Jadi Youtuber, Perlu Skill-Kah?

Jadi Youtuber, Perlu Skill-Kah?

Jadi Youtuber, Perlu Skill-Kah? Atau skill apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang youtuber? Pastinya saat ini profesi seorang youtuber itu menjadi profesi idaman, bahkan saat ini anak remaja kalau ditanya, cita-citanya mau jadi apa? Banyak yang menjadi ingin menjadi Youtuber kayak Atta Halilintar bersaudara. Bahkan, saat ini, sudah banyak youtuber cilik yang memiliki penghasilan luar biasa dari youtube, bahkan konon katanya penghasilannya mengalahkan seorang pengusaha? Wow, siapa yang nggak kepengen, khan? Profesi youtuber menjanjikan mendapatkan pundi-pundi uang yang banyak dan ketenaran.

Sejak saya resign setahun yang lalu, saya merasa kelimpungan dengan segala aktivitas baru sebagai ibu rumah tangga. Sejak bangun pagi sampai tidur lagi, sibuk dengan urusan domestik seputar rumah. Bangun pagi, setelah selesai shalat Subuh, langsung ke dapur, menyiapkan sarapan, beres-beres, antar anak sekolah, anter anak les, nangkring di sekolah anak, masak, belanja ke pasar. Kayaknya kerjaannya nggak selesai-selesai, padahal jobdesk-nya jelas yaitu mengurus rumah tangga. Kayaknya pengen bikin melakukan sesuatu yang lain selain menulis di blog. Bukannya kebanyakan waktu luang tapi kayaknya kesibukan yang monoton bikin bosan juga.

Akhirnya, saya iseng bikin video di youtube. Berhubung, saya hanya ibu rumah tangga yang kegiatannya hanya seputar rumah dan anak-anak, saya pun bikin video review produk yang saya pakai sehari-hari sebagai ibu rumah tangga. Pengennya sih kayak rangorang bikin video traveling yang menyajikan keindahan tempat-tempat yang dikunjungi, tapi apa daya, sehari-hari cuma nguprek di rumah, wesslah bikin video review produk yang dipakai sehari-hari saja.

Jadi youtuber sulit, saat saya berfokus pada kekurangan yang saya miliki. Misalnya ketidakpunyaan alat dan skill yang mumpuni. Akhirnya, saya memberanikan diri untuk mendobrak itu semua dan mencoba membuat sebuah video tentang skincare. Jadi yotuber itu susah memulainya, tapi kalau sudah mulai ternyata menjadi kegiatan yang menarik dan menyenangkan bagi ibu rumah tangga seperti saya.

Awal-awal bikin video, saya nggak punya skill apa-apa, cuma iseng-iseng. Tapi lama-lama pengen juga sih bikin video yang bagus kayak rangorang, dan kayaknya mesti belajar dan meningkatkan skill agar bisa membuat video yang menarik untuk ditonton pemirsa di youtube.

Jadi Youtuber, Perlu Skill-Kah?

Saya tidak punya peralatan merekam video yang keren dan canggih. Saya juga tidak ada laptop untuk mengedit video. Saya memutuskan jadi youtuber lewat hape karena hanya hape yang saya miliki sebagai alat untuk membuat video dan mengedit video. Inginnya sih suatu saat punya peralatan yang mumpuni untuk membuat video dan mengedit video tapi karena sekarang adanya hape, ya modal hape dulu lah untuk membuat video.

Beberapa youtube skill yang saya pikir mesti dimiliki oleh seseorang yang ingin jadi youtuber.

Editing Video

Editing video menjadi skill teknis yang mesti dimiliki oleh seorang youtuber, apalagi yotuber pemula seperti saya yang mengandalkan mengerjakan semuanya sendiri, mulai dari pengambilan gambar dan pengeditan video. Awal-awal membuat video, saya tidak tahu bagaimana caranya mengedit video. Lalu-lalu tanya-tanya bagaimana cara mengedit video dari hape. Ada beberapa aplikasi edit video di hape yang direferensikan yaitu filmora. Sayangnya aplikasi filmora di hape tidak sebanyak fitur di laptop. Menurut saya serbatebatas. Ada beberapa edit video juga yang direkomendasikan tapi rata-rata kalau mau banyak fiturnya mesti berbayar.

Saat ini pun, skill edit video saya masih pas-pasan. Belum sekece para youtuber lainnya. Aplikasi yang saat ini saya gunakan untuk edit video yaitu imovie, splice, inshoot, dan videorama. Biasanya mix saja sih, karena setiap aplikasi ada kelebihan dan kekurangannya. Inginnya sih bisa edit video di laptop agar lebih leluasa dan menggunakan fitur-fitur yang lebih kece tapi saat ini saya cukuplah edit dengan aplikasi yang ada di hape.

Pengambilan Gambar

Skill youtube lainnya yang sebaiknya dimiliki oleh seorang youtuber adalah teknik pengambilan gambar agar gambar menarik. Ada video yang menampilkan gambar seorang youtuber duduk di depan kamera. Ada juga video yang menampilkan seorang yotuber sedang meliput kegiatan, merekam tempat wisata, traveling, dan lain-lain. Ada juga seorang youtuber yang membuat video-video prank yang tentunya membutuhkan skill pengambilan gambar dari sudut-sudut yang unik dan menarik.

Public Speaking

Pernah nonton video Suhay Salim? Ya ampun, saya suka banget sama cara dia ngomong di video. Kayaknya nggak bosan deh lihat dia ngomong. Kadang saya suka senyum-senyum sendiri lihat dia ngomong di video. Pokoknya suka banget. Saya sadar diri bangetlah, saya masih belepotan kalau ngomong depan kamera. Jangankan menarik yang ada malah ngebosenin kali ya. Pengen juga sih bisa ngomong menarik depan kamera biar penonton betah nonton video saya. Makanya saya pikir penting sekali untuk mengasah skill public speaking. Pengennya sih bisa kursus public speaking, tapi kayaknya untuk saat ini lebih banyakan ngomel depan anak dari pada ngomong menarik depan kamera.

SEO

Seperti halnya sebuah blog, channel youtube pun perlu dikelola dengan baik agar bisa mendapat perhatian dari pemirsa youtube. Seperti halnya blog yang membutuhkan seo untuk pengoptimasiannya, sebuah video di youtube pun perlu dioptimasi agar bisa sampai ke audiens-nya. Pengennya khan video kita ditonton oleh jutaan penonton dan mendapatkan jam tayang sesuai yang diinginkan. Semakin video kita banyak ditonton mungkin akan berpengaruh pada penghasilan seorang youtuber.

Saat ini, channel youtube saya masih merayap di samudera youtube. Jumlah subscriber masih ratusan, dan hanya dua video yang ditonton sampai ribuan penonton. Oh iya, jumlah video yang saya upload pun masih sedikit. Dengan semangat yang naik turun dan napas yang kembang kempis karena banyaknya β€œgangguan”, saya masih semangat untuk meningkatkan skill yang saya miliki dan memperbaiki semua kekurangan.

Nah itu beberapa skill youtube yang ingin saya asah lebih dalam agar bisa membuat video yang menarik untuk ditonton. Nah, menurut teman-teman, kira-kira skill apalagi nih yang mesti diasah oleh seorang yang ingin jadi youtuber?

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

7 Responses

  1. Marfa says:

    Public speakiiing! Keren kak Rany mah pede bikin channel YT, kalau saya belum berani sih πŸ˜€ tapi dg belajarnya semakin hari di YT, banyak skill yang didapet. Iya nggak sih? Kalau ditelatenin, insha allah banyak pundi2 bakal masuk kan kak? Hehe

  2. Ruli retno says:

    Editing video aku nih yg masih kurang bagus. Mungkin akunya gak telaten ngedit lama2 hahahanharus belajar terus

  3. Kalau aku lemah di editing. Soalnya ketersediaan sarana nya. Ngga punya komputer yang RAM nya gede. Jadi sulit deh buat render

  4. April Hamsa says:

    Aku juga kalau rekam video masih apa adanya mbak alatnya, pakai hape aja, kalau pakai kamera malah ribet. kelemahanku di editing, males haha. Abisnya butuh bnayak waktu dan aku tipe kalau ngedit kudu begini begitu, jd kadang suka bikin video iseng yang tanpa editing aja, walau juaraaang πŸ˜€
    Kyknya jd YTber gak perlu skill gmn2 gtu, cuma butun tekad dan pede πŸ˜€

  5. Waah, membahas YouTube nih. Memanglah, membahas ini sangatlah menarik. Aku juga terpikir untuk menjadi YouTuber, namun sayang masih kurang di editin video. Selain karena kurang telaten, entah kenapa, kurang motivasi aja gitu. Semoga disempatkan. Amin!

  6. Semangat terus pejuang konten. hehehehe. Tetap percaya, nanti suatu saat kerja keras akan membuahkan hasil koq.

  7. lendyagasshi says:

    Kagum sama teteh..
    Semua bisa pakai HP asal rajin dan ada kemauan yaa, teh…
    Jadi…
    Aku perlu ganti HP juga ga niih…?
    Hhhahaa…adaa lagi alesannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *