Cara Perpanjangan SIM di SIM KELILING ONLINE

Wuiih, udah penuh aja nih yang pada mau perpanjangan SIM

Wuiih, udah penuh aja nih yang pada mau perpanjangan SIM

Oke. Fixed. Minggu ini saya harus meluangkan waktu untuk perpanjangan SIM C yang habis pada bulan ini dan tahun ini. Setelah libur lebaran, rasanya malas mau ngapa-ngapain tapi SIM C harus segera diperpanjang karena waktu berlakunya SIM C saya akan habis. Sebenarnya rencana perpanjangan SIM sudah direncanakan sejak sebelum bulan Ramadhan. Namun karena saya pura-pura sibuk, nggak jadi terus, deh perpanjangan SIM-nya. Padahal sekarang sudah ada outlet SIM yang buka dari hari Senin sampai dengan Sabtu. Tapi rasanya maaaalessss banget. Duuuhh … perlu ditoyor ini mah. Untungnya, di salah satu grup WA ada yang share jadwal SIM KELILING ONLINE.  Saya pun seperti mendapat pencerahan untuk segera melakukan perpanjangan SIM. Kebetulan lokasi-lokasinya tidak jauh dari kantor.

Buat yang ingin tahu info jadwal SIM KELILING ONLINE bisa dilihat www.simkeliling.info.  Infonya lengkap, jadwal SIM KELILING ONLINE untuk seluruh wilayah di Indonesia.

Akhirnya, dengan membulatkan tekad saya pun berencana untuk perpanjangan SIM C. Saya lihat jadwal SIM KELILING ONLINE dengan seksama. Ada beberapa tempat yang lokasinya tidak jauh dari kantor. Saya pun pilih hari Selasa di Yomart Jl. Jakarta, Bandung. Kebetulan lokasinya tidak terlalu jauh.

Saya berencana akan ke sana pukul 10.00 WIB, jadi saya bisa ke kantor dulu untuk mengerjakan beberapa tugas. Kebetulan, ada salah satu teman kantor yang mau ke Bank. Saya pun titip pesan kepadanya kalau lewat tolong dilihat apakah mobil SIM KELILING ONLINE sudah ada. Teman saya pun kirim pesan bahwa ada mobilnya tapi penuh banget. Dia menyarankan kepada saya untuk datang agak siang, menjelang waktu istirahat biar nggak penuh. Saya pun mengikuti sarannya.

Saya pun berangkat ke sana sekitar pukul 10-an. Saya sempat planga-plongo kebingungan melihat orang-orang yang masih mengerubungi mobil SIM KELILING ONLINE. Waduuh, jam segini aja masih penuh, pikir saya. Saya pun coba mendekati salah satu petugas dan bertanya. Eaalaaah, si petugas jawab dengan ringan kalau formulir sudah habis. Bapak petugas menyarankan kepada saya untuk datang di jadwal berikutnya di salah satu mal besar. Okelah, Pak. Oh iya, Pak Petugas menyarankan kepada saya untuk datang sekitar pukul 7.30 pagi.

Keesokan harinya, saya pun melajukan motor saya ke lokasi yang tertera di jadwal. Untung, lokasinya juga tidak terlalu jauh dari kantor. Saya segera parkir dan melihat orang-orang sudah banyak berkumpul di lokasi. Tapi saya tidak melihat mobil SIM KELILING ONLINE. Saya pun bertanya kepada seorang ibu. Si ibu dengan ramah menjawab kalau benar ini tempat SIM KELILING ONLINE dan memberi tahu saya untuk segera daftar ke salah satu petugas. Saya pun menghampiri petugas dan daftar. Ternyata saya mendapat nomor urut 35. Waaah, padahal saya pikir sudah pagi ternyata masih ada yang lebih pagi. Ada yang sudah di sana sejak pukul 07.00 pagi, lho. Waaah, rajin amat yaaa …

Sekitar pukul 09.00 pagi, mobil SIM KELILING ONLINE datang. Kami semua langsung menyerbu mobil. Untungnya, sudah diatur pendaftaran sehingga tidak ribet saat mobil SIM KELILING ONLINE datang. Kalau tidak dilakukan pendaftaran, kebayang deh bakal rebutan dan saya pasti kalah saing sama bapak-bapak yang badannya lebih besar-besar itu.

Pak Polisi segera mengumpulkan kami dan mendata lagi siapa saja yang akan perpanjangan SIM A, SIM C, dan doubl e SIM alias mau perpanjangan SIM A dan SIM C.

“Saya tegaskan kepada Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu, kami tidak menerima SIM yang sudah lewat walaupun hanya satu hari. Untuk yang SIM-nya sudh lewat silakan buat SIM Baru. Kami tidak menerima pembuatan SIM baru. SIM KELILING ONLINE hanya untuk perpanjangan SIM,” ucap Pak Polisi.

Oh iya, Pak Polisi juga mengingatkan untuk memperpanjang SIM itu sejak jauh-jauh hari, jangan mepet-mepet karena kalau kelewat risikonya harus bikin SIM baru. Tentunya proses pembuatan SIM baru lebih ribet daripada perpanjangan SIM. Kita harus menyediakan waktu dan tenaga lebih banyak, dan dana lebih besar tentunya.

Apa saja yang harus disiapkan saat akan perpanjangan SIM?

  1. Foto copy KTP yang berlaku dan sudah online, SIM KELILING ONLINE tidak bisa memproses perpanjangan SIM yang KTP-nya belum online karena sistem SIM KELILING ONLINE tidak bisa mengakses data yang masih manual.
  2. Uang tentunya, untuk SIM C dikenai biaya 165K dan untuk SIM A dikenai biaya 170K.

Sebenarnya SIM KELILING ONLINE juga menyediakan mesin foto copy jadi buat yang belum memfotocopy bisa fotocopy di sana. Berhubung saya sudah menyiapkan foto copy KTP dari rumah, saya tidak perlu antre lagi untuk foto copy KTP.

Langkah-Langkah Perpanjangan SIM KELILING ONLINE:

  1. Penyerahan SIM dan foto copy KTP. Petugas meminta kami untuk antre menyerahkan SIM  dan foto copy KTP. Petugas memanggil kami berdasarkan nomor urut saat pendaftaran. Lumayan juga pegel nunggu dipanggil. Padahal saya dapat nomor urut 35, apa kabar yang dapat nomor urut 50 ke atas. Oh iya, formulir pendaftaran terbatas persediannya. Pada hari itu, petugas menyiapkan sekitar 115 formulir. Formulir sudah habis sejak pukul 08.30 pagi. Jadi buat yang datangnya sekitar pukul 09.00 ke atas, nggak akan kebagian formulir. Ternyata  pada tahap ini nomor urut bisa berubah karena para petugas memroses terlebih dahulu berkas hari kemarin yang belum selesai. Pada tahap ini nomor urut saya berubah jadi nomor 43. Yaa sudahlah, pasrah aja, hiks.
  2. Setelah proses penyerahan SIM dan foto copy KTP selesai, Petugas kembali menjelaskan cara pengisian formulir. Lalu, kami kembali dipanggil untuk mendapatkan formulir dan mengisinya.
  3. Pemeriksaan kesehatan. Setelah formulir diisi, kami menyerahkan berkas ke bagian kesehatan. Kami kembali menunggu panggilan untuk pemeriksaan kesehatan. Pada tes kesehatan ini, saya diperiksa tekanan darah dan tes buta warna. Alhamdulillah lancar hehehe …
  4. Foto wajah. Setelah selesai tes kesehatan, saya kembali antre untuk foto wajah dan sidik jari. Duuh, lumayan gempor juga nih kaki berjam-jam berdiri. Mana hari itu saya pakai high heels. Berdiri pakai flat shoes aja udah pegel apalagi pakai high heels. Menyiksa diri ini mah judulnya. Saya juga harus gendong ransel berisi laptop dan perbekalan lainnya. Bener-bener, deh. Tapi, demi perpanjangan SIM, saya jabanin, deh. Akhirnya, sekitar pukul 11.30, saya dipanggil untuk foto wajah dan sidik jari. Lega banget.

Sekitar pukul 12.00 siang, semua proses berakhir. Saya pun mendapat resi atau tanda bukti pengambilan SIM C baru. Kenapa saya hanya mendapat resi? Pak Polisi menjelaskan bahwa persediaan kartu habis, kemungkinannya saya akan mendapat SIM baru sampai akhir tahun. Saya diminta menunggu SMS yang memberi tahu kapan saya bisa ambil SIM baru. Semoga nggak lama-lama, ya. Berhubung ini hanya selembar kertas resi, saya pun berinisiatif melaminatingnya. Bukan apa-apa, khawatir ntar kebuang atau lecek karena ditaruh di dompet.

Fiuuuh … alhamdulillah akhirnya kelar juga. Oh iya, untuk yang dapat nomor antrean yang 50 ke atas sepertinya masih harus berjuang antre. Kata Bu Polwan sih semuanya biasanya selesai pukul 05.00 sore. Wedew… kebayang kalau harus seharian di sana. Saya masih beruntung dapat nomor yang masih awal-awal.

Rasanya lumayan capek juga urus-urus perpanjangan SIM walaupun di tempat SIM KELILING ONLINE. Katanya sih memperpanjang di Poltabes malah lebih lama dan ribet karena tempat tes kesehatannya jauh, selain itu pesertanya juga jauh lebih banyak.

Saya merasa lelah dan ingin menghadiahi diri saya dengan sesuatu yang enak. Hihihi…bilang aja laper karena tadi pagi nggak sempat sarapan, hanya nyemil-nyemil granola saat antre. Saya pun menghadiahi diri saya dengan seporsi salad yang lezat dan segar. Yummyyyy …

cara-perpanjangan-sim-keliling-online2

Setengah hari yang melelahkan tapi saya senang karena urusan saya sudah selesai, saya pun lebih tenang saat berkendara. Saya tidak merasa khawatir akan kelewat tanggal berlakunya SIM. Pesannya sih buat yang SIM-nya sudah mau habis cepetan perpanjang. Sekarang sudah ada OUTLET SIM dan SIM KELILING ONLINE di beberapa titik wilayah dekat tempat tinggal atau kantor kita yang buka selama 7 hari, sehingga lebih memudahkan untuk melakukan perpanjangan SIM. Kita tidak harus datang ke Poltabes untuk perpanjangan SIM. Caranya pun jauh lebih mudah dan cepat jika dibandingkan harus datang ke Poltabes.

Itulah cara perpanjangan SIM di SIM KELILING ONLINE. Walau bagaimana pun perlu menyediakan waktu untuk mengurus masalah administrasi biar tenang dan aman saat berkendara. Selamat mencoba.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

8 Responses

  1. infonya membantu bangeet mbak 😀
    apalagi untuk saya yang kerja diluar kota mau perpanjangan SIM bisa jadi lebih mudah kao da dim keliling gini 😀

    makasih banyak infonyaa

  2. Wahab Saputra says:

    Prosesnya cepet juga ya…
    BTW saladnya enak tuh…

  3. Nathalia DP says:

    rame jg ya yg perpanjangan di sim keliling

  4. April Hamsa says:

    Wah enak ya makin praktis dan gak ribet skrng klo perpanjang sim 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *