Pesona Padang: Wisata Alam, Budaya, dan Kuliner

pesona-padang_-wisata-alam-budaya-dan-kuliner

“Saya tuh agak sulit adaptasi dengan makanan karena masakan khas Padang itu udah kaya rasa,” tutur Uni Novia Syahidah, seorang penulis novel.

Saya mengamini pernyataan beliau, sambil menimpali, “Saya lebih menikmati makan nasi padang daripada makan pasta dan masakan western lainnya. Hehehe …menurut saya, makanan western itu kurang seasoning,”.

Ah, dasar saya mah lidahnya lokal, sudah biasa merasai makanan dengan banyak bumbu. Jadinya dikasih makanan western yang memang seasoning-nya tidak banyak, lidah ini rasanya kelu. Hahaha …

Uni Novia juga menceritakan berbagai tempat wisata di Padang yang memang wajib dikunjungi. Kota ini memang merupakan salah satu kota tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Entah karena saya punya beberapa teman yang berasal dari kota ini yang sering menceritakan kota kelahiran mereka. Entah juga karena saya pernah terpesona oleh pakaian adat Minangkabau yang dipakai pengantin, saat saya menghadiri acara pernikahan teman saya yang berasal dari Padang.

carnaval-6

Pakaian adat Minang, Doc: SMI

Diceritai oleh teman saya tersebut bahwa suntiang atau hiasan kepala yang dipakai saat acara resepsi lumayan berat. Entah karena kota Padang memiliki adat istiadat yang berbeda dengan daerah asal saya. Entah juga karena sejak sekolah dasar, kepala saya sudah dipenuhi oleh roman-roman dengan latar belakang Minang.  Entahlah rasanya Pesona Padang: Wisata Alam, Budaya, dan Kuliner yang dimilikinya begitu menggelitik jiwa petualang saya.

Wisata Pantai

pantai-air-manih-1

Doc: SMI

Setiap daerah memiliki wisata pantai yang menarik dan khas. Uniknya Kota Padang memiliki beberapa pantai. Wow, buat yang suka main ke pantai kayaknya bakalan betah. Uniknya lagi ada pantai yang berada di pusat kota. Itulah Pantai Padang atau dikenal juga dengan nama Pantai Padang Taplau. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dengan salah satu sisinya berlatar bukit yang disebut Gunung Padang. Main ke pantai tentunya enggak sekadar main tapi sambil ngemil-ngemil cantik. Nah, di pantai ini terdapat jejeran warung tenda yang menyediakan minuman dingin seperti minuman bersoda dan air kelapa muda. Panas-panas main di pantai akan terasa adem setelah minum minuman dingin. Nyess deh rasanya. Buat teman minumnya bisa sambil kunyah-kunyah centil kacang rebus, pisang bakar, dan makanan pengganjal perut lainnya.

Buat yang membawa krucil, jangan khawatir karena di sana disediakan wahana permainan anak-anak. Pasti seru dong ya, main di pantai tidak sekadar main air tapi juga mencoba wahana permainan yang asyik. Disediakan juga mobil berbentuk kereta untuk menelusuri pantai. Namun, buat  yang ingin main pasir siap-siap cari alternatif pantai lain karena Pantai Padang Taplau miskin pasir. Pantai ini sudah mengalami abrasi sehingga dipisahkan oleh tembok batu yang berfungsi sebagai pemisah antara laut dan tepi jalan. Kalau mau foto-foto cantik di atas batu-batu karang di tepi pantai masih bisa, tapi harus hati-hati, awas tergelincir.

Ingin menikmati keindahan pantai yang berpadu dengan pohon cemara yang berjajar rapi? Mana ada hutan cemara di pantai, hutan cemara itu di gunung. Eits… jangan salah, di Kota Padang, ada lho pantai cantik yang berpadu asri dengan hutan cemara. Itulah Pantai Pasir Jambak.

Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Padang, kurang lebih 17 km ke arah utara. Tepatnya pantai ini terletak di wilayah Koto Tengah. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih kecokelatan. Pantai ini cocok untuk bersantai sambil menikmati angin pantai yang segar menerpa wajah. Buat yang suka berjemur, pantai ini juga cocok. Ombaknya tidak terlalu besar hingga cocok untuk berenang, berperahu, dan menyaksikan sunset.

Jika ingin menikmati keindahan pantai bak di nirwana, datang saja ke Pantai Nirwana Padang. Pantai ini sudah terkenal dengan keindahannya. Konon katanya keindahan Pantai Nirwana sudah terkenal sejak zaman kolonial Belanda.

pantai-bayur-2

Pantai Bayuyr, doc: SMI

Menikmati pemandangan indah di tepi pantai yang dihiasi jajaran pohon kelapa itu seperti melihat foto di kalender. Namun, jangan salah, keindahak tersebut bisa dinikmati langsung oleh mata sendiri saat berada di Pantai Nirwana. Wisatawan juga bisa menikmati keindahan sunset yang dipadu dengan pemnadangan perahu nelayan yang berlayar. Saat malam hari, keindahan pantai pun disemarakkan dengan lampu-lampu kakpal dan lampu-lampu bangunan pelabuhan Teluk Bayur. Sangat romantis.

Masih ingat dengan legenda Malin Kundang? Kisah anak durhaka yang tidak mengakui ibu kandungnya saat sudah menjadi saudagar kaya. Ternyata, Malin Kundang yang sudah dikutuk menjadi batu dapat ditemui di Pantai Air Manis. Batu Malin Kundang memang menyerupai bentuk seorang laki-laki yang sedang bersujud. Konon menuurt legeda itulah posisi Malin Kundang saat dikutuk menjadi batu oleh sang ibu.

Batu Malin Kundang menarik rasa penasaran para pelancong yang berkunjung ke Kota Padang. Selain bisa melihat langsung batu Malin Kundang, para wisatawan pun bisa menikmati keindhan Pantai Air Manis yang memiliki pasir berwarna putih kecokelatan. Tidak jauh dari Batu Malin Kundang terdapat batu-batu besar yang dipercayai itu adalah dinding kapal yang sudah pecah. Saat air laut pasang, ombak akan menghempat dinding kapal tersebut dan menutupi batu Malin Kundang.

Ingin bermain dengan pasir putih ditemani riak ombak yang tenang, datang saja ke Pantai Caroline atau dikenal juga dengan nama Pantai Bungus. Air laut yang jernih menggoda siapa saja untuk bermain air. Apalagi ombaknya sangat tenang sehingga aman untuk main anak-anak. Di tepi pantai berjejer pohon kelapa yang menyejukkan pantai.

Di Pantai Caroline terdapat hutan mangrove yang masih terjaga. Selain itu, alam bawah lautnya begitu menggoda untuk dijelajahi. Sehingga banyak para wisatawan yang datang ke pantai ini untuk snorkeling Dijamin akan mendapati pemandangan alam bawah laut yang sangat indah berupa karang laut, ikan-ikan hias, dan lain-lain. Selain menyelam, para wisatawan dapat olahraga surfing, voli pantai, dan permainan pantai lainnya.

Puas menyelam membuat perut keroncongan. Tidak usah khawatir, para wisatawan yang lelah habis snorkeling dapat menikmati beragam menu seafood. Dijamin akan makan puas dan kenyang sambil menikmati suasana pantai yang aduhai. Bagi yang ingin menjelajahi pulau-pulau yang ada di sekitar pantai, bisa menyewa motor boat atau perahu nelayan. Siapkan kamera untuk mempotret spot-spot oke, di sana.

 

Wisata Alam

Padang memang memiliki paket komplet wisata yang bisa dinikmati saat berkunjung ke kota tersebut. Bagi wisatawan yang kurang bisa menikmati suasana pantai, bisa mengunjungi wisata alam selain pantai. Salah satu wisata alam yang terkenal di Kota Padang yaitu Sarasah 7 tingkat atau air terjun bertingkat. Untuk bisa mengunjungi dan melihat keindahan air terjun ini, wisatawan memang harus berjalan kaki terlebih dahulu. Namun, keletihan setelah berjalan kaki akan terbayar saat melihat keindahan pemandangan alam di sekitar air terjun. Apalagi jika sudah nyemplung untuk mandi.

Searah dengan Sarasah 7 Tingkat, pengunjung bisa berendam dan mandi di Ngungun Sok-Lubuk Minturun. Lubuk Minturun merupakan nama yang sudah tidak asing bagi masyarakat Padang. Apalagi saat menjelang puasa ada tradisi Balimau atau kebiasaan orang-orang berendam di sungai beramai-ramai. Kegiatan ini dilakukan sejak zaman dahulu secara turun temurun. Para pelancong akan menikmati mandi berendam di sini karena airnya yang tenang, jernih, dan tidak terlalu dalam.

Selain Sarasah 7 Tingkat, Padang juga memiliki wisata air terjun lainnya yaitu AirTerjun 3 Tingkat atau air terjun Lubuk Hitam. Di daerah ini terdapat tiga buah air terjun dengan tingkatan ketinggian yang berbeda. Air terjun ini terdapat di kaki bukit barisan. Untuk bisa mengunjungi tiga air terjun tersebut memang harus berjalan kaki. Namun, keindahan air terjun berpelangi tersebut memang patut diperjuangkan.Saat tiba di air terjun tingkat ketiga, pelancong akan disuguhi dua pemandangan luar biasa. Sebelah kir terdapat pemandangan sawah dan Laut Teluk Kabung yang berwarna biru dengan kapal –kapal yang berlalu lalang. Sebelah kanan terdapat pemandangan air terjun yang memesona.

Wisata Sejarah dan Monumen

Seperti kita tahu, Padang memiliki latar belakang budaya dan sejarah yang sangat kuat. Bagi pengunjung kota ini, bisa menelusuri jejak sejarah Padang di Museum Adityawarman. Museum yang dibangun tahun 1974 ini memiliki 6000 koleksi sejarah. Pengunjung bisa memelajari seluk beluk kebudayaan khas Minang, seperti pakaian adat, alat-alat musik tradisional, dan lain-lain di museum ini. BAngunan yang berbentuk rumah gadang merupakan tempat menyimpan koleksi museum. Di depan bangunan museum terdapat mniatur pedati, bendi, dan pesawat perang peninggalan perang dunia dua.

Satu lagi wisata monumen yang menarik dikunjungi yaitu Jembatan Siti Nurbaya. Nama Siti Nurbaya diambil untuk jembatan ini karena jembatan ini menghubungkan kawasan Kota Tua Padang di Berok Niah dengan kaki Gunung Padang. Dipercaya, di Gunung Padang terdapat kuburan Siti Nurbaya. Para wisatawan biasanya mengunjungi jembatan ini saat sore hari yaitu menjelang matahari terbenam. Pada saat itu, para pengunjung dapat menyaksikan keindahan pemamdangan matahari terbenam dari jembatan Siti Nurbaya.

Setelah mengunjungi jembatan Siti Nurbaya, para pecinta novel ini akan mengunjungi makam SIti Nurbaya di Gunung Padang. Untuk bisa mengunjungi makam Siti Nurbaya di puncak Gunung Padang, pengunjung harus melewati anak tangga  yang berjumlah ratusan dengan pegangan yang terbuat dari besi. Untuk bisa mencapai makam SIti Nurbaya, para pelancong akan melewati bunker-bunker peninggalan tentara Jepang.

Wisata Kuliner

Rendang. Siapa yang tidak kenal rendang, makanan khas Minang ini sudah tidak asing di lidah masyarakat Indonesia. Dengan cita rasa pedas dan kaya rempah membuat rendang menjadi salah satu menu favorit pengunjung restoran Padang. Bahkan, rendang sudah dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar world’s 50 Mos Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) tahun 2011 yang digelar oleh CNN International. Itu artinya rendang sudah diakui kelezatannya oleh masyarakat dunia. Beberapa restoran di Padang yang direkomendasikan di antaranya Lamun Ombak, Simpang Raya, Pagi Sore, Lubuk Idai, dan lain-lain.

Asam Padeh. Melayu terkenal dengan masakannya yang kaya bumbu dan cita rasa. Salah satu masakan khas Melayu yaitu Asam Pedas dan masyarakat Minangkabau mengenalnya dengan istilah Asam Padeh. Kekhasan masakan ini terletak pada cita rasanya yang asam dan pedas. Bumbu Asam Padeh biasanya digunakan pada masakan berbagai jenis ikan dan hidangan laut seperti ikan tongkol, kakap, tuna, ikan kembung, gurame, cumi-cumi. Cita rasa asam pedas didapatkan dari bumbu asam jawa, cabai, dan rempah-rempah lainnya.Penggunaan bumbu asam padeh pada berbagai jenis ikan membuat rasa ikan lebih segar dan tidak anyir.

Soto Padang. Sepertinya soto sudah menjadi masakan khas Indonesia. Hampir setiap wilayah memiliki varian soto yang memiliki kekhasan rasa tersendiri. Begitu juga dengan Padang yang memiliki masakan soto dengan cita rasa yang berbeda dengan daerah lain di Indonesia. Keunggulan dari soto padang terdapat pada daging dan tetelan yang digoreng garing sebelum disiram dengan kuah kaldu sapi dan bumbu lainnya. Daging sapi dipotong-potong kecil terlebih dahulu lalu dibuat menjadi dendeng. Proses selanjutnya adalah menggorengnnya hingga kering. Hasilnya, tekstur daging tetap empuk dan lembut saat disiram kuah kaldu sapi. Campuran dalam soto padang memang agak berbeda dengan soto dari daerah lain. Dalam soto padang terdapat campuran perkedel kentang dan bihun. Selanjutnya di beri bumbu lalu ditaburi bawang goreng dan jeruk nipis. Kuahnya ada yang berwarna bening ada juga yang berwarna kecoklatan, tergantung bumbu yang ditambahkan ke dalam kuah. Soto padang bisa dinikmati selagi panas. Salah satu warung soto yang bisa dikunjungi saat di Kota Padang yaitu Soto Garuda.

Sate Padang. Padang memang surga kuliner, berbagai jenis masakan khas Padang banyak disukai masyarakat salah satunya sate padang. Bahan utama pada sate padang yaitu daging sapi, lidah, jeroan seperti jantung, usus, dan tetelan. Jika pada umumnya sate diguyur dengan kuah kacang atau kuah kecap, sate padang diguyur kuah berwarna kuning. Kuah kental ini terbuat dari rebusan tepung beras dtambah dengan beragam rempah-rempah seperti cabai merah, serai, jinten, ketumbah, jahe, lengkuas, kunyit, lada, dan lain-lain. Beberapa penjual sate yang terkenal yaitu Sate Mak, Sate Danguang-Danguang, dan Sate KMS.

Dendeng Batokok. Dendeng batokok merupakan masakan khas yang sering disajikan di rumah makan padang. Dendeng batokok menggunakan daging sapi sebagai bahan utama. Nama dendeng batokok diambil dari cara memasaknya dengan cara di tokok-tokok atau dipukul-pukul. Caranya, daging mentah direndam bumbu lalu diiris tipis lalu dipukul-pukul dengan batu agar seratnya pecah sehingga bentuknya lebih tipis dan lebar dan bumbu pun meresap ke dalam daging. Setelah bumbu meresap, daging dibakar hingga matang. Setelah matang dilumuri, minyak tanah dan bumbu cabai. Di Padang sendiri, dendeng batokok dikenal juga dengan nama dendeng balado.

Gulai Kepala Ikan Khas Padang. Masakan padang juga memiliki variasi gulai yang memiliki cita rasa yang khas. Dengan menggunakan bahan utama  kepala ikan yang diolah dalam kuah berbumbu rempah dengan cita rasa gurih. Cita rasa gulai yang khas didapatkan dari bumbunya yang kaya rempah seperti kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabai merah, bawang merah, adas, pala, serai, kayu manis, dan jintan. Semua bahan bumbu dihaluskan kemudian dimasakn dalam santan. Warna gulai kepala ikan khas padang berwarna kuning karena pengaruh kunyit. Gulai dianggap sebagai kari ala Indonesia.

Martabak Mesir Kubang. Martabak Mesir Kubang merupakan kuliner yang banyak dicari di Padang. Martabak ini disebut Martabak Mesir karena memang dibawa oleh orang-orang berkulit hitam dan berwajah Arab. Dulu, orang-orang Minang menganggap  mereka orang Mesir. Martabak Mesir ini kemudian dimodifikasi oleh Haji Yusri Darwis dari Nagari Kubang. Martabak ini ditambah bahan lain seperti daging, bawang, dan bermacam rempah yang disesuaikan dengan selera lokal sehingga terciptalah Martabak Mesir Kubang.  Martabak Mesir ala Kubang memiliki keunikan yaitu cara pembuatan kulit martabak menggunakan wajan datar. Di Padang, Martabak Kubang Hayuda merupakan martabak mesir paling terkenal. Bumbunya yang pas, dagingnya empuk, dan kulit martabak yang tebal membuat martabak kubang hayuda memiliki banyak penggemar.

Es Durian di Kota Padang. Menikmati es durian di Kota Padang merupakan sebuah sensasi kuliner tersendiri. Hal tersebut dikarenakan es durian di Kota Padang memang istimewa dan banyak penggemarnya. Olahan es durian di Kota Padang sudah ada sejak tahun 1960. Salah satu kedai es durian di Kota Padang yang legendaris yaitu Es Durian Ganti Nan Lamo. Tempat ini selalu menyajikan olahan es durian yang tidak berubah sejak dulu. Pilihan favorit pengunjung adalah Es Durian Tok atau es durian saja. Buah durian diolah menjadi seperti saus dan disajikan dengan es serut serta kucuran susu kental manis coklat. Rasa manis dan aroma durian yang khas disajikan dengan porsi seimbang.

Aie Kacang Amai. Aie artinya air, jadi aie kacang amai yaitu air kacang amai. Minuman ini merupakan minuman kesehatan yang banyak dicari orang saat berkunjung ke Kota Padang. Aie kacang amai dijual di kedai yang terletak di pinggir jalan. Minuman air kacang amai memiliki bentuk yang unik yaitu berwarna kuning kehijauan. Air kesehatan ini memiliki cita rasa yang khas yaitu manis asam. Warna kuning seperti dari kunyit namun bukan. Di dalam segelas air kacang amai terdapat jeli berwarna hijau.

Durian Ketan Padang. Ketan durian merupakan hidangan penutup setelah menikmati kuliner Padang yang cenderung pedas. Rasa manis dan legit dari ketan durian ini dapat menetralisir rasa pedas dari masakan padang. Durian yang disajikan bercampur keran memiliki aroma yang tidak terlalu menyengat. Rasa manis durian bercampur ketan yang empuk merupakan paduan yang tepat usai menyantap makanan khas padang.

Aneka Keripik Balado. Keripik balado merupakan salah satu oleh-oleh wajib yang dibawa wisatawan yang habis berkunjung ke Kota Padang. Keripik balado terbuat dari singkong yang digoreng garing. Selanjutnya singkong dicampur dengan bumbu balado yang kental khas dari Padang. Beberapa keripik balado yang terkenal yaitu Christine Hakim, keripik balado riri, dan lain-lain.

Kerupuk Kulit Khas Padang . Kerupuk kulit khas padang disebut juga kerupuk jangek. Kerupuk ini berbentuk kotak-kotak kubus dengan rongga yang besar di dalamnya. Kerupuk jangek sering dijadikan gule kerupuk jangek oleh beberapa warung masakan padang.

Itulah Pesona Padang: Wisata Alam, Budaya dan Kuliner yang bisa dinikmati oleh wisatawan yang sedang mengunjungi Kota Padang.

 

 

 

 

 

 

 

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

4 Responses

  1. ahmad andriana says:

    berlinang air liur baca ulasan kulinernya, Bun. Hehehe, Padang emang tiada duanya

  2. Suka malu klo ad yg nulis soal padang.. asli padang belum pernah nulis ttg padang *tutup muka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *