Menghasilkan Uang dari Internet

Menghasilkan Uang dari Internet, Kenapa Tidak? Tidak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa blog bisa menjadi salah sayu alternatif mata pencaharian karena bisa menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari internet. Awal ngeblog hanya ingin menyalurkan hasrat menulis melalui flatform pribadi. Maklumlah, zaman dulu kalau mau tulisan dimuat di media offline itu cukup sulit. Akhirnya, sebagai latihan menulis, mulailah menulis di blog. Tulisan di blog pun sederhana dan tidak menambahkan gambar sebagai visualisasi tulisan.

Lalu, saya pun meniatkan diri untuk lebih rutin sehingga meniatkan diri sewa Hosting Murah seperti di Qword, dengan tujuan agar motivasi menulis lebih kuat. Kenapa? Sayang saja kalau sudah sewa hosting tapi menulis blognya malas-malasan. Ternyataaa… perkembangan dunia bloging makin pesat. Seiring berjalannya waktu, blog bisa menjadi salah satu channel untuk menghasilkan uang dari internet. Dengan modal rutin menulis di blog hingga lambat laun, artikel di blog dilirik oleh mesin pencari google dan imbasnya lagi dicari brand yang ingin memberi kepercayaan kepada pemilik blog untuk menulis ulasan produk di blog tersebut. Tentu saja, pemilik blog akan mendapat bayaran sesuai kesepakatan dengan pihak brand dan performa blog tersebut.

Seiring berjalannya waktu, tidak hanya blog yang bisa menjadi alat untuk menghasilkan uang dari internet. Beberapa media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan youtube pun sudah terbukti menjadi alat untuk mendapatkan penghasilan. Bahkan banyak influencer yang menghasilkan uang berlimpah dari media sosial.

Tahun 2013, saya pernah bergabung dengan bisnis multilevel marketing yang bermigrwsi dari sistem offline ke online. Saya belajar cukup banyak di sana, bagaimana cara mengelola website sehingga bisa menjaring pembeli produk, menggunakan media sosial sebagai sarana promosi, dan lain-lain. Internet benar-benar jadi terobosam baru dalam sistem marketing saat itu. Yang awalnya bisnis dilakukan dengan cara offline, door to door menawarkan produk, melakukan demo produk, membagikan flyer dan katalog menjadi lebih ringkas dan efisien dengan menggunakan internet. Saya cukup menggunakan smartphone untuk melakukan semua kegiatan marketing, seperti menyebarkan katalog, melakukan promosi di website dan media sosial, hingga melakukan transaksi pemesanan barang. Saya tidak perlu keluar rumah menawarkan produk secara door to door. Cukup membuka media sosial, berinteraksi dengan calon pelanggan, menawarkan produk, hingga terjadi transaksi.

Internet memang sudah membuat sesuatu yang dulu tidak mungkin menjadi mungkin. Dulu tidak terbayangkan bisa belanja baju, atau bahkan berjualan tanpa punya toko dan gudang. Dengan internet, siapa saja bisa berjualan tanpa harus punya toko offline dan gudang penyimpanan barang. Dulu tidak pernah terbayangkan bisa dijemput dari depan rumah jika ingin bepergian dengan kendaraan umum, sekarang kita bisa duduk manis menunggu jemputan dan para driver online siap mengantar ke mana pun tujuan kita.

Jangan lupa, ada salah satu flatform media sosial yang sedang hits saat ini dan bisa menghasilkan banyak uang dari internet yaitu youtube dan instagram. Para youtuber dan selebgram membuat konten-konten video dan foto yang menarik minat subscriber dan follower sehingga menjadi influencer. Para youtuber membuat konten video yang kreatif sehingga memiliki ribuan bahkan jutaan subscriber. Dengan subscriber yang banyak membuat videonya banyak ditonton dan tenju saja bisa didaftarkan untuk mendapatkan iklan. Penghasilan dari iklan tersebut bisa sangat fantastis jumlahnya sesuai dengan jumlah subscriber. Begitu pula dengan selebgram yang membuat foto dan video review produk dari brand sehingga mendapat bayaran fantastis dari brand karena sudah membuat para followenya tertarik untuk menggunakan produk yang direview oleh selebgram.

Beberapa kunci untuk bisa menghasilkan uang dari internet yaitu di antaranya:
1. Konsisten membuat konten kreatif. Apa pun flatform yang digunakan, baik itu blog, facebook, youtube, twitter, dan instagram, diperlukan kekonsistenan untuk membuat konten secara rutin. Dengan rutinnya membuat konten pastinya akan membuat kaya dengan konten dan menghasilkan minat dari netizen untuk menjadi pengikut. Apalagi jika konten yang dibuat itu menarik dan sesuai dengan minat para followernya.
2. Kreativitas. Di era persaingan yang semakin ketat ini, kreativitas sangatlah diperlukan untuk bisa membuat siapa pun tertarik. Konten yang kreatif tentunya akan membuat para pengikut suka apalagi jika konten yang disajikan memiliki ciri khas tapi tidak monoton.
3. Jujur menjadi diri sendiri. Para konten kreator biasanya disukai karena memiliki karakter yang unik dan apa adanya. Bahkan dengan jujur menjadi diri sendiri akan menghasilkan orisinalitas pribadi dan konten yang unik. Tidak dibuat-buat.
4. Unik. Seseorang yang memiliki ciri khas dan berbeda dari orang lain biasanya mampu membuat konten yang unik juga. Bahkan konten yang unik bisa jadi tren dan membuat pertambajan follower (instagram)), subscriber (youtube), visitor (blog) signifikan dan berimbas pada penghasilan yang lumayan.
5. Skill. Walaubagaimana pun, dunia internet berhubungan dengan persoalan teknis, apa pun itu flatformnya, baik blog, youtube, maupun instagram. Oleh karenanya tetap dibutuhkan peningkatan skill agar bisa tetap bertahan dan bersaing di dunia internet. Oleh karenanya jangan malas untuk terus belajar dan meningkatkan skill apabila ingin menghasilkan uang dari internet.

Oke, kayaknya teman-teman semua lebih jago lagi dalam urusan menghasilkan uang dari internet. Ada yang punya pengalaman seru dengan tema ini, yuk bisa berbagi di kolom komentar.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

23 Responses

  1. marfa says:

    Asli, setuju banget dengan kelima-lima poin di atas kak. Kalau passionate emang kudu diseriusin dan hasilnya akan bisa kita petik di kemudian nanti dan menemukan hal-hal baru yang nggak kita duga. Abis baca ini jadi makin semangat bikin konten yang berkualitas biar uang yang didapat juga dar hasil yang berkualitas juga. Hihi

  2. Kalau memang sudah ada kemampuan dan memang suka kenapa ngga dijabanin. Internet memang memudah kan semua orang, mulai dari membuka pasar sampai mendapat rekan bisini. Bahkan bisa jadi ajang untuk penelitian dan ide bisnis. Diriku sudah merasakan uang dari internet. Bahagia sekali

  3. lendyagasshi says:

    Teteeh…
    Iya banget yaa..

    Kalau mau disebut content writer, mesti banyak berinovasi dan jangan pernah berhenti berkarya.

    • lendyagasshi says:

      Teh…mau nanya doonk…
      Kalau tulisan curhat gitu…bisa disebut konten jujur atau gimana, teh?
      Aku kadang pengin banget nulis tentang sesuatu yang sedang viral, sekedar mengeluarkan uneg-uneg. Tapi kok urung yaa…
      Banyak hal yang aku pertimbangkan.

  4. Di era industri 4.0 gini, bisnis di internet adalah sebuah keniscayaan. Dan belajar ilmu digital marketing sudah jadi keharusan

  5. Senang sekali ya, Tej. Kita bisa menjadi bagian yang bisa menghasilkan pundi-pundi dari internet.
    Dan memang benar, untuk bisa bertahan dan berhasil di dunia internet, kita harus kreatif, konsisten, bisa buat sesuatu yang unik, jujur dan punya keahlian.

  6. Eko Prasetyo says:

    Asal ada niat dan usaha semuanya sudah dipermudah lewat internet,, saya sudah merasakan uang dari internet nikmat luar biasa..

  7. Susindra says:

    Wah, makasih tips mendapathan uanng di internet ini Mbak. Saya butuh, nih. Belum maksimal saya mencari uang di internet.

  8. Di Instagram, terasa banget bagaimana mendapatkan uang dari endorse, sekedar posting foto atau video bisa dapatkan 150.000 sampai 500.000 tapi tentu saja tidak sembarang produk yang saya ambil, karena ada pertanggungjawaban secara moral dan agama yang harus kita perhatikan.

  9. Kang Alee says:

    Tipsnya cadas banget neh, apa lagi tips yang pertama dan ini yang paling utama menurut saya. Kebayang kan, kalau market udah diraih tapi nggak dirawat sama konten-konten yang kreatif, bisa ambyar

  10. Widya Lim says:

    kalau kreatif, jujur aja aku anaknya kurang kreatif wkwkwk.. aku lebih mengandalkan keunikan (terutama di IG) dan menjadi diri sendiri XD Alhamdulillah bisa sedikit demi sedikit jajan dari hasil main internet hihii

  11. Dulu nggak ngira banget bisa hasilkan uang dari internet mba. Dan skrang alhamdulillah dapat berkahnya dari ngeblog

  12. Mellisa says:

    Aku setuju sama bagian harus jadi diri sendiri. Kalau kebanyakan gimmick juga ga baik, malah jadinya ngebosenin banget.

  13. Tori says:

    Bner bgt nih skrg bnyk konten kreator yg bgus dan kreatif, jadi PR besar bgt buat ku biar lebih berusaha biar ig dan blog ku lebih menarik lg

  14. Indah Nuria says:

    Konsistensi itu yang perlu dijagaaa ya mba.. aku masih menikmati blog traditionally.. untuk mencatat perjalanan hidup. Alhamdulillaaaah menghasilkan juga walaupun aku ngga ngoyo bangeet

  15. Konsisten ini yang susah buat aku mbaak hehehe. Kadang banyak ide, tapi ya gtu, waktu untuk nulis cantik ga cukup. Si bocah pengennya ditemenin aja hahaha.

  16. April Hamsa says:

    Wah kiya nih apalagi algoritma Google selalu berubah sedih pas artikelnya nyungsep ke page berapa google gtu. Kudu makin konsisten bikin konten sekreatif mungkin yang juga banyak dicari org kayknya yaaa

  17. Enychan says:

    Setuju banget karena skill itu yang utama serta ciri khas org itu beda2 semua dong. Itu lah yang bikin branding tiap org kan

  18. Membranding diri dengan suatu keunikan bisa jadi aset tersendiri ya mba. Orang bakalan keingetan kita kalau kita punya ciri khas tersendiri, terus nyariin konten yang kita buat.

  19. ivonie says:

    dulu saya ngeblog ya sekedar buat menulis curhatan, tapi sekarang bisa menghasilkan uang kalau dimanage dengan baik salah satunya dengan domain sendiri ya

  20. Demia Kamil says:

    jaman sekarang internet itu banyak banget ngebantu yaa, semuanya jadi serba praktis dan gampang, termasuk bisa mnghasilkan uang juga ya hihihi

  21. Irra says:

    Tipsnya ini cocok banget nih buat aku yang susah kerja di luar karena punya anak bayi. Kerja dari rumah juga gak masalah ya asal bisa kreatif dan inovatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *