Pentingkah Menjaga Keamanaan Website?

Pentingkah Menjaga Keamanan Website? Saat awal membuat website/blog, saya tidak pernah terpilir untuk menjaga keamanan website. Fokus saya bagaimana mengisi blog agar tetap hidup dan berkembang. Bisa menulis dan mengunggah tulisan seminggu satu kali saja sudah senang sekali. Akan tetapi, beberqpa kejadian akhir-akhir ini mengusik saya, terutama kejadian yang menimpa beberapa teman blogger yang kontennya dicuri atau di websitenya dihack oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Kalau sudah begini, sepertinya memang sangat penting menjaga keamanan website.

Beberapa kali saya mendapat kabar beberapa teman Narablog yang memgalami konten blognya dicuri. Entah itu berhubungan dengan keamanan web atau bukan, sepertinya siapa sih yang mau konten yang sudah susah payah kita buat dicuri orang lain. Apalagi kalau sampai harus kehilangan konten website yang berisi berbagai informasi dan file-file penting. Nah untuk menjaga website yang sudah kita bangun dan konten-konten di dalam, sebaiknya kita memang menjaga keamanan website dari bahaya yang bisa mengancam di dunia internet.

Sewaktu masih bekerja, perusahaan tempat saya bekerja pernah membuat website perusahaan. Sebagai salah satu bagian dari perusahaan, saya pernah membantu mengisi konten website perusahaan tersebut. Sehingga saya pun bisa belajar dari teman-teman yang lebih mengerti dan mampu bagaimana membangun website. Pengetahuan dan ilmu tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi saya yang memiliki blog pribadi. Saya bisa belajar banyak bagaimana membangun website dan menjaga keamanan website dan blog.

Pengalaman pernah membantu mengisi konten website perusahaan membuat saya ingin juga membuat website selain blog pribadi. Tentunya selain membuat website, saya pun mesti memerhatikan hal penting lainnya seperti menjaga keamanan website. Membangun website pastinya membutuhkan effort yang besar, mulai dari ide website, desain website, sampai konten website. Membangun website agar dikenali oleh mesin pencari pun pastinya tidak mudah. Pastinya kita tidak ingin dong usaha yang sudah dikeluarkan harus hangus oleh tangan-tangan usil yang bisa membahayakan website kita. Makanya saya mencari informasi mengenai keamanan website, pentingkah? Dan langkah apa saja yang sebaiknya saya lakukan agar bisa menjaga keamanan website. Dari beberapa sumber yang bisa saya temukan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan website yaitu, di antaranya.

Update Website
Sebagai narablog penting sekali melakukan update website. Begitu pula dengan website milik perusahaan atau website bisnis/toko daring sebaiknya terus melakukan update. Website yang didiamkan dan tidak update membuat keamanan website tidak terjamin.

Pakai Password Variatif dan Kuat
Sangat penting sekali menggunakan password yang variatif dan kuat untuk menjaga keamanan website. Jangan menggunakan password yang mudah ditebak tapi gunakan kombinasi antara antara huruf kapital, huruf kecil, angka, dan tanda baca. Dengan begitu, password tidak mudah dibobol.

Backup Data Website
Langkah lainnya yaitu dengan backup data website secara berkala. Lakukan backup data di server yang berbeda sehingga keamanan website lebih terjamin.

Menginstal SSL

SSL singkatan dari Secure Socket Layer merupakan protokol keamanan yang berfungsi untuk membuat tautan dalam bentuk enkripsi antara server web dengan web browser yang menggunakan komunikasi online. Enkripsi ini akan membentuk jalinan komunikasi antara web server dan web browser. Kelangsungan hidup website bisa terjaga keamanannya dengan SSL Indonesia karena informasi pribadi, transaksi kartu kredit, transfer data, dan data login terjaga keamanannya. Apalagi untuk website e-comerce yang melakukan transaksi di website. Website yang sudah memiliki sisitem SSL akan muncul ikon berbentuk gembok berwarna hijau di sebelah kiri alamat website tersebut di web browser. Baguan “https” juga akan berwarna hijau. Sistem SSL akan menjaga keamanan dan kerahasiaanbdata pada website.

Gunakan Jasa Hosting Terpecaya

Saat ini banyak sekali penyedia jasa hosting yang memberikan banyak penawaran menarik dan menggiurkan. Misalnya penawaran harga yang terjangkau. Namun, kita sebaiknya selektif dalam memilih penyedia jasa hosting. Mesti memilih jasa hosting yang terpecaya seperti Qwords. Gunakan penyedia jasa hosting yang memberikan pelayanan komplet dan mudah dihubungi saat dubutugkan apalagi jasa hosting sangat dibutuhkan saat kita melakukan maintenance terjadap website milik kita. Sebaiknya, lihat review konsumen yang sudah menggunakan jasa hosting tersebut, dan lakukan komunikasi intens dengan pihak penyedia jasa hosting. Lihat bagaimana respon dan kecepatan dari pihak CS jasa hosting tersebutb apakah mudah dihubungi melalui berbagai channel seperti WA, chat langsung, email, telp, dan lain-lain. Semakin mudah dihubungi dan tanggap dalam menjawab konsumen berarti jasa hosting tersebut memang tepercaya.

Nah, itu beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan website, baik itu website milik pribadi maupun perusahaan. Jika memang masih bingung dengan cara-caranya, jangan ragu untuk konsultasi dengan penyedia jasa hosting. Jasa hosting yang tepercaya tidak akan ragu untuk membantu kita dalam melakukan maintenance website dan menjaga keamanan website.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

22 Responses

  1. Nchie Hanie says:

    Penting banget menurutku, apalagi kalo blog or web yang udah di monitize, semoga makin pada aware ya yang punya rumah Maya.

  2. Rizka Edmanda says:

    Alhamdulillah websiteku sudah bersertifikas SSL jadi insyaAllah aman dan lebih tenang gak takut malware atau diretas

  3. Rach Alida says:

    Spakat banget untuk menjaga keamanan website mba. Soalnya anggap aja kita mau nyari aman ‘rumah’ kita ya mba. Makasih remindernya mb

  4. YSalma says:

    Ini sangat penting banget bagi blog maupun web ya.
    Bagaimanapun blog merupakan rumah maya yg harus dirawat seperti rumah di dunia nyata.

  5. Nurul Rahma says:

    Iya banget niih.
    Kudu ada “satpam” untuk “rumah” digital kita semua ya Mak

  6. Helena says:

    Penting! sampai ada yang pasang anti copas. Eh kalo SSL ini aku belum pasang di wordpress padahal penting ya.
    Ok deh cari tutorialnya dulu.

  7. Elly Nurul says:

    Setelah baca tulisan ini saya jadi semakin aware nih, bagaimanapun juga menjaga keamaan website itu penting banget ya.. selama ini aku santai dan bahkan abai sama blog aku.. bagaimana dengan website jual beli yang lain ya.. harus dan penting banget dijaga keamanannya agar terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan ya..

  8. Yanti Ani says:

    Pengetahuan saya tentang website ini masih minim sekali, suka deg-degan juga terkait keamanannya. Wajib update lagi.

  9. Keamanan website memang sangat penting ya, baik itu blog pribadi maupun perusahaan.
    Duh aku masih belum nih menginstall SSL.
    Masih gaptek urusan blog.

  10. Kesel banget ya dengan para ‘pengganggu’ yang mengacau blog milik teman-teman. Ngapain juga ya kok melakukan hal tersebut.
    Memilih penyedia hosting yang terpercaya bisa menjadi salah satu solusi untuk menjaga keamanan blog yang kita miliki.

  11. Penting banget dong ya menjaga keamanan website atau blog. Biar gak kena hack atau malah disalahgunakan data kita. Jadinya ya, sertifikat SSL ini wajib banget punya.

  12. Itulah kenapa penting memilih penyedia hosting yang kompeten ya.
    Biar tak perlu risau tentangan keamanan situs.
    Apalagi kalau situsnya sudah menjadi kesayangan mesin pencari

  13. Ida says:

    Iya penting banget menjaga keamanan web kita krn website bs jd asset kita ya..

  14. Bagi org non-IT sepertiku, menjaga keamanan website atau blog terdengar sulit sekali. Tapi demi keamanan, aku mesti belajar dan menerapkan langkah2 di atas.

  15. Sedih kalau sampai tulisan kita di copas. Jangankan sedikit, bahkan semuanya di copas aja ada
    Jadi bener-bener dahh perlu pengamanan utk website ini.

  16. penting banget kak, apalagi kalau blog kita dianggap pesaing atau berharga. Biasanya diserang dan pastinya akan menyebabkan blog tak bisa didteksi. diriku pernah kena serangan spam. duhhh jadi parah banget deh

  17. Penting banget ini, saya sering dapat notif kalau password website diganti padahal ga ganti

    Langsung deh minta penjelasan dari hosting yang saya gunakan, semoga terus aman dan ga ada masalah

  18. marfa says:

    jadi bloger emang sebaiknya selain ningkatin kualitas konten juga aware mengenai keamanan ini, baik blog maupun website. kalau aku sendiri suka bingung kalau belajar sendiri via internet sesimpel ssl, jadi biasanya pakai jasa anak IT tapi sekaligus belajar juga krn temen sendiri hehehe

  19. Susindra says:

    Untuk alasan keamanan dari hack, saya pakai platform blogspot, Mbak, karena tak mungkin menghack Google. Tapi memang artikel-nya jadi colongable, kalau memang ada yang niat.
    Tapi saya juga ada blog dengan domain dan hosting berbayar, yang sudah pasti SSL diaktifkan. Wajib banget, ini. Bayarnya tak seberapa jika dibandingkan keamanannya.

  20. lendyagasshi says:

    Setuju banget, teteh.
    Aku merasa website yang sudah kita bangun dengan susah payah, harus dijaga betul keamannya.

  21. Saya belum melakukan apa pun untuk keamanan blog saya. Saya praktikkan langkah – langkah pengamanan dari Teteh kalo gitu. Makasih sudah berbagi 🙂

  22. Eko Prasetyo says:

    Menjaga keamanan website bgt kak.
    Di blog aku udah Menginstal SSL, insya Allah tidak akan terjadi hal-hal yg gk diinginkan.
    Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *