Jika Aku Menjadi: Mengidentifikasi Anak-Anak dengan Para Sahabat Rasulullah

Banyak hal yang bisa kita teladani dari sifat dan karakter para sahabat Rasulullah. Karakter para sahabat itu tentunya patut dicontoh, baik oleh orang tua maupun anak-anak. Anak-anak yang dalam tahap perkembangannya suka mengimitasi (meniru) dan mengidentifikasi dirinya dengan orang dewasa, tentunya akan baik jika dikenalkan dengan para sahabat yang memiliki sifat-sifat baik.

Pada tahap perkembangan tersebut, anak-anak akan meniru tingkah laku orang dewasa yang ada di sekitarnya. Tentunya, sebagai orang tua, kita berharap anak-anak akan meniru tingkah laku yang positif dan terpuji. Berdasarkan hal tersebut, alangkah baiknya jika pada tahap tersebut dikenalkan sifat-sifat terpuji yang bisa diteladani, salah satunya sifat terpuji para sahabat Rasulullah.

Saya berpikir, sudah banyak buku bacaan yang menceritakan sifat baik para sahabat Rasulullah, baik itu bacaan untuk orang dewasa maupun anak-anak. Lalu, saya berpikir ingin lebih fokus mengenalkan sifat-sifat terpuji tersebut dengan lebih mendekatkan kepada anak-anak. Dengan begitu, diharapkan proses identifikasi anak-anak terhadap para sahabat Rasulullah pun terjadi. Saya pun menulis seri buku anak Jika Aku Menjadi yang tidak bisa dipungkiri terinspirasi dari salah satu acara di stasiun televisi swasta.

Saya memilih sifat-sifat yang menonjol pada diri salah seorang sahabat kemudian sifat tersebut didekatkan pada peristiwa yang biasa terjadi pada kehidupan anak. Dengan begitu, diharapkan anak-anak merasa lebih dekat dengan sifat tersebut. Selain itu, diharapkan anak-anak dapat berkata dengan bangga, Saya memiliki sifat seperti Abu Bakar yang suka bersedekah,.

Seri buku ini terdiri atas 5 judul yaitu Jika Aku Menjadi (Abu Bakar), Jika Aku Menjadi (Umar bin Khattab), Jika Aku Menjadi (Utsman bin Affan), Jika Aku Menjadi (Ali bin Abi Thalib), Jika Aku Menjadi (Umar bin Abdul Aziz).

Oh iya, seri buku ini juga dilengkapi ilustrasi yang keren banget karya Ade Wawa. Waaah, saat buku ini terbit, terkagum-kagum dengan gaya ilustrasinya yang keren banget. Kabar baiknya, Alhamdulillah menurut informasi dari Tim Marketing Sygma, respon masyarakat terhadap serial ini baik. Secara cepat, buku ini bisa diserap masyarakat. Hmmm senangnya, semoga menjadi penyemangat agar tahun ini saya bisa menulis lebih banyak lagi, amiiin..

Spesifikasi buku

Judul: Jika Aku Menjadi Abu Bakar Ash Shiddiq

Penulis: Rani Yulianty

Ilustrator: Ade Wawa

Penerbit: Lima Publishing Group of Sygma

Ukuran: 20,5 x 20,5 cm

Jumlah hlm.: 24

Harga: Rp 19.500,00

 

 

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

2 Responses

  1. ceritanya sangat mendidik, di harapkan semua orang tua wajib memiliki buku ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *