Merawat Kulit Secara Alami Menjelang Usia 40

Merawat Kulit Secara Alami Menjelang Usia 40 Merawat Kulit Secara Alami Menjelang Usia 40. Tinggal di kampung, cieee… kampung tentunya berbeda dengan saat tinggal di kota besar. Kehidupan kota besar itu serbapraktis, asalkan ada uang, mudah mendapatkan yang diinginkan, begitu juga dengan kulit yang mulus, bersinar, dan tampak awet muda. Begitu banyak klinik kecantikan berkualitas yang bisa didatangi agar kita mendapatkan perawatan kulit yang diinginkan. Tentunya kondisinya berbeda dengan tinggal di kota kecil. Dulu saat masih bekerja dan tinggal di Bandung, saya pernah menjadi member beberapa klinik kecantikan. Terakhir saya menjadi pasien di DF Clinic dan sudah sangat cocok dengan para dokter di sana. Sayangnya keputusan saya untuk resign dan tinggal di Sukabumi membuat saya tidak bisa leluasa lagi mendatangi klinik untuk konsultasi dan mendapatkan perawatan kulit. Sementara bertambahnya usia tentu saja membuat kulit saya membutuhkan perawatan yang intensif. Baca juga: DC Clinic Paket Komplet Kecantikan dan Kesehatan untuk Keluarga Menjelang usia 40 tahun, saya pun mengalami beberapa permasalahan kulit yang mesti ditangani. Jika dulu saya bisa menggantungkan penanganan pada dokter, sekarang saya mesti mencari akal untuk melakukan perawatan sendiri. Saya pun memilih melakukan perawatan kulit secara alami di rumah. Bertambahnya usia memang membuat kondisi kulit mengalami penurunan. Saya tidak bisa berharap kulit saya akan seprima saat berusia 20an. Apalagi menjelang usia 40 tahun ini, ada beberapa permasalahan kulit yang saya alami, di antaranya:

  1. Kulit kusam
  2. Munculnya bintik hitam
  3. Munculnya kerutan halus
  4. Munculnya jerawat hormonal
  5. Pori-pori besar
permsalahan kulit bintik hitam dan pori-pori besar

permasalahan kulit bintik hitam dan pori-pori besar

Setelah mencari info bagaimana merawat kulit secara alami, saya pun melakukan praktek di rumah. Hasil perawatan alami hasilnya memang tidak secepat melakukan perawatan di klinik. Tapi saya yakin jika dilakukan secara rutin dan konsisten tentunya akan mendapatkan hasil maksimal. Meracik Sabun Wajah Antiaging Bertambahnya usia membuat elastisitas kulit berkurang dan secara alami memunculkan garis-garis halus di sekitar mata. Saya tentunya membutuhkan produk antiaging. Namun, biasanya produk antiaging harganya lebih mahal daripada produk biasa. Sementara saya kurang cocok dengan produk sabun wajah yang dijual di pasaran karena sering membuat kulit kering. Saya pun meracik sabun wajah antiaging sendiri. Hasilnya, saya merasa cocok dengan sabun wajah racikan ini karena terasa lembut di kulit dan tidak menyebabkan kulit kering atau pun iritasi. Saya pun jadi rutin memakainya. Ada pun bahan-bahan yang diperlukan untuk meracik sabun wajah antiaging sebagai berikut:

  1. 2 sdm gel aloe vera
  2. 2 sdm sabun bayi rice and milk
  3. 1 sdt VOO alias minyak zaitun
  4. 1 sdt madu
  5. 3 sdm air mawar
  6. 1 kapsul vitamin E

Cara membuat: Semua bahan dicampur dan diaduk dengan rata lalu dimasukkan ke dalam botol. Cara memakai: Keluarkan sabun di telapak tangan lalu gosok hingga berbusa. Baru usapkan ke wajah secara merata. Setelah selesai, basuhlah dengan air. Lakukan satu kali saat malam hari. Exfoliating Alami Kulit kusam memang sangat mengganggu penampilan, bahkan sering membuat tidak percaya diri. Salah satu cara agar kulit bebas kusam adalah rutin melakukan exfoliating atau membuang sel-sel kulit mati agar kulit lembut dan segar. Saya melakukan exfoliating dengan metode scrub. Saya membuat scrub dari bahan-bahan yang ada yaitu 1 sdm gula yang dicampur dengan minyak zaitun dan gel aloe vera/madu. Saya lebih suka menggunakan gel aloe vera karena tidak lengket. Campur semua bahan, lalu tuangkan ke telapak tangan. Kemudian oleskan ke kulit wajah sambil pijat lembut dengan cara melingkar. Diamkan selama 5 menit hingga 10 menit. Barulah bilas dengan air hangat. Hasilnya kulit terasa bersih. Toner Alami dari Cuka Apel merawat kulit alami 2 Saya termasuk perempuan yang tidak mengerti manfaat toner, sehingga sering melewatkan penggunaan toner dalam perawatan wajah sehari-hari. Barulah sekarang saya tahu betapa pentingnya toner dalam tahap perawatan kulit wajah. Ternyata toner berfungsi untuk menyeimbangkan kembali PH kulit setelah memakai produk kosmetik yang terlalu basa. Air untuk membasuh kulit wajah pun ternyata belum menyeimbangkan PH kulit. Saya pun memilih menggunakan toner dari cuka apel karena banyak manfaatnya yaitu di antaranya:

  1. Bisa meratakan warna kulit
  2. Melindungi wajah dari sengatan sinar matahari
  3. Mampu menghilangkan sel-sel kulit mati
  4. Mampu mengecilkan pori-pori kulit
  5. Menghilangkan jerawat
  6. Mengencangkan kulit
  7. Mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah

Cara membuat toner cuka apel cukup mudah. Cukup campurkan cuka apel dengan air mineral dengan perbandingan 1:2 (cuka apel:air) lalu dimasukkan ke dalam botol. Cara menggunakan toner alami

  1. Kocok terlebih dahulu botol berisi toner cuka apel
  2. Tuangkan ke kapas
  3. Usapkan kapas berisi toner ke wajah dengan merata. Kalau kulit ada jerawatnya, biasanya saya tekan-tekan dengan kapas. Dengan cara begini, jerawat lebih cepat kempes dan kering.
  4. Setelah selesai biarkan sampai kering baru gunakan pelembab.

Masker Alami merawat kulit alami 3 Salah satu perawatan kulit yang saya sukai adalah memakai masker. Biasanya saya merasa kulit wajah segar setelah menggunakan masker. Saya pun mencoba menggunakan masker alami untuk mengatasi permasalahan kulit menjelang usia 40. Masker yang saya maksud adalah masker putih telur yang memang sangat bermanfaat memberikan nutrisi pada kulit sekaligus melembabkan kulit. Putih telur juga bermanfaat sebagai antiradikal bebas, menghaluskan kulit wajah dan menyamarkan tanda-tanda penuaan. Protein yang terdapat dalam putih telur membantu meregenerasi sel-sel kulit. Selain itu putih telur juga mengandung vitamin A yang berfungsi memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, mengurangi kerutan dan garis halus di wajah, melembutkan dan mencerahkan kulir. Kandungan vitamin B pada putih telur bermanfaat mengurangi keriput di area wajah, khususnya di bawah mata dan di garis senyum. Vitamin B6 juga berfungsi sebagai antioksidan. Baca Juga: 4 Langkah Mudah Mendapatkan Kulit Cantik Luar Dalam Saya biasanya memadukan putih telur dengan susu agar mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah menggunakan masker putih telur dan susu ini, biasanya saya langsung membersihkan komedo. Hasilnya komedo mudah sekali terangkat. Cara membuat masker putih telur dan susu

  1. Siapkan putih telur di piring kecil
  2. Campurkan dengan 1 sdm susu
  3. Siapkan tisu yang sudah dipotong

Cara menggunakan masker putih telur

  1. Oleskan masker per bagian, misalnya bagian hidung terlebih dahulu. Lalu tempelkan tisu. Setelah itu oleskan lagi maskernya.
  2. Lakukan terus sampai semua wajah tertutup masker.
  3. Biarkan sampai 30 menit.
  4. Lalu angkat massker, seperti masker feel off.
  5. Basuh dengan air dingin.

merawat kulit alami 4 Hasilnya kulit terasa bersih, lembut, dan kenyal. Saya menggunakan masker ini satu minggu sekali. Serum antiaging alami Pemakaian serum antiaging penting banget nih menjadi salah satu cara merawat kulit menjelang usia 40 tahun. Saya pun mencoba membuat serum yang digunakan pada malam hari sebelum menggunakan krim malam. Cara membuatnya cukup mudah, siapkan 2 sdm gel oloe vera, tambahkan 2 sdt air lemon, dan 3 kapsul vitamin E. Campur semua bahan dan aduk rata, lalu simpan di wadah tertutup. Facial Es Melakukan facial di klinik perawatan kulit itu adalah “me time’ paling menyenangkan bagi saya. Namun, tentu saja saya tidak bisa sering meninggalkan anak-anak di rumah dan enak-enakan “me time’. Saya pun mencoba melakukan facial di rumah. Hasilnya cukup memuaskan dan tidak harus mengambil waktu yang banyak. Caranya mudah, cukup siapkan bahan-bahan sebagai berikut:

  1. 2 buah tomat
  2. 1 kentang
  3. Air mawar

Blender semua bahan. Setelah itu dimasukkan ke cetakan es. Bekukan di kulkas. Ambil satu setiap akan digunakan. Oleskan ke kulit wajah yang sudah dibersikan, diamkan 10 menit. Lalu basuh dengan air dingin. Lakukan dua kali sehari. merawat kulit alami 5 Melakukan perawatan kulit di rumah memang sering terkendala dengan rasa malas. Apalagi hasil yang didapat tidak secepat jika melakukan perawatan ke klinik kecantikan. Namun, untuk saat ini saya suka melakukannya karena lebih memungkinkan dilakukan di sela-sela aktivitas mengasuh anak-anak di rumah. Hasilnya pun tidak terlalu mengecewakan, menjelang usia 40 tahun ini, beberapa permasalahan kulit perlahan teratasi. Pori-pori kulit mulai mengecil dan garis halus mulai tersamarkan. Perlu usaha yang konsisten agar bisa mendapatkan hasil maksimal dengan merawat kulit secara alami menjelang usia 40 tahun agar kulit wajah masih terlihat sehat dan terawat, bebas kusam dan jerawat. Selamat mencoba.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

57 Responses

  1. Fillyawie says:

    Mbak Rani keren banget resep produk kecantikannya, alami dan mudah dibuat sendiri. Aku pengen coba yang resep serum soalnya gampang banget bahan dan cara buatnya. Btw masker telur dan susunya amis nggak baunya ? Soalnya aku nggak kuat bau amis :).

  2. Uwaaa perawatannya bikin sendiri
    Berani banget mbak, hehe
    Aku ndak berani ngeracik-racik untuk skincare. Soalnya belum terlalu menguasai sih. Tapi lambat laun belajar juga, pengen juga belajar ngeracik skincare pake bahan yang alami

  3. retno says:

    mbaaak…postingannya daging semua, bisa dicontek nih, sukaa…
    makasih ya sharingnya, bermanfaat banget…

  4. Masya Allah… Aku terkagum-kagum nih sama Mbak Rani. Telaten bangettt.. rajiinnn… Kebalikan banget sama aku. Hahaha.
    Usaha maksimal pasti hasilnya juga oke, Mbak.. selamat yah…
    *eh ini kok jadi ngasih selamat 😀

  5. Annafi says:

    Wah, semuanya bahan-bahan alami ya mba, memang rempong tapi yakin kulit ga breakout ^^b aku kalau rajin paling bikin masker telur dan jeruk lemon (kalau rajin hehe)

  6. Jiah says:

    Aku dulu sering tuh pakai putih telur atau madu. Sekarang kok ya agak malas, hwhwhwhw. Sekarang mau coba lagi deh, plus ditambahin tips dr Mbak Rani

  7. unggulcenter says:

    Rada repot ya tapi namanya emak2 pasti perjuangannya kerassss … dan hasilnya juga sepertinya memuaskan yak ^^

  8. Elly Nurul says:

    Rasa malas memang menjadi musuh banget ya ka.. akupun malas tentang perawatan wajah.. tapi memang harus konsisten untuk menghasilkan Lukita cerah dan sehat maksimal ya ka.. well note buat saya yang beberapa tahun lagi 40 tahun

  9. windhu says:

    Keren, bahan-bahanya menggunakan yang alami semua. Terlihat lebih bagus hasilnya pada wajah sepertinya, meski perlu ada usaha juga untuk membuat masker sendiri. Beda dengan beli yang tinggal pakai. Cantik itu memang perlu perjuangan.

  10. Okti Li says:

    Ya Allah rajin sekali ini. Kalau saya walah, udah menyerah duluan. Tapi pasti hasilnya maksimal. Makin kinclong aja di usia 40…

  11. Y ampun Mbak rajin banget. Entah apa bisa kutiru atau tidak. Aku malah lagi perawatan ke klinik kecantikan nih. Karena jerawat parah

  12. Fenni Bungsu says:

    Perawatan wajah, harus selalu dilakukan memang agar selalu terawat dengan baik. Dan banyak cara jadinya, yang penting cocok di kulit dan hasilnya baik

  13. ulya says:

    Wah.. Bisa nih ditiru. Aku biasanya pake masker alami yang simple aja sih, kaya masker kopi, tepung beras atau putih telur.

  14. Rindang says:

    Wah skincarenya DIY semua. Harus rajin pokoknya kalau mau praktik ini semua. Saya mau nyoba toner dari cuka apel itu. Simple.

  15. Wow..rajin banget, Mbak. Perawatannya lengkap dan pastinya aman karena buatan sendiri ya..
    Mau cobain beberapa dulu deh…belum sanggup kalau semuanya hihihi

  16. wah teh Rani rajin pisan, pantesan meni geulis, hehe saya belum nyoba masker alami gitu jadi mupeng pengen nyoba

  17. Abby Onety says:

    Wahh… mantap sekali resep perawatan kulitnya. Alami, bisa buat sendiri. Memang yah… diusia jelang 40 hatus lebih berhati hati dalam perawatan kulit dimana kulit sudah mulai menurun elastisitasnya.

  18. Susierna says:

    Mbakk Rani kereeeeen……

    Tips yang ini harus dibookmark nih.
    Luarbiasa telatennya

  19. dulu waktu hamil saya juga suka pakai cuka apel. dan bener bisa bikin wajah mulus lho.. cuma sekarang nggak pernah pakai lagi karena memang lebih ribet..

  20. Novitania says:

    Wah jadi pengen coba dirumah mba. Aku juga jarang pakai toner nih mba

  21. susie ncuss says:

    si teteh meuni rajin ngeracik begitu,
    aku mah malesss….

  22. Ya ampun Teh rajin banget, makasih banyak ya busui save dulu nih

  23. Uwien Budi says:

    wiiiiih bookmaaark. ntar mau nyoba bikin biar cantik kayak mamah cantik satu ini

  24. Teteh rajin bangeeet, boleh tuh dicobain yang resep masker dimasukin ke kotak es… Praktis bisa bikin stok sekalian

  25. Dyah says:

    I need this (padahal masih jauh dari 40 *uhuk*). Serous mu kucoba ah, mumpung ada cuka apel. TFS.

  26. Jenis kulit teh Rani sama kayak aku, pori-porinya besar. Harus rajin dari sekarang nih maskeran kayak gini. Makasih buat resep maskernya teh 😀

  27. Eni Martini says:

    Thx sharingnya, kebetulan nuh nyaris lewat 40 tahun. Memang klonga dirawat dari awal huhuhu, harus ekstra deh

  28. Ida Tahmidah says:

    Keren rajin banget teh Rani, saya ga suka yg ribet2 harus bikin dulu xixixi…. Memang harusnya dirawat sejak awal ya.. jadi pas usia 40 ga terlalu banyak masalah 🙂

  29. Waah teh rani kereen sampai ngeracik sendiri. Seneng yaa teh bisa mengakali waktu buat perawatan pas di rumah, tapi kadang sri suka melewatkan hal ini. Padahal seharusnya lebih bisa yaa.. hehe. Makasih teh, jadi mau coba pake toner hehe. Kalau masker putih telur mah suka alhamdulillah. ❤️Tulisan teteh menginspirasi banget.

  30. oh my cuka apel. pengen beli tapi belum berani huhuhu

  31. April Hamsa says:

    Wah wah wah aku tandain niiihhh… penting banget buat mamak2 yang mau usia cantik kayak aku TFS mbaaakk 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *