Resep Soto Ayam Simple

Resep Soto Ayam

Resep Soto Ayam Simple ala saya sajikan kali ini sebagai menu berbuka puasa. Sebagai pecinta masakan simple dan praktis, saya jarang banget memasak hidangan yang panjang langkah-langkahnya. Jika lagi ingin masak hidangan yang agak istimewa menurut standard saya, biasanya saya akan ‘cut’ beberapa langkah atau bahkan bumbu. Maklumlah namanya juga masih belajar masak.

 

Anak-anak suka hidangan yang berkuah seperti sop dan soto. Biasanya mereka akan lebih lahap makannya jika disajikan menu masakan berkuah. Nah kali ini saya akan membuat soto ayam simple. Saya bilang simple karena memang saya banyak skip bahan dan langkah pembuatannya.

Ada dua cara simple yang saya gunakan untuk membuat soto ayam. Pertama dengan resep soto ayam lengkap bumbu buatan sendiri. Kedua, dengan resep soto ayam dengan bumbu siap saji. Hahaha, sekarang khan banyak bumbu siap saji di supermarket, tinggal pilih aja mau bikin menu apa. Bisa juga sih mix antara bumbu siap saji dan bumbu buatan sendiri. Alias beberapa bumbu ditambah, seperti bawang merah, daun salam, sereh, dan lengkuas, biar mantul.

Saya membuat resep soto ayam biasanya atas permintaan anak-anak, sih. Saat mereka bosan dengan menu tumis-tumisan (duuh maafkan ya Bunda cuma bisa masak tumis-tumisan), saya pun akan masak soto ayam. Bukan masakan istimewa juga sih, karena rasanya biasa aja, tapi setidaknya anak-anak suka. Paling seneng deh kalau mereka bilang, “Masakan Bunda, enak,”.

Waktu  buka puasa tuh khan pengennya yang segar-segar gitu, jadi menu berkuah seperti soto ayam ini selalu jafi favorit saya dan anak-anak. Apalagi Fathan tahun ini lagi belajar puasa, jadi inginnya sih bisa masak menu yang dia sukai. Kesukaan dia sih ayam goreng, tapi sayur berkuah pun dia suka,  dan biasanya makannya lahap. Anak cowok sih nggak terlalu pilih-pilih makanan, biasanya mau aja apa yang dimasak oleh saya.

Nah, kalau kali ini saya akan membuatnya dari resep soto ayam bumbu lengkap tapi beberapa bahan saya hilangkan.  Saya mengganti daging ayam dengan tulang punggung ayam, jadi soto ayam ala saya ini tidak ada suwiran daging ayamnya ya. Saya dan anak-anak juga pengabdi ceker ayam, jadi saya tambahkan ceker ayam. Hihihi, maaf ya kalau yang nggak suka ceker ayam bisa skip.

Resep soto ayam

Ini dia resep soto ayam simple ala saya.

Resep Soto Ayam

Bahan:

Daging ayam (saya ganti)

1/2 kg punggung ayam (tulangnya)

1/4 ceker ayam

300 gr kol diiris kecil-kecil

250 gr tauge

4 lbr daun salam

4 lbr daun jeruk

3 cm lengkuas

3 buah tomat (saya skip ganti jeruk lemon)

2 batang serei

2 lt air

Bumbu halus

7 butir bawang putih

6 butir kemiri

4 siung bawang merah

3 sdt garam

2 ruas jahe

2 ruas kunyit

1 sdt merica bubuk

Cara membuat:

  1. Rebus tauge dan tiriskan
  2. Rebus tulang ayam dan ceker ayam, setelah agak empuk tanbahkan daun jeruk, daun salam, lengkuas, dan serei.
  3. Haluskan bumbu lalu tumis sampai berbau harum.
  4. Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan.
  5. Tambahkan garam dan gula.

Penyajikan

Siapkan mangkuk, tata tauge rebus dan irisan kol ke dalam mangkuk. Siram dengan kuah soto, tambahkan tulang dan cekernya. Saya tambahkan irisan cabe rawit agar sedikit pedas. Tambahkan perasan jeruk lemon agar segar. Semangkuk soto ayam sederhana siap disantap.

Nah, kalau buat anak-anak nggak ditambahkan cabe rawit, ya. Nanti mereka kepedasan. Tapi mereka suka lho tauge dan irisan kol yang ada di dalam kuah soto.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

9 Responses

  1. Duh menggoda banget Ran, hihi.. apalagi ada cengeknya, slurup… Mudah juga ya buatnya, kirain susah, soalnya kalo soto ayam aku masih menyerahkan pembuatannya pada mamang2 soto deket sekolah anak2 hihi..

  2. Raisa Hakim says:

    Kalau aku biasanya pake santan juga kalau buat soto ayam jadi warna kuah santan plus kunyitnya cerah kalo koya suka nimbun dari mie soto nya yang gak dipake

  3. Jadi kabita nanti buka masak soto teh hahaha..tadi udah kefikiran pengen soto baca resep ini jadipengen eksekusi 😀

  4. Ranii, meuni sama bisanya cuma masak yang ditumis dan cemplung2 doang
    Biarin lah, yang penting mah sayur hahaha.

    Kalo soto atau yang sop kuah yang rada ribet aku biasanya mengandalkan bumbu jadi Raan, biar kagak usah ngulek hahaha

  5. Ternyata sama aja ya…anak-anak saya juga suka sop dan soto ayam.
    Gak hanya anak-anak, soto ayam memang jadi sayur favorit saya juga.

  6. Ini soto ayamnya kelihatan enak banget. Jadi pengin nyoba bikin sendiri di rumah.

  7. Wah boleh-boleh nih resepnya. Aku suka soto ayam. Anak-anak juga. Pas buat lauk saat buka dan sahur. Gak kering di mulut makan nasi pake soto mah ya. 🙂

  8. lendyagasshi says:

    Anak-anak memang cenderung suka makan yang berkuah ya, teh..
    Apalgi waktunya shaum.
    Kalau dikasih kuah-kuahan, matanya langsung berbinar bahagia..

    Alhamdulillah…
    Selamat shaum, kaka Fathan.

  9. Baca cara masaknya memang beneran simpel ya, Teh. Mana lagi pengin makanan berkuah. Paslah buat dicoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *