Kini Menghadapi Ujian Bisa Belajar Melalui Situs Online,lho!

ruangguru1

Kini Menghadapi Ujian Bisa Belajar Melalui Situs Online,lho! Masa sih? Itu hal yang pertama kali saya ucapkan saat mendengar metode belajar melalui situs online.  Jujur,  nama Quipper dan Ruangguru masih asing di telinga saya, namun begitu adik ipar saya yang sibuk mempersiapkan UN dan masuk PTN, saya baru mengenal keduanya. Quipper dan Ruangguru merupakan aplikasi pembelajaran untuk membantu parasiwa dalam menghadapi ujian. Saya mengenal keduanya setelah adik ipar saya yang begitu semangat belajar menggunakan salah salah satu dari situs online tersebut. Saya pun jadi tertarik untuk lebih mengenal keduanya. Benarkah situs online belajar dapat membantu siswa lulus ujian dengan nilai yang memuaskan?

Oke, jika mengingat masa lalu, masa-masa saya sibuk mempersiapkan Ujian Nasional. Kalau zaman saya, sekitar 19 tahun yang lalu (umpetin KTP), istilah untuk UN adalah EBTANAS. Siswa-siswi pada zaman itu harus mengerjakan 5 mata pelajaran yang diujikan. Setelah menyelesaikan ujian, siswa-siswi pada zaman itu akan disibukkan dengan bimbel khusus masuk ke perguruan tinggi. Entahlah, zaman itu mungkin persaingan tidak seketat sekarang karena tanpa mengikuti bimbel, beberapa siswa bisa masuk kok ke PTN yang dituju. Bahkan, ada bebeapa jalur PMDK yang memungkinkan siswa bisa masuk PTN tanpa mengikuti UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Itu yang terjadi pada saya.

Beda zaman, beda pula situasi yang terjadi. Persaingan masuk ke PTN semakin ketat sehingga para siswa sepertinya memang wajib mengikuti bimbel agar bisa masuk ke PTN favorit. Lalu, setelah ikut bimbel juga tidak ada jaminan akan diterima di PTN yang dituju. Saya banyak menyaksikan hal seperti itu terjadi. Oleh karenanya, para siswa-siswi yang akan mengikuti UN dan ujian masuk perguruan tinggi memang harus lebih keras berusaha dan lebih kreatif lagi.

sumber:https://ruangguru.com/

sumber:https://ruangguru.com/

Zaman digital memang memudahkan. Sehingga pembekalan materi untuk ujian pun sudah ada dalam bentuk digital. Hadirnya situs online media belajar online membuktikan bahwa internet memang sudah diakses oleh kalangan remaja di dunia, termasuk di Indonesia. Kehadiran situs online media pembelajaran memudahkan siswa-siswi dalam mendapatkan bimbingan pembelajaran untuk mengikuti ujian.

Ada dua situs online media pembelajaran yang populer di kalangan pelajar yaitu Quipper dan Ruangguru. Setelah saya membuka kedua situs online tersebut, saya mendapati ada perbedaan di antara keduanya. Quippper menyajikan tampilan situs online yang clean dengan video pembelajaran sebagai keunggulannya. Quiper juga menyediakan aplikasi yang bisa diunduh di IOS dan android. Fitur lain yang ditawarkan yaitu pengguna bisa mengunduh ringkasan penjelasan topik yang tersedia dalam format PDF.

Screenshot-2017-10-31 Ruangguru

Lalu bagaimana dengan Ruangguru? Situs online yang digawangi oleh Muhammad Iman Rusman ini memiliki layanan yang lebih beragam yang disesuaikan dengan kebutuhan para siswa. Ruangguru menyediakan produk bimbel online semua mata pelajaran yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pelajaran tambahan melalui video. Kelebihan lain Ruangguru adalah menyediakan guru privat yang bisa datang ke rumah. Wah,lebih asyik dong, ya, siswa tidak hanya belajar secara online tapi juga offline sehingga jika banyak hal yang ingin ditanyakan, siswa bisa langsung bertanya saat bertatap muka dengan guru.

sumber: https://ruangguru.com/

sumber: https://ruangguru.com/

Saya pribadi mengapresiasi sekali kehadiran situs online pembelajaran ini karena tentunya sangat membantu para siswa yang sedang kesulitan untuk mengikuti ujian. Kehadiran situs online tentunya membuat waktu lebih efektif dan efisien saat belajar. Oleh karenanya, sebaiknya memilih situs online pembelajaran yang memang menghadirkan fitur lengkap sehingga bisa membantu saat belajar.

Salam hangat.

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

9 Responses

  1. Enak banget ya sekarang, belajar juga udh bisa online jadi gak ada alesan lagi buat males belajar 🙂

  2. putu Ayu says:

    iya betul, belajar n latihan soal bisa online, aku dul pernah bantu temen jd admin situsnya. seruu

  3. utii says:

    ((((EBTANAS))))

  4. Eka says:

    Terima kasih infonya. Bermanfaat buat anak dan ponakan nih.

  5. TRH says:

    Pas mau ujian SBMPTN, bisa chatting langsung ke kakak tutornya. Enaknya Ruangguru gitu kak hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *