Mengenal Youtuber Cilik ‘Aisyah Hanifah’

 

“Bunda, itu gamenya bagus, ya, Fathan mau coba,” pinta Fathan saat menonton video tentang Game Panda Mailman di channel Youtubenya.

“Itu khan doh, Fathan juga suka main,” ucapnya saat nonton video dengan judul Mainan Anak – Fun Doh Extruder.

 

Itu buat apaan, Bunda?” tanya Fathan saat menonton video DIY Slime.

 

Akhir-akhir ini Fathan memang lagi suka nonton video Youtube. Pada awalnya saya ragu membiarkan nonton video di Youtube. Saya khawatir dengan konten-kontennya yang mungkin kurang cocok untuk anak-anak, terutama balita seperti Fathan. Namun, rasa ingin tahu Fathan sangat tinggi. Saya pun tidak bisa begitu ketat melarang Fathan memegang dawai, lha wong dia lihat emak bapaknya tiap hari pegang ponsel pintar. Ya sudahlah, akhirnya saya membiarkan Fathan menonton video di Youtube, tentunya dengan pengawasan dari saya. Saya usahakan saya yang mencarikan video untuk Fathan.

Fathan sedang anteng nonton video di youtube

Fathan sedang anteng nonton video di youtube

Salah satu channel Youtube yang sering dikunjungi yaitu channel-nya Aisyah Hanifah. Waah, saya sendiri takjub dengan kepiawaan gadis mungil dan cantik ini membawakan acara di videonya. Aisyah Hanifah namanya, masih kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah di Jakarta. Namun, dia memiliki kreativitas yang luar biasa dan talentanya di bidang public speaking sangat bagus. Walaupun masih kecil, Aisyah dapat membawakan acara dalam videonya dengan sangat baik. Aisyah pun dengan apik selalu menjelaskan spesifikasi mainan tersebut, untuk usia berapa, dan keterangan lainnya. Aisyah juga rajin lho menjawab komen dari para penonton videonya. Fathan pun betah mantengin video Aisyah Hanifah.

Sebenarnya ada beberapa video sejenis tapi masih kebanyakan berbahasa Inggris dan yang membawakannya bukan anak-anak. Sehingga Fathan tidak begitu suka. Sementara video Aisyah Hanifah ini dibawakan dengan cara yang menyenangkan dan khas anak-anak sehingga memang cocok untuk Fathan. Lalu saya pun penasaran dengan siapakah Aisyah Hanifah dan bagaimana proses produksi video-nya yang terhitung sudah 80an video tayang di Youtube. Wuiihh, keren yaaah, anak sekecil ini sudah sangat kreatif dan banyak membuat karya. Saking penasarannya dengan sosok Aisyah, saya pun melakukan wawancara dengannya.

Aisyah yang cantik dan berhijab ini dengan lancar menjelaskan awal mulanya ide pembuatan video Youtubenya. Awalnya itu karena Aisyah sering menonton video review mainan di Youtube. Akan tetapi kebanyakan video itu berasal dari luar negeri, seperti Amerika, Jepang, dan beberapa negara lainnya. Lalu, Aisyah memberitahu abinya tentang ide membuat video serupa. Aisyah tahu bahwa alat pendukung dan kreativitas abi serta kakak-kakaknya sangat memungkinkan membuat video. Anak bungsu dari empat bersaudara ini sudah sering melihat kreativitas kakak-kakaknya dalam membuat karya video. Lalu, ummi Aisyah pun sangat mendukung dengan membelikan mainan Lego yang menjadi mainan pertama yang Aisyah review di video Youtube-nya. Video pertamanya tersebut tayang di Youtube pada bulan Mei 2015 lalu.

Pada awalnya konsep video Youtube Aisyah yaitu review mainan. Namun, kemudian berkembang dengan beberapa variasi yaitu review game, vlog, dan video tentang cara membuat sesuatu (DIY). Buat para pelanggan channel-nya Aisyah sudah hapal bahwa Aisyah dan tim melakukan posting video dengan jadwal rutin dua kali dalam sepekan yaitu setiap hari Senin dan Kamis pukul 6.00 pagi.

Fathan sangat suka dengan video game karena memang cara penyajian videonya unik sekali. Tampak Aisyah memegang gawai sementara di belakangnya gambar game sedang dimainkan. Entah bagaimana cara membuatnya, yang jelas Fathan suka video ini. Ternyata penggemar video tentang game bukan hanya Fathan tetapi banyak pelanggan channel Aisyah lainnya. Video tentang game ini berada di urutan kedua setelah Video DIY Slime sebagai video yang paling banyak ditonton. Untuk video Slime pada hari pertama tayang sudah ditonton oleh 20.000 kali. Rata-rata setiap video baru ditonton 5.000 kali pada hari pertamanya.

Aisyah Hanifah, kecil-kecil udah jadi Youtuber

Aisyah Hanifah, kecil-kecil udah jadi Youtuber

Aisyah yang bercita-cita sebagai desainer pakaian, chef, dan ustadzah ini selalu dilibatkan dalam proses produksi. Bahkan tidak jarang idenya berasal dari Aisyah. Lalu, kakak-kakaknya, Abi, dan Ummi akan merealisasikan ide Aisyah dalam bentuk video. Tim yang sangat kompak, ya. Di usianya yang masih muda ini, Aisyah memiliki visi yang bagus, lho. Aisyah ingin videonya ini memberikan manfaat kepada orang banyak. Aisyah juga ingin  video-nya sebagai alternatif tontonan di Youtube yang selama ini didominasi oleh video dari luar negeri. Selain itu, bakat Aisyah di bidang public speaking dan story telling semakin terasah.

Oh iya, walaupun rajin membuat video, pelajaran Aisyah sama sekali tidak terganggu, lho. Bahkan, Aisyah juga selalu berprestasi di sekolahnya. Aisyah juga selalu rendah hati walaupun sudah menjadi seorang Youtuber yang video-nya banyak dicari orang. Buktinya, pada mulanya banyak teman sekolah dan teman lesnya yang tidak menyadari bahwa Aisyah lah yang ada di video Youtube. Barulah teman-temannya ngeh kalau itu adalah Aisyah.

Jujur, saya sendiri sangat kagum dengan gadis multitalenta ini. Di usianya yang masih muda, Aisyah sudah banyak membuat karya. Bahkan, karya-karyanya itu sudah dinikmati oleh banyak anak-anak di Indonesia, bahkan di mancanegara. Penonton video youtube Aisyah bukan hanya di Indonesia, lho, tapi juga ada dari Amerika.  Hal itu dikarenakan, beberapa video Aisyah sudah ada yang ditambahkan subtitle bahasa Inggris. Hal ini tidak luput dari kerja sama yang solid Aisyah dengan kakak-kakaknya. Sang kakaklah yang membuat terjemahan dalam bahasa Inggris dan menempatkannya sebagai subtittle.

Di tengah maraknya video review mainan di Youtube, saya  bangga dengan Aisyah yang sudah bisa membuat karya asli Indonesia. Video Aisyah Hanifah sangat cocok ditonton oleh anak-anak karena isinya yang menarik namun bermuatan positif. Berkarya terus ya, Aisyah dengan konten-konten positif dalam karya videonya.

Ini dia video favorit Fathan,

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

22 Responses

  1. Susanti Dewi says:

    hebat ya Aisyah. Jadi penasaran pengen liat 🙂

  2. Adriana Dian says:

    Waaah aku baru denger nih nama youtuber cilik ini. Kalo anakku suaknya review di evantubehd mak, hihi. Ternyata ada youtuber cilik dr indonesia yg oke juga yaa. Ntar langsung aku ceki-ceki ah> Makasi sharingnya Maaak.

  3. damarojat says:

    lihat ah. anak saya yang sulung juga sukanya nonton video. tfs mbak.

  4. Mbaa.. anakku juga suka sama youtuber aisyah hanifah ini juga. Aku juga suka melihatnya. Keren keren ya videonya

  5. Jarhie says:

    Sempet liat ini maaaah emang keren

  6. tehh ini anaknya pak ferry ardian kan ya? waah subhanallah kereen

  7. Ratusya says:

    Berarti aisyah ini semacam vlog ya mbak?
    Keren jg sih idenya, orisinal!

  8. Zubaidah says:

    Iya mba, aku juga suka bgt dg videonya. Apalagi sya sbg Ibu RT bsa ikut belajar cara membuat aneka mainan spt slim, play dough yg dibawakanny, detail penjelasanx. Bener2 tontonan edukatif deh… trus berkarya ya Aisyah…

  9. Nunu Amir says:

    Subhanallah… Aisyah keren ^^n

  10. Tika says:

    Hai kak rani slm kenal, kenalkan saya tika, kami buat channel youtube jg.. Namanya Almer Go http://www.youtube.com/AlmerGo Siapa tau fathan suka
    Video videonya khusus anak dan keluarga.. Smg channel kami bisa sesukses aisyah yaa.. Amiin..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *