Ngeblog Pakai Hape, Kenapa Tidak?

Dari awal membuat blog dan mengisi konten blog, saya menggunakan laptop, sehingga memang terbiasa mengetik artikel dan mengunggahnya menggunakan laptop. Saya mengerjakannya saat di rumah dengan menggunakan fasilitas laptop yang dipinjamkan oleh kantor. Saat mengajukan resign, saya sudah mempersiapkan dana yang akan digunakan membeli laptop untuk memperlancar aktivitas blog saya. Namun, ternyata, dana yang sudah saya siapkan tersebut terpaksa tidak jadi digunakan untuk membeli laptop karena ada kejadian di luar rencana. Baiklah, saat itu saya melepas keinginan untuk beli laptop baru. Saya masih agak tenang karena ada laptop punya suami yanh bisa dipinjam. Sayangnya, ternyata laptop punya suami bermasalah keyboard-nya. Lalu saya service, udah selesai service dan menghabiskan dana lumayan, tapi ternyata keyboard-nya masih error. Setiap mengetik, huruf-hurufnya pasti loncat-loncat. Kadang, si tuts keyboard jalan sendiri. Syereeem khaan. Lho kok jadi cerita horor, sih.

Pindah ke Sukabumi, tidak membuat saya harus berhenti ngeblog, bukankah jadi narablog bisa di mana saja asalkan ada jaringan internet. 

Alhamdulillah, di Sukabumi, ada laptop peninggalan alm. Bapak yang bisa dipinjam. Beberapa bulan saya pakai laptop itu, namun ternyata itu tidak lama. Laptop punya adik rusak dan akhirnya kami gantian pakai laptop alm. Bapak. Saya pakai siang hari dan adik pakai sore sampai pagi lagi sepulang dari kerja. Nah, masalahnya pakai laptop siang hari tidak bisa maksimal, tahu sendiri khan ada dua bocah yang kurang suka lihat perhatian bundanya terpecah pada laptop. Jadi, saya bisa menggunakan laptop maksimal sekitar satu jam, saat si kecil tidur siang. Itu pun kadang kurang bisa fokus, karena si sulung sudah tidak mau tidur siang, dan pasti ikut ngerecokin saya kerja.

Sebagai narablog memang masih saya jadikan sebagai pekerjaan sampingan di sela-sela pekerjaan utama sebagai ibu rumah tangga.

Alhamdulillah saya bergabung dalam grup Arisan Link yang sesama anggotanya saling support. Walaupun kegiatan arisan link sudah berhenti, tapi grup kami masih tetap jalan, seringnya sih kami curhat-curhat seputar kegiatan ngeblog. Nah dalam salah satu sesi curhat, mba Ratu Sya, salah satu anggota grup cerita kalau dia ngeblog menggunakan hape. Waktu itu, saya masih antara percaya ngeblog pakai hape, kok iso ya?  Soalnya khan

ngeblog itu tidak sekadar membuat tulisan lalu mengunggahnya ke blog. Namun ada sederet pekerjaan tambahan, seperti misalnya blog walking, mencari gambar, mengedit foto, membuat desain tittle blog, kadang membuat infografis (ini jarang banget), sharing link tulisan di sosial media. Saya sangat mengandalkan laptop dalam melakukan semua pekerjaan itu. Saat mengandalkan semuanya pada laptop, rasanya melakukan pekerjaan dengan menggunakan hape kayaknya nggak lancar, misalnya blogwalking nggak masuk-masuk isi komentar, unggah artikel lama, endebreh-endrebreh lainnya.

Hingga suatu saat, saya nggak bisa pinjam laptop dan ada deadline blogwalking. Dalam keadaan kepepet, saya blogwalking dengan menggunakan hape dan alhamdulillah lancar jaya. Akhirnya, saya memutuskan untuk tidak lagi pinjam laptop dan ngeblog dengan menggunakan hape secara maksimal.

Ngeblog pakai hape

Hepi bisa ngeblog pakai hape

Setelah dijalani, ternyata tidak sesulit yang saya pikirkan. Memang ada kelebihan dan kekurangan ngeblog dengan menggunakan hape.

Kelebihan

Bisa nulis draft kapan saja dan di mana saja. Hape itu khan selalu dibawa-bawa ke mana-mana, kecuali ke kamar mandi karena takut kecemplung. Nah, biasanya saya bisa ngetik draft di hape sambil nunggu anak les di bimba. Bahkan, bisa juga sambil kelonin si kecil tidur siang. 

Praktis. Kalau ngetik draft di laptop khan mesti buka dan nyalain laptop. Jika batre laptop habis, mesti colokin charger ke colokan listrik. Sementara ngetik draft di hape khan praktis, tinggal buka hape, ketik di aplikasi notes. Bahkan, bisa ngetik dengan hanya menggunakan tangan kanan, tangan kiri sambil mpok mpok si kecil tidur. Begitu juga saat blogwalking, lebih praktis, tidak harus duduk serius menghadap laptop, bisa sambil tiduran dan nonton tivi. 

Kekurangan

Tidak leluasa. Walau bagaimana pun, laptop dengan hape memang berbeda bentuk dan peruntukkan. Jika di laptop bisa lebih leluasa bekerja, sementara di hape terbatas. Blog saya menggunakan platform wordpress dan suka banget utak-atik pluginnya. Saya lagi suka pakai plugin elementor. Sayangnya, jika buka elementor di hape tuh susah banget. Jadinya, ngeblog di hape memang pakai cara standard saja. 

Namun, sejauh ini saya masih menikmati ngeblog pakai hape walaupun tidak terlalu leluasa, yang penting saya masih bisa unggah artikel di blog. Saya pun terbantu dengan aplikasi-aplikasi yang mendukung ngeblog do hape, seperti aplikasi pixabay untuk pencarian gambar dan aplikasi canva untuk membuat tittle blog.

 

Aps pixabay di hape

Nah, jadi tidak ada alasan nggak ngeblog karena nggak ada laptop. Jika ada keinginan, bisa kok ngeblog pakai gawai yang ada. Sambil menabung buat beli laptop, kenapa tidak ngeblog dulu dengan menggunakan hape? 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

35 Responses

  1. Di rumah leptopku rusak, punya suami persis kayak leptop suami teteh keyboardna sok jalan sendiri wkwkwk..dan aku masih andalkan leptop kantor tapi cape dan berat tiap hari bawa pulang insyaAlloh tahun 2019 punya leptop sendiri semoga dapat dari blog juga aamiin hahaha

    wkatu itu juga ngeblog pake HP eh ga maksimal teh apalagi aku minus matanya :p

  2. Citra says:

    Aku agak susah ngetik kalau pakai HP kak, jariku jempol semua hahaha…. Tapi pernah seh karena kepepet, terpaksa ngeblog pakai ponsel

  3. Lidya says:

    Kalau niat mah dari hp juga jadi ngeblognya ya teh. AKu kalau lagi kepaksa aja dari hp, sehari-hari pasti dari laptop, udah tua matanay cepet cape hihihi

  4. gita siwi says:

    Saya banyakan pakai Hp lho hahaha nyaman aja gitu. Terasa lebih cepat aja rasanya. Nggak tahu ya kalau teman teman lainnya juga nggak ya

  5. Mechta says:

    Nah akhir2 ini saya juga lebih sering ngeblog pake Hp. Lebih enak krn bisa sambil leyeh2..hehe.. Tidak note, langsung di dasbor malah..hehe.. Cuma masih kesulitan rata kanan-kiri dan kadangkala masukkan gambar susah.. jadilah saya ngedraft dg Hp lalu perapian & gambar2 via laptop sblm publish.. Aman… Hehe…

  6. Diah says:

    Setuju Mbak, saya juga belakangan lebih banyak ngeblog dari HP koq. Lebih praktis, apalagi tahu sendirilah Emak2 dengan Bocah2 yg aktif, duuhh rempong banget deh klo harus buka laptop segala hanya utk BW atau ngedit2 padahal dari HP jg bisa.
    Saya udh brpa kali nih bawa pulang laptop kantor ke rumah pas weekend (laptopku dipake Adik sejak dia masuk kuliah), ceritanya bawa laptop pulang tuh krnq mau backup data ke external pribadi biar sekalian ngeblog juga klo pas anak2 bobo, eehh yg ada laptop gak pernah kesentuh sama sekali sampe kembali Senin pagi lagi, hahahh.

    Ngeblog dari HP jg menyenangkan koq 🙂

  7. Aku lumayan sering ngeblog pake hape. Biasanya sih kalo lagi buru-buru dan laptop lagi eror atau dipake. Tapi tetep, nanti kalo senggang, aku bakal ngedit lagi di laptop. Biasanya sih buat resize foto. 😀

  8. Susie Ncuss says:

    Wagelaseh, teh… Master sekali ngeblog pake hape. Saya paling pol cuma bikin draft sebagian, abis itu diedit lagi di laptop sebelum publish. Hehehe.

  9. unggulcenter says:

    iya minimal drafting ya bisa pakai hp biar idenya ga ilang duluan.

  10. Elly Nurul says:

    Aku nih yang belum bisa ngeblog lewat hp, selain ngga leluasa juga saya kurang puas hehe.. ya memang beda-beda ya style ngeblog masing-masing.. terus semangat ngeblog yuk ah..

  11. wah kalau saya nggak bakalan nih ngeblog dengan hape. Pertama aplikasi blogspot itu nggak sebagus wordpress. Kedua, bener itu nggak leluasa. Nggak bisa atur gambar, edit deskripsi meta tag, deskripsi penelusuran dan lain-lain kalau versi aplikasi.

    kalau pake versi browser ya itu…nggak responsif webnya..cuilik cuilik tulisannya

  12. Elly Nurul says:

    Pernah aku hadir event, blogger di sebelah aku sambil mendengarkan sambil buat draft blog lho.. luar biasa ya.. aku tanya kok bisa? katanya supaya sampe rumah nanti tinggal dirapihkan jadi ngga pusing-pusing lagi… mmm sepertinya saya harus coba ngeblog lewat hape juga nih

  13. Aku belum pernah ngeblog dari HP, hahaha
    Kebetulan laptop aku juga mungil dan ringan, jadi happy saja bawanya ke sana ke mari.

    Menurutku ngeblog pakai laptop atau HP, sah-sah saja, tergantung selera, iye kan mpok?

  14. lendyagasshi says:

    Kalau WP memang terasa banget kemudahannya.
    Tapi kok aku ngerasa jadi terhambat pas di BP yaa, teh?

    Jadinya pas mau masukin gambar, gak bagus…gitu.
    Jadi selama pindah BP belum bisa ngetik di HP.

    Sediih bangettt…
    Karena kalo pas ada ide, mesti back to cara lama…hiihii~
    Cari bolpen sama kertas deeh…

  15. Evi Fadliah says:

    Aku juga githu Mba, kalau lagi diluar dan ada DL tulisan suka ngedraft pake HP. Nanti setelah tiba dirumah tinggal di rapihkan lagi.

  16. Siti hairul says:

    Aku agak sulit kalo ngeblog pake hape, matanya minus banyak jadi pedih kalo ngetik tulisannya kecil-kecil hahahha. Padahal pengen banget yg praktis kalo pergi pas ada kerjaan ga perlu bawa leptop

  17. Ida Tahmidah says:

    Saya jg sesekali ngeblog pke hape siy terutama kalau kepepet biasanya kalau lg di jalan hehe..

  18. Helena says:

    Bisa…apalagi hp sekarang canggih tapi layarnya kecil, aku gampang pusing kalau kelamaan blog walking pakai HP

  19. Inda Chakim says:

    Dari awal ngeblog aku malah udah pakek hp mbk. Lebih praktis. Bisa ngeblog sambil leyeh2 ngelonin si kecil. Dan aku idem sm dikau soal kekurangan ngeblog pakek hp

  20. Rahmah says:

    Kalau saya menghindari karena pasti banyak typo karena jari saya besar-besar. Ditambah lagi biasanya ada script yang bisa mengganggu SEO.

  21. miyosi says:

    Udah 2 tahunan ini eh menuju 3 tahun ding aku nulia selalu pakai hape mbaa
    Lebih enak sih walau emng kekurangannya ada juga seperti yg mb katakan

  22. Aku banget kak,, ga punya laptop , males ke warnet akhirnya ngeblog pakai HP tapi sekarang alhamdulillah sih ngeblognya pakai Tablet jadi gedean lah layarnya.

  23. April Hamsa says:

    Aku gak bisaaaa haha #padahalmalesnyoba 😛
    Soalnya mataku suka siwer gtu mbak, lbh suka liat layar lebar. Tapi aku salut lho smaa yg ngeblog pakai hape. Sering bbrp teman kalau pulang event, mereka langsung draft gtu mbak di hape saat di KRL, keren kan hehe

    • April Hamsa says:

      Beberapa teman yg kukenal suka ngedraft di hape, sama edit2 foto.
      Nnati begitu sampai rumah baru finishing deh pakai laptop. Eh tapi ada jg blogger yg kukenal gk punya laptop, salut sama perjuangannya ngeblog pakai hape 😀

  24. indah nuria says:

    aku pun sekarang banyak ngeblog pakai hape Mba.. or at least drafting di HP dan lalu lanjut diperbaiki di laptop. dan asyik-asyik aja kok ngeblog pakai HP yaaa

  25. Duniaqtoy says:

    aku pun kalo ngeblog terbiasa pake laptop tapi bisa juga sih pake hape, pernah ku lakukakn beberapa kali karena kepepet juga

  26. Aku pernah ada di titik ini. Ketika laptop blm bs terwujud, hp pun bisa jadi alat ngeblog. Tapi ya itu harus tahan2 dg segala kekurangannya. Asal produktif, suatu hr nanti pasti bs kebeli laptop milik sendiri.

  27. Aku kalo blogwalking atau cek kabar blog ya lewat hp. Tapi kalo ngedraft, kudu lewat pc, ndak kuat kalo lewat laptop.

    Sayang ya blogspot belum ada apps yg mendukung untuk mobile di hape

  28. Media nya apa aja. Asal sudah niat, pasti jalan, hahahaha. Terkadang kebanyakan orang memang malas dan mencari sejuta alasan kenapa gak mau ngeblog pake HP. ckckc

  29. Sekarang ini aku pun juga lebih sering ngeblog pake hape, Mbak. Lha gimana, ada 4 krucils yg seharian hampir gak bisa ditinggal ngadep PC. Jadi ya sekarang udah terbiasa ngeblog sambil gendong anak, sambil ngASI, dll. Hehehe.
    Tosss ya, Mbak… Semangat!

  30. Nova Violita says:

    Aku sendiri banyakan ngeblog pakai hp ..emak nulis artikel sambil gegolearan sambil tidur .

    Minusnya mata berasa kabur karena harap hp Kebanyakan..

  31. Oky Maulana says:

    Aku seringnya HP itu untuk ngedraft aja sih, nyelesainnya tetep dari laptop heheheh intinya senyamannya kita aja mau dimana, ya.

  32. Ulya says:

    Aku juga ngeblog pakai hp. Hanya sesekali pakai gawai yang lebih besar untuk editing template atau lainnya yang lebih rumit.
    Apalagi untuk menulis, aku tentu lebih memilih pakai hp yang selalu digenggam.

  33. Dewi Natalia says:

    aku lebih puas ngeblog pake PC mba. Kalau pakai hp tulisannya kecil2 banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *