Mengenal Corona Virus, Gejala, dan Cara Mencegah Corona

 

Mengenali Corona dan Gejalanya saat ini sangat mudah sekali, karena sudah banyak informasi mengenai virus yang berasal dari Negeri Cina tersebut. Kepanikan terjadi hampir disemua wilayah negeri ini. Tak terkecuali kota-kota kecil dan wilayah penyangganya yang mungkin justru sangat jauh dari ibu kota. Virus Corona menyerang tanpa tebang pilih. Tidak hanya di Indonesia, justru Corona Virus mulai menyebar dan menjangkiti manusia di banyak negara di seluruh Dunia. Mungkin saja, dikarenakan semua orang belum benar-benar mengenal apa itu Corona Virus, atau dalam Bahasa medis saat ini disebut dengan nama COVID-19.

Mengenal Corona Virus

COVID-19 merupakan golongan corona virus yang bisa sangat mematikan jika tidak ditangani dengan serius. Meski bagi sebagian orang penyakit ini bisa dikatakan ringan karena hanya menyebabkan gejala-gejala serupa flu biasa, tapi pada kenyataanya ratusan bahkan ribuan orang meninggal di seluruh dunia ini hanya karena virus ini. Virus Corona ini akan mulai bekerja membangun “Pabrik Virus” pada masa awal dia memasuki tubuh kita.

Penyebarannya bisa melalui udara, sentuhan dan tetesan cairan dari orang ke orang. Bisa melalui cipratan akibat batuk atau flu. Kemudian orang yang tidak sengaja terkontaminasi tidak akan seketika itu juga merasakan perubahan pada tubuhnya. Sebab saat itu Virus Corona hanya sedang melakukan semacam persiapan yang bisa juga disebut masa inkubasi.

Kemudian ia mulai menginfeksi saluran tenggorakan anda dan menciptakan Pabrik Virus yang menciptakan virus-virus corona lain untuk disebarkan lagi melalui batuk si penderita. Sampai di situ, bahkan orang yang sudah terjangkit tidak akan menyadarinya. Namun sebenarnya, ada beberapa gejala yang patut diwaspadai karena bisa jadi ini merupakan gejala corona.

Gejala Corona

Kemudian orang-orang yang sudah terjangkiti virus corona akan mulai merasakan gejala-gejala utama seperti;

1. Demam tinggi

Pada awalanya gejala COVID-19 hanya berupa demam seperti penyakit umumnya. Namun gejalanya akan meningkat seiring waktu. Tubuh yang terinfeksi akan mengalami demam tinggi disertai sakit kepala dan mual-mual.

2. Batuk

Orang yang terinfeksi virus corona juga akan mengalami batuk ringan di awal masa inkubasi virus corona. SetelahVirus membuat pabrik virus di dalam tenggorokan penderita, batuknya akan semakin parah. Dari batuk kering kemudian berubah menjadi batuk berdahak, dengan lendir yang dihasilkan dari matinya sel-sel paru-paru si penderita. 

3. Sesak nafas

Gejala sesak nafas ini berhubungan dengan gejala lainnya yaitu batuk yang disebabkan oleh matinya sel paru-paru karena peradangan yang dibuat oleh virus corona tersebut.

Sekilas gejala di atas tidak beda jauh dengan Flu biasa, padahal jika dibiarkan akan menjadi sangat berbahaya. Pada awalnya Batuk itu hanya akan seperti batuk tak berdahak biasa, kemudian ia berubah menjadi Batuk berdahak dengan lendir yang diperoleh dari jaringan paru-paru yang mati. Kemudian orang yang terjangkiti COVID-19 akan mulai merasakan sesak nafas.

Sebenarnya, tanpa perlu dirawat di rumah sakit, gejala awal ini masih bisa disembuhkan dengan mengisolasi diri secara mandiri kemudian beristirahat cukup untuk mengembalikan imunitas tubuh. Karena saat beristirahat sistem imun akan bekerja melawan virus yang berbahaya bagi tubuh. Dan di fase ini orang-orang yang terjangkit memiliki kemungkinan untuk sembuh.

Namun lebih lanjut lagi, pasien akan mengalami nyeri otot, sakit tenggorokan, diare, pilek, batuk berdahak, sakit kepala, mual-mual dan muntah. Jika sudah seperti ini sistem imun akan bereaksi berlebihan sehingga menimbulkan peradangan yang lebih serius. Dan akhirnya berakhir dengan gejala-gejala yang lebih berat yang bisa menyebabkan kematian.

Pada akhirnya, COVID-19 ini bisa ditekan angka penyebarannya hanya dengan kesadaran masyarakat kita sendiri. Karena menghentikan penyebaran Virus Corona saat ini lebih penting disaat para ahli menciptakan vaksin yang bisa menyembuhkan COVID-19 yang hingga saat ini belum bisa dipastikan kapan akan terwujud. Maka setidaknya mari hentikan penyebarannya, dengan memulainya dari diri sendiri.Kenali virus corona dan gejalanya supaya kita bisa mencegah penyebarannya. Nah berikut cara mencegah corona.

5 Tips Mencegah Corona Virus

Saat ini hampir semua stasiun TV menayangkan berita tentang Virus Corona dan cara mencegah Corona. Tidak ada yang salah dengan semua itu, namun jika dilihat-lihat, kita hanya melihat bagaimana virus itu menyerang, dampak buruk yang ditimbulkan virus corona, banyaknya korban meninggal akibat COVID-19 dan banyak lagi hal tidak enak yang harus kita cerna akhir-akhir ini. Pada akhirnya kepanikan melanda banyak orang. Mungkin termasuk kita diantaranya. Sistem Lock Down yang dilakukan negara-negara lain belum bisa diterapkan sepenuhnya di Indonesia dengan banyak alasan yang mungkin tidak kita pahami.

Lalu bagaimana kita harus menghadapi serangan COVID-19 saat ini. Apakah menunggu para ahli menciptakan vaksin penyembuh COVID-19 yang belum jelas kapan terwujud itu sudah cukup? Berikut ini beberapa tips cara mencegah penyebaran Virus Corona.

Cara Mencegah Corona Virus

1. Biasakan diri mulai saat ini untuk mencuci tangan.

Meski bukan hal baru bagi kita, namun pada kenyataaannya kita sering lupa untuk melakukan hal yang mungkin dianggap sepele ini. Yang jelas jika mencuci tangan adalah hal yang sepele, tidak mungkin hand sanitizer langka di pasaran saat ini. Artinya, semua orang mulai sadar bahwa mencuci tangan merupakan langkah pertama yang bisa dilakukan dalam setidak mengurangi risiko terkena infeksi virus corona ini.

Mulailah membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, atau setelah berjabat tangan dengan orang lain, atau sebelum dan setelah menyentuh benda-benda yang bisa memungkinkan kita terinfeksivirus corona. Cucilah tangan minimal selama 20 detik sebelum dan sesudah kita melakukan sesuatu. Rajin mencuci tangan juga dipercaya mampu membantu menjaga kesehatan tubuh dan menghindarkan dari berbagai penyakit gangguan pencernaan.

2. Gunakan Masker hanya jika diperlukan

Banyak orang yang salah dengan konsep menggunakan masker. Meski tidak sepenuhnya salah. Kepanikan dan ketidak tahuan kita membuat kita menjadi monster jahat yang menghabiskan masker di pasaran hanya untuk kebutuhan pribadi tanpa mempedulikan orang lain. Sebaiknya utamakan anggota keluarga yang sedang sakit atau merasa memerlukan penggunaan masker. Kurangi penggunaan masker pada orang yang sedang fit, kecuali memang diperlukan penggunaannya seperti saat belanja di swalayan untuk menghindari penyebaran dari sumber-sumber yang mungkin tidak bisa kita prediksi.

3. Hindari kontak langsung dengan orang lain

Salah satu penyebab penyebaran Virus Corona adalah sentuhan langsung dari orang ke orang. Bisa melalui jabat tangan, menyentuh bagian tubuh atau pakaian yang terkena cipratan virus corona dan lainnya. Mungkin bagi orang Indonesia menghindari kontak langsung ketika bertemu dengan orang yang kita kenal menjadi sebuah hal yang kurang sopan. Namun untuk saat ini, ketika serangan COVID-19 begitu terasa cepat, tidak ada salahnya untuk memaklumi hal tersebut. Yakinlah bahwa hal ini dilakukan demi kebaikan bersama.

4. Siapkan Sapu tangan bersih, dan tisu kemanapun kita pergi

Sama hal nya dengan mencuci tangan, sapu tangan bersihmungkin bisa jadi alternatif lain untuk menjaga tangan kita tetap bersih. Meskipun tingkat kebersihannya tidak akan setara dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Kemudian gunakan Tisu untuk mengelap atau menghindari risiko terinfeksinya kulit wajah atau anggota tubuh lainnya yang tak terduga ketika kitaberada di luar ruangan.

5. Jangan berlama-lama menyentuh benda di luar yang belum jelas kebersihannya

Tidak semua orang berfikiran sama dengan kita yang sedang menjaga diri dari terkena infeksi COVID-19. Jadi mulailah untuk waspada saat menyentuh benda yang belum kita tahu kebersihannya, seperti uang kembalian, keranjang belanja, kantong belanja dan lainnya yang memungkinkan banyak orang menyentuhnya sebelum kita. Dengan menghindari itu minimal kita bisa mencegah penularannya.

Dan yang terpenting dari itu semua adalah kesadaran diri kitauntuk tetap waspada dan memahami seperti apa Corona Virus itu sebenarnya. Karena dengan mengenal lebih dalam tentang apa COVID-19 setidaknya kita akan tahu hal apa saja yang harus dilakukan untuk menghindarinya. Jadi sudah sejauh mana kita mengenal Virus Corona, gejala, dan cara mencegah Corona?

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

80 Responses

  1. 3835info says:

    terima kasih infonya kak, semoga kita bisa segera terbebas dari pandemi satu ini agar kita bisa melaksanakan kewajiban yang sedikit susah di kerjakan karena di rumah saja.

  2. Erfano says:

    Saya agak sanksi corona di kita bakal cepat berakhir. Tadi saya keluar karena ada hal urgen yang harus dibereskan. Dan, di jalanan menjelang berbuka selitar jam setengah lima, orang2 berkerumun ngabuburit dan beli makanan untuk berbuka. Padahal di tempatky di Bogor sudah diberlakukan PSBB dan beberapa tempat sudah zona merah

    Tapi tetap buat kita ya mbak… Tetap wadpada. Dan ikuti prosedural yang ada.

  3. Ya.. karena Corona ini saya juga makin sadar kebersihan dan sadar kalau kurang bisa masak wkwkke.. gak pinter bikin cemilan buat pasukan hihi

  4. iya saat ini aku coba untuk berprilaku lebih bersih dan mengurangi keluar rumah yang berlebihan juga. semoga ini cepat usai

  5. Mugniar says:

    Katanya virus ini menyebabkan lendir sangat kental ya makanya orang dengan cepat sesak napas. Na’udzubillah. Semoga kita semua terlindungi dari virus Corona ya Mbak

  6. Nunung says:

    Harus sering menjaga kebersihan, sosial distancing dan nggak sering keluar rumah ya Mbak. Sekarang kami sekeluarga jadi lebih sering cuci tangan. Lebih peduli kesehatan.

  7. Sekarang ini masker is the new style ya mba. Sekarang saya kalo gak pake masker, rasanya sama kayak ninggalin hp di rumah. Pasti saya balik lagi buat ngambil dan pakai. Hahahaha.

  8. demia says:

    waa terima kasih infonyaaa, biar nggak simpang siur juga yaa info nyaaa, dalam kondisi seperti ini wajib baget jaga kebersihan

  9. Ida Tahmidah says:

    Semoga wabah ini segera berlalu ya teh dan kebiasaan baik yg mucul saat pandemi menjadi sebuah kebiasaan yg dilakukan istiqomah 😀

  10. Reyne Raea says:

    Setidaknya virus corona ini memang mengajarkan kita tentang hidup lebih bersih ya, sejak adanya virus ini, amazed aja melihat banyak yang rajin cuci tangan, meskipun juga masih banyak juga yang ogah cuci tangan.
    Semoga virusnya cepat berlalu, dan kita tetap istiqomah menjalankan hidup sehat dan banyak good habbit dari adanya virus ini, aamiin 🙂

  11. iidYanie says:

    Mungkin karena cara penyebaran virus corona ini bermacam2 jadinya sulit untuk ditekan penyebarannya, kita harus lebih disiplin lagi buat mencegah virus berbahaya ini ya

  12. Enny says:

    Semoga wabah covid-19 ini cepat berlalu, semua yang sudah tertular bisa cepat pulih. Bagi kita yang masih sehat memang penting untuk selalu menjaga kebersihan diri terutama sehabis beraktifitas di luar rumah.

  13. hani says:

    Yang serem tuh, sekarang ada OTG, orang tanpa gejala. Trus mereka masih gentayangan jalan-jalan kemana-mana. PSBB tadinya kota, diperluas jadi provinsi. Duh…semoga cepat beres deh…

  14. Triani Retno says:

    Tapi ironisnya Teh, ada yang secara lisan fasih bilang kalo corona itu berbahaya, mesti social distancing, dsb….tapi perilakunya nggak menunjukkan itu. Tetap bepergian tanpa alasan urgen. Tetap nggak pakai masker. Tetap bertamu dan ngumpul-ngumpul….

  15. Perlu banget mengenal virus corona ini agar kita tahu bagaimana cara menghindarinya. Makasih banyak mbak, artikelnya bermanfaat banget.

  16. Lidia says:

    Ini selalu disosialisasikan dimana-mana dan memang menjadi hal ringan namun penting banget. Dulu saya suka sembarangan kalau makanan jatuh di meja sekarang jadi berusaha lebih bersih lagi. Gejala corona sangat ringan di awal-awal ya k. Namun menyeramkan apabila sudah gawat. Semoga corona segera berlalu aamiin

  17. Joko Yugiyanto says:

    Ngeri kali ini virus y bs nyebar ke 207 negara n hingga kini blm ketemu anti virus yg efektif. Semoga segera ditemukan n kita bs jln2 lagi

  18. YSalma says:

    Pemahaman tentang virus corona dan cara proteksi diri yang dapat dilakukan, perlu diketahui ya.
    Kalau untuk penggunaan masker, yang sehat sebaiknya tetap menggunakan masker kain yang bisa dicuci dan pakai berulang. Masker kesehatan biarkan untuk tenaga medis yg ada di garda depan.
    Semoga wabah ini cepat berakhir ya.

    • YSalma says:

      Dengan adanya wabah ini, kita jadi lebih menjaga kebersihan, peduli asupan makanan untuk meningkatkan daya tubuh, dan lebih peduli dengan ‘alarm’ yang diberikan tubuh . Sehat-sehat terus kita semua.

  19. Masih banyak yg belum paham bener tentang Corona ini, dan banyak pula yang berti tapi abai jaga kesehatan.
    Semoga kita bisa saling support ya agar bisa memutus persebaran Corona ini.

  20. Lidia says:

    Gejala dari virus corona ini memang sangat ringan ya mb awalnya. Seperti flu biasa. Dan sejak adanya wabah ini saya jadi lebih menjaga kebersihan banget terutama cuci tangan setiap memegang yang kira-kira kurang bersih.

  21. Semoga masyarakat bisa disiplin dan patuh untuk ttp di rumah aja. Supaya bs meminimalisir penyebaran virus sehingga wabah bisa segera berakhir. Harus lebih menjaga kebersihan diri jg. Kalau kitanya abai, yg jadi korban bukan cuma diri sendiri tp jg orang lain.

  22. Mechta says:

    Kabarnya skg gejala Corona tdk hanya 3 itu saja karena sdh berkembang? Ah, banyak jg info sliwar-sliwer bikin bingung..hehe..

  23. Kita perlu waspada dan tetap selalu menjaga kebersihan. Aku sekarang kalau keluar rumah tetap pakai masker kain. Buat jaga-jaga ya. Semoga yang sakit segera sehat kembali

  24. Sekarang jadi parno dengan gejala2 mirip corona. Jadi takut saat beraktifitas di luar rumah takut bersentuhan, takut tertular takut terpapar. Yg bisa dilakukan adalah memproteksi diri sesuai SOP. Kalo keluar rumah harus pakai masker..

  25. Lusi says:

    Wah ini Indogrosir dekat rumah lagi jadi berita karena jadi klaster baru. Karyawannya sudah rapid test semua. Minggu depan giliran pengunjung harus rapid test. Semoga tidak menyebar.

  26. Virus Corona ini memang sangat susah ya, Mbak. karena dia justru tidak melayang di udara, tapi menempel di benda-benda. Makanya ada anak balita yang terkena corona, dari pakainan ayahnya yang bekerja sebagai tenaga medis.
    Makanya kita harus benar-benar menjaga kebersihan diri, pakaian dan termasuk rumah juga. Mengikuti anjuran pemerintah agar di rumah saja, tidak bepergian kecuali ada hal penting. Semoga Corona ini segera berakhir. Aamin.

  27. Tisu basah nih yang sering kelupaan kubawa. Aku seringnya bawa hand sanitizer aja. Kita masih harus waspada menghadapi virus Corona ini ya.

  28. indah nuria says:

    betel bangeet mba..sekarang kita ngga boleh sembarangan yaaa..soalya we never know here the virus is. Stay safe and healthy!

  29. lendyagasshi says:

    Serem sekali kalau mambaca tentang Corona ini yaa, teh..
    Karena asymptom tapi sekalinya sakit, cepet banget menyerang organ tertentu.

  30. Pertama corona merebak, langsung cari tahu, meski sayang banya informasi yang tak bisa dipertanggungajawabkan. Dan makin ke sini makin sadar diri, setuju, mesti ada kesadaran diri untuk tetap waspada dan memahami seperti apa Corona Virus itu sebenarnya. Karena dengan mengenal lebih dalam tentang apa COVID-19 setidaknya kita akan tahu hal apa saja yang harus dilakukan untuk menghindarinya. Tetep semangat dan semoga kita selalu sehat.

  31. Makasi banyak informasinya seputar corona Mba, lengkap banget pembahasannya. Semoga kita semua sehat dan terjaga dari corona ya

  32. Nurhilmiyah says:

    Semoga Allah musnahkan Corona ini dari muka bumi ya Mbak Rani… kasian saudara2 kita yg pendapatannya harian, musti stop berjualan ga ada pemasukan ya

  33. Aluna kenzio says:

    Salah satunya yaitu mengurangi keluar rumah mencuci tangan dan jangan lupa memakai masker kain, dan semoga virus Corona ini cepet berakhir dan kita semua terlindungi dari bahaya corona

  34. Aluna kenzio says:

    semoga wabah corona ini cepat berlalu dan kita semua terlindungi dari bahaya nya korona dan juga kita selalu rajin cuci tangan yang memakai masker kaindan kalau enggak penting-penting banget nggak usah keluar

  35. kalau misalnya kita tahu siapa yang mau dihadapi paling ngga kita tahu apa yang harus dilakukan. Corono atau covid 19 ini membuat kita harus waspada dan memprsiapkan diri sendiri biat tahu bagaimana menghindarinya dan jangan panik yaaa

  36. virus ini bener2 mengubah gaya hidup banyak orang ya mbak. ya ada sisi positifnya jadi sekarang semua orang terbiasa dengan gaya hidup sehat. semoga aja kita selalu sehat ya dan terhindar dari virus ini aamiin

  37. Auda says:

    Yang pasti, aku gak mau berinteraksi secara dekat dengan orang-orang di masa pandemi ini. Seram sekali. Jaga diri aja pastinya.

  38. Dian says:

    Sebenarnya menghadapi corona ini simple
    Cukup dgn melakukakan phbs (perilaku hidup bersih dan sehat)

  39. Samleinad says:

    Ngga krasa udah 2 bulan di rumah saja karena pandemi ini. Dan jumlah positif makin bertambah terus, kapan berakhir ya

  40. Wow, nambah pengetahuan lagi nih. Karena sekarang semakin peduli dengan kesehatan dan kebersihan, sering baca2 artikel tentang virus dan bagaimana cara pencegahannya. Thanks sudah sharing ya kak 😀

  41. nilai plusnya pandemi ini adalah jadi lebih aware sama kebersihan ya teh 🙂 selain itu jadi banyak kebiasaan baik yang dulu jarang di praktekan

  42. gejala-gejala virus corona ini juga ada pada penyakit lainnya ya, makanya perlu banget langsung ke rumah sakit biar bisa ditangani dengan baik

  43. Demia says:

    waaa terima kasih untuk sharingnya yaaa, virus corona ini emang harus baget di kenali mulai dari pencegahan hingga gejalanya yaa hihi

  44. Hadi says:

    Benar nih. Jangan lupa untuk tidak keluyuran kalau gak begitu penting, kalau terpaksa pergi pakai masker dan rajin cuci tangan. Semoga kita semua terhindar dari corona. Aamiin

  45. Mutiara Sy says:

    Lebih baik mencegah corona dan tingkatkan perilaku hidup bersih, daripada udah terpapar. Soalnya ribet dan bisa mudah menularkan ke orang lain. Aku dan keluarga sudah menerapkan 5 poin di atas untuk mencegah terpapar virus ini. Semoga benar-benar bisa mencegah terpapar, Aamiin.

  46. Cilya says:

    Corona atau Covid-19 itu memang kasat mata tapi akibatnya bisa mematikan. Semoga segera ditemukan vaksin nya

  47. Semenjak tau di Indonesia dan khususnya di Jakarta ada pasien Covid-19 langsung deh mulai mengubah gaya hidup. Yang biasanya gak terlalu panik, eh sekarang tuh kayak wajib banget deh menjaga kebersihan dan pola makan. Apalagi kalau habis dari luar, kalau dulu boro-boro langsung mandi, sekarang WAJIB langsung mandi.

  48. Deny Irwanto says:

    kadang susahnya itu mengenalkan ke masyarakat penyebaran covidnya mb, sudah diumumkan kalo penyebaran paling rentang lewat droplet (percikan cairan) tapi masih ada banyak warga sekitar terlalu abai dengan penggunaan masker dan cuci tangan. padahal mnurutku keduanya langkah paling ampuh utk mencegah tertularnya corona.

  49. Mei says:

    point 4 membawa tisu atau sapu tangan ini bukan kebiasaan aku banget, jadi sekarang pas ada kejadian begini sering lupa-lupa gitu untuk selalu membawanya

  50. Yang pasti sejak marak wabah corona, saya jadi lebih OCD deh. Dikit2 cuci tangan, hanf sanitizer, barang belanjaan dicuciin

  51. Semoga vaksin dari covid19 ini cepat ditemukan ya Mbak, dan kita bisa hidup normal kembali. Jujur ku sudah bosan #dirumahaja

  52. Suzannita says:

    Semoga corona ini segera berlalu ya biar bisa beraktivitas dengan normal lagi, semoga kita sehat selalu ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *