Hipertensi Usia Muda, Bisakah?

hipertensi-usia-muda-bisakah_

Hipertensi Usia Muda, Bisakah? Sudah dua hari ini Dian tidak masuk kantor.  Rasanya sepi tanpa dia karena biasanya dia datang dengan sejuta keceriaan masa muda. Maklumlah, Dian khan usianya masih muda belia sehingga semangat kerjanya masih sangat tinggi.

Tiba-tiba saya dikejutkn dengan berita di whatsapp bahwa Dian terkena hipertensi. Antara rasa percaya dan tidak percaya. Usia Dian masih di awal 20an. Masa sih bisa terkena hipertensi. Biasanya yang terkena hipertensi khan orang yang sudah lanjut usia. Sehingga muncul pertanyaan besar hipertensi usia muda, bisakah? Saya pun mencari informasi lebih lanjut karena memang saya harus lebih waspada dengan salah satu penyakit yang ternyata sudah banyak diderita kaum muda. Saya pun harus tahu gejala dan penyebab hipertensi pada usia muda.

Ternyata gejalanya hampir sama dengan hipertensi yang dialami orang yang lanjut usia. Orang yang terkena hipertensi biasanya merasa mual dan ingin muntah. Sakit pada bagian belakang punggung dan kepala.

Ternyata memang hipertensi dapat juga menyerang kaum muda bahkan remaja dengan rentang usia 3 – 18 tahun. Beberapa hal yang bisa menyebabkan hipertensi adalah sebagai berikut.

  1. Berat badan

Saat hamil saya mengalami kenaikan berat badan yang sangat signifikan yaitu sekitar 25 kg. Saya pun mengalami kenaikan tekanan darah yang cukup tinggi. Sehingga dokter kandungan terus memantau perkembangan tekanan darahnya. Khawatirnya, saya mengalami preeclampsia. Saya melakukan pengobatan dan mengikuti semua saran dokter. Alhamdulillah, tekanan darah pun bisa kembali normal.

 

Nah, ternyata kenaikan berat badan yang signifikan tidak hanya dialami oleh ibu hamil. Saat ini banyak remaja yang mengalami obesitas karena pola makan yang tidak baik. Kegemukan menimbulkan resistensi insulin sehingga insulin tidak mampu membantu gula darah masuk ke dalam sel tubuh. Terjadilah gangguang di beberapa fungsi tubuh, seperti gangguan pembuluh darah, gangguan transportasi ion-ion antarsel dan retensi natrium atau tertahannya natrium di dalam tubuh.

Jika sudah terlanjur mengalami hipertensi sebaiknya segera mengubah pola makan. Kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung garam. Perbanyak juga gerkan fisik seperi olahraga.

  1. Stress

Saat berusia muda biasanya orang bersemangat bekerja. Sehingga sering kurang memperhatikan beban pekerjaan yang berlebih. Menumpuknya pekerjaan dengan beban yang berlebihan bisa menimbulkan stress. Jika dibiarkan, stress yang terus-menerus bisa menyebabkan hipertensi. Jadi wajar jika seseorang yang masih muda bisa mengalami hipertensi. Salah satu faktor penyebabnya adalah stress.

  1. Genetik

Walaubagaimana pun faktor genetik berpengaruh besar pada riwayat kesehatan seseorang. Jika memiliki orangtua yang memiliki hipertensi, anak harus lebih waspada. Seseorang cenderung lebih tinggi terkena hipertensi jika memiliki orangtua yang memiliki riwayat hipertensi.

  1. Pola hidup

Saat ini gaya hidup mengonsumsi makanan siap saji sudah merupakan hal yang lumrah. Kebanyakan makanan siap saji mengandung banyak garam. Padahal garam yang berlebih cenderung mebuat tekanan darah cepat naik. Menu makanan yang mengandung banyak garam membuat tekanan darah tinggi semakin naik.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

2 Responses

  1. Hipertensi mulai menyerang itu katanya usia 20 an ke atas. Tapi buat saya sih, hipertensi menyerang tanggal 20 an ke atas…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *