paling berpengaruh dibanding punya website

  60. Marfa says:

    Dulu lho aku nggak terlalu merhatiin kalau pakai iklan di fb, eh ternyata malah bs dapet banyak penjualan dari situ. Apalagi kl diintegerasiin dg marketplace, beuh duo maut 😀

  61. Jasmi Bakri says:

    Alhamdulillah sekarang udah digada-gadang banget ya UKM Go Digital. Ya emang bermanfaat banget kalau bisa memanfaatkan media-media promosi online untuk pemasaran. Strateginya juga rapi. Kalau dipelajari dengan benar-benar pasti bisa ningkatin omset penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *