Meningkatkan Traffic Ke Website, Susah? Ini Dia Caranya

Meningkatkan Traffic Ke Website, Susah? Ini Dia Caranya. Tumben banget nih saya nulis tema beginian. Bukan ranah saya bangetlah, soalnya sama sekali nggak ahli. Tapi ya sebagai buibuk barisan yang ngaku sebagai narablog, saya pengen juga dong kalau blog yang saya rintis sambil ngulek sambel ini didatangi pengunjung, dikomentari, dan kalau bisa jadi ladang uang. Hadeuuh ngayal banget khan, ya.

Kenapa saya menulis tentang meningkatkan traffic ke website? Hal ini karena kegalauan saya yang rasanya sudah lama nulis di blog tapi traffic masih segitu-gitu aja. Apalagi kalau ada tawaran job yang syaratnya minimal berapa ribu gitu, suka langsung melipirlah makmak kudet. Tapi pengen juga dong, blog ini dikunjungi puluhan ribu pengunjung kayak blognya rangorang. Apalagi lihat blognya adik yang hampir seratus ribuan pengunjungnya. Bener-bener bikin ngeceslah.

Selalu ada jalan bagi yang ingin berusaha. Syaratnya mau meluangkan waktu untuk belajar dan praktik. Menunda kesenangan menonton drama korea, biar traffic bisa naik. Mulailah cari cara dan coba praktekkan. Ternyata banyak cara menaikkan traffic website di internet. Ada beberapa cara yang akan saya share, tidak semua berhasil saya praktekkan tapi semoga bermanfaat buat teman-teman narablog yang ingin traffic websitenya naik.

Melakukan Riset Keyword

Awalnya saya menulis blog sebagai wadah curcol. Lama-kelamaan, blog bisa menghasilkan rupiah. Sehingga cara menulis pun mesti lebih diperhatikan, salah satunya menulis artikel dengan menggunakan keyword. Bukan asal keyword tapi keyword yang pasti dicari karena berdasarkan hasil riset. Dengan melakukan riset keyword, kita bisa menemukan keyword yang tepat dan banyak dicari.

Membuat Longtail Keyword
Ada dua jenis keyword yaitu short tail keyword dan longtail keyword. Short tail keyword terdiri dari satu sampai dua kata kunci, memiliki kecenderungan volume pencarian tinggi tapi tingkat persaingannya sangat tinggi sehingga sulit bersaing karena hampir semua website menargetkannya. Oleh karena, bisa dilakukan dengab membuat longtail keyword yang terdiri dari lebih tiga kata, volume pencariannya lebih rendah tapi persaingannya pun rendah jadi kita punya lebih banyak peluang target.

Artikel Lengkap dan Padat

Mesin pencari google menyukai artikel yang lengkap, runut, dan padat informasinya. Artikel yang lengkap, runut, dan padat tidak hanya disukai mesin pencari google tapi juga oleh pembaca manusia. Bukankah kita akan senang jika menemukan artikel yang lengkap topik bahasannya, bahasanya enak dibaca, runut, dan mudah dipahami.

Membuat Judul yang Menarik

Apa yang membuatmu tertarik membaca sebuah artikel? Tentunya judul yang menarik dan mengundang rasa penasaran. Ada beberapa cara agar judul artikel menarik di antaranya menggunakan angka dan list. Pembaca sangat menyukai judul dengan angka dan list, misaonya 7 Cara Menemukan Ide Kreatif. Tulis judul dengan jelas sehingga pembaca tahu apa isi bacaan. Tidak masalah membuat judul “clickbite” asalkan isi artikel masih relevan dengan judul artikel.

Tambahkan Visual
Konten blog tidak hanya tulisan tapi juga visual yang bisa membantu tulisan lebih hidup dengan hadirnya ilustrasi visual. Bisa tambahkan foto yang menarik, infografis, dan visual gambar yang sesuai. Foto visual yang menarik juga membuat pembaca jadi lebih faham tentang isi tulisan. Misalnya, artikel berisi review tentang penggunaan skincare. Sertakan visual foto skincare yang dipakai dengan kualitas yang bagus sehingga pembaca lebih tahu tentang produk tersebut.

Tambahkan Video Pada Artikel
Awalnya saya membuat video review skincare di youtube untuk melengkapi artikel karena tidak semua orang suka membaca artikel yang panjang, ada juga orang yang lebih suka menonton video. Ternyata cara ini cukup berhasil membuat pengunjung betah berlama-lama berada di website. Selain itu, ada keuntungan lain yaitu bertambahnya subscriber. Jadi antara artikel dan embed video bisa jadi simbiosis mutualisme yang bagus untuk website kita.

Meningkatkan Kecepatan Website

Apa perasaanmu saat membuka sebuah website yang lama sekali loadingnya? Pasti kesal khan dan segera meninggalkan halaman website tersebut. Oleh karenanya kecepatan website sangat penting agar pengunjung website betah berlama-lama. Saya pernah mengalami website saya loadingnya lama sekali. Saya sampai kesal dan bingung karena hal itu memengaruhi perfoma website saya. Lalu saya mengganti hosting dan menggunakan hosting Indonesia terbaik Qwords yang sudah terkenal. Alhamdulillah, setelah ganti hosting, website saya pun lebih lancar dibuka.

Website Responsif untuk Perangkat Mobile

Saat ini, pengguna internet banyak yang menggunakan smartphone untuk membuka website. Perangkat mobile dirasa lebih ringkas dan praktis untuk berselancar di dunia maya. Oleh karenanya, website kita sebaiknya mobile friendly dan responsif untuk pengguna perangkat mobile seperti smartphone.

Memanfaatkan Internal Link

Salah satu peer besar saya sekarang adalah memasukkan internal link di artikel yang saya posting di blog. Internal link merupakan link dari satu halaman ke halaman lain di satu website yang sama. Internal link membantu mesin pencari google untuk memahami konteks dan hubunhan antarhalaman website. Jika saya membuat tulisan tentang kecantikan, biasanya saya memasukkan internal link dengan artikel yang memiliki topik yang berkaitan.

Nah, itu dia beberapa cara yang saya lakukan untuk menaikkan traffic ke website. Semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan.

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

10 Responses

  1. Saya sekarang juga lagi perbaikan internal link, dulu-dulu banyak terlewatkan, hahaha

  2. April Hamsa says:

    Intinya ya pakai SEO dan juga meningkatkan performa settingan blognya ya mbak. Apalagi kalau itu website jualan harapannya bisa dibaca org di site number one Google gtu 😀

  3. April Hamsa says:

    Intinya ya pakai SEO dan juga meningkatkan performa settingan blognya ya mbak. Apalagi kalau itu website jualan harapannya bisa dibaca org di site number one Google gtu 😀 .

  4. marfa says:

    terus yang pasti dari ke semua hal di atas kudu telaten alias terus menerus hihi, paling tricky yang riset keyword namun diolah dengan narasi yang apik sih, biar nggak clickbit:)

  5. Naikin traffic blog sama ya kayak di media online. Ini pekerjaanku sehari-hari nih selain menulis artikel yang memang kemungkinan bakal menarik minat pembaca yang banyak. Hihi.

  6. Amanda Desty says:

    Dulu awal awal ngeblog aku jg masih asal aja gt mbak hhi akirnya makin lama makin tahu dan belajar jg soalnya kalo diulik banyak cara ya mbaaak

  7. Ini yang sekarang aku tingkatkan kak. Banyak belajar dan ngebaca artikel ini ngebuat aku instropeksi dan belajar banyak hal lagi. Kepengen mengulang dari awal

  8. Eko Prasetyo says:

    Tambahan nih info dr sy buat naikin website harus sering aktif atau update artikel. Biasanya google mencari website yg selalu aktif..

  9. Tika Samosir says:

    Website itu harus sering di update minimal informasi terkini. Supaya trafficnya naik dan informasi pun selalu terupdate.

  10. lendyagasshi says:

    Bikin judul ini yang agak-agak tricky yaa, teh..
    Longtail atau shorttail…?
    Masih banyak harus belajar lagi bersama para blogger senior.
    Nuhun, teteh…tulisannya bagus banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *