Sistem Perawatan Antiaging ala dr.David di Acara Ngobrol Kece Body Aesthetic dan Kesehatan Tubuh

Sistem Perawatan Antiaging

Sistem Perawatan Antiaging ala dr.David di Acara Ngobrol Kece Body Aesthetic dan Kesehatan Tubuh. Setiap terbangun di pagi hari, saya mendapati tubuh yang terasa sangat lelah. Entah kenapa, saya merasa mudah capek dan daya tahan tubuh rendah sehingga sering menyalahkan faktor usia yang sudah 30 plus. Tidak bisa dipungkiri memang, setelah kehamilan yang kedua, saya merasa kondisi badan semakin drop dan mudah sekali capek. Apalagi hamil pertama di usia 30 tahun lebih dan dua tahun kemudian hamil anak kedua. Apalagi kondisi  kulit yang rasanya semakin kusam dan kendur. Saya juga tidak pernah sempat lagi melakukan perawatan wajah dikarenakan kesibukan bekerja dan mengurus anak balita dan bayi. Rasanya kulit wajah semakin kusam, pori-pori kulit membesar, flek hitam di wajah bentuk badan yang sudah tidak beraturan, rambut yang rontok, belum lagi gangguan gatal-gatal karena alergi, komplet deh masalahnya. Kayaknya perlu perawatan antiaging, deh. Langsung acungkan tangan deh kalau ada perawatan antiaging free, hehehehe

Sebagai perempuan normal saya tentunya ingin dong bisa tampil cantik dan sehat. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang tidak mungkin jika kita melakukan perawatan antiaging. Tenyata perawatan antiaging itu tidak melulu mengenai perawatan salon dan krim mahal melainkan sistem perawatan antiaging secara menyeluruh. Paparan lengkapnya saya dapatkan dari dr.David Budi Wartono dalam acara Ngobrol Kece Body Aesthetic dan Kesehatan Tubuh di Best Western Premier La Grande pada tanggal 21 Maret 2016. Acara seru yang diadakan oleh Blogger Bandung dan mengundang para Blogger dan pecinta kesehatan.

Selama ini saya memang kurang memerhatikan masalah kesehatan apalagi perawatan wajah dan tubuh. Alasannya klise, saya sibuk mengurus anak-anak. Padahal, sebenarnya itu hanyalah pola pikir yang kurang tepat karena dengan pola pikir yang benar, siapa pun bisa cantik dan sehat asalkan mau mengubah pola pikir dan gaya hidupnya menjadi gaya hidup sehat dan lebih berkualitas. Oleh karena itu saya merasa beruntung dapat mengikuti acara Ngobrol Kece ini. Apalagi acara ini dipandu dengan gaya santai oleh Raja Lubis, seorang blogger keren yang namanya sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta film Indonesia dan blogger.

Saat semua peserta sudah masuk ruangan dan duduk di kursi masing-masing, Raja dengan santai membuka acara. Dengan cerdas, Raja membuat para peserta yang tadinya tidak saling mengenal menjadi kenal satu sama lain. Caranya, peserta diminta duduk dengan orang yang sama sekali belum dikenal. Lalu, mencari pasangan dan selama 30 detik diberi kesempatan salah satunya menjelaskan siapa dirinya dan pasangannya hanya mendengarkan. Pasangannya itu lalu mempresentasikan informasi mengenai teman barunya. Alhamdulillah, nambah teman deh, seorang blogger kece namanya Mba Santi. Selanjutnya, Raja juga menanyakan kepada para peserta apa arti sehat. Masing-masing peserta memiliki definisi berbeda mengenai sehat, ada yang bilang sehat itu cantik, sehat itu bahagia, sehat itu tidak merasa sakit, dan lain-lain.

Pemandu acara Raja Lubis berbincang dengan Kang Ali Muakhir yang memberikan testimoni perawatan di DF Clinic

Pemandu acara Raja Lubis berbincang dengan Kang Ali Muakhir yang memberikan testimoni perawatan di DF Clinic

Sebelum dr.David memberikan materinya kepada para peserta, Raja selaku host memanggil para Blogger yang sudah melakukan perawatan di DF Clinic untuk memberikan testimoni. Blogger Efi Fitriyah menceritakan bahwa dirinya dulu berjerawat lalu mengubah pola makannya dan sekarang wajahnya lebih kinclong. Blogger Nci Hanie pun menceritakan bahwa gaya hidupnya selama ini kurang sehat karena sering begadang dan minum kopi. Namun, setelah melakukan perawatan dan mengikuti saran dari dr.David, banyak terjadi perubahan dalam dirinya. Badannya terasa lebih segar dan fit. Selanjutnya, Kang Ali Muakhir memperlihatkan hasil perawatannya yaitu rambutnya yang kembali tumbuh.

dr.David memberikan materi mengenai kecantikan dan kesehatan

dr.David memberikan materi mengenai kecantikan dan kesehatan

Acara yang ditunggu pun tiba, dr.David memberikan materi mengenai kesehatan dan kecantikan. Uniknya, dr.David tidak menyiapkan slide presentasi melainkan bertanya keluhan apa saja yang dirasakan oleh para peserta. Keluhan-keluhan itulah yang menjadi bahan presentasinya itu. Wow, dengan gayanya yang santai dr.David mengupas tuntas segala hal yang berkaitan dengan gangguan kesehatan yang dialami oleh para peserta.

Alergi

Alergi merupakan materi awal yang disampaikan oleh dr.David. Ternyata alergi itu tidak hanya keluhan yang saya alami yaitu gatal-gatal karena cuaca atau makan makanan pemicu alergi. Alergi bisa berupa ketombe yang tidak sembuh-sembuh, alergi bisa berupa jerawat yang selalu muncul, dan lain-lain. Hal itu karena reaksi alergi itu ada banyak, bisa bengkak, hancur, dan luka. Ada tiga tempat yang paling sering reaksi alerginya bengkak yaitu mukosa (mulut dan anus), daleman mata, dan daleman hidung. Reaksi alerginya bisa meler-meler, sariawan, mulut bau tidak sedap, lidah putih, perut tidak pernah nyaman, dan lain-lain. Sementara reaksi hancur dapat ditemukan pada penderita vitiligo yaitu kulit belang putih.Ternyata vitiligo merupakan salah satu reaksi dari alergi. Lalu ada reaksi alergi hancur pada organ tubuh yang ditemukan pada penderita lupus.

Ternyata alergi itu melibatkan sistem pertahanan tubuh. Menurut dr.David, manusia memiliki sistem pertahanan tubuh yaitu sel darah putih. Pada penderita alergi, sistem pertahanan tubuh tersebut tidak mampu mengenali kawannya sendiri sehingga melakukan penyerangan yang merusak organ tubuh. Alergi yang sifatnya menghancurkan tidak bisa disembuhkan dengan obat dan yang bisa dilakukan adalah mencari penyebabnya. Jika alergi disebabkan oleh makanan pemicu alergi maka sebaiknya makanan tersebut tidak dikonsumsi lagi. Jika ingin tahu kita alergi terhadap makanan apa saja sebaiknya dilakukan tes karena seringkali kita tidak sadar bahwa ternyata kita alergi terhadap jenis makanan tertentu. Apalagi jika kita alergi terhadap bahan makanan utama.Ternyata susu merupakan salah satu bahan makanan utama penyebab alergi. Susu yang diproduksi zaman sekarang berbeda dengan susu yang diproduksi zaman dulu karena pengolahannya yang berbeda. Jika zaman dulu susu itu terdiri atas 100% susu, sementara saat ini dalam susu hanya terdapat 30% susu dan 70% bahan tambahan. Selain itu, susu sapi yang dihasilkan juga sudah berbeda kualitasnya karena peternakan sapi zaman sekarang sudah melakukan suntik terhadap sapi perah sehingga menghasilkan susu berkali-kali lipat. Jika zaman dulu seekor sapi menghasilkan 2 liter susu per hari, sekarang seekor sapi dibuat bisa menghasilkan 20 liter per hari. Sehingga susu sapi yang dihasilkan mengandung zat-zat tambahan yang kurang baik untuk kesehatan manusia.

Hormon

Apa sih hormon? Pertanyaan itu dilontarkan dr.David kepada para peserta. Beliau mengibaratkan jika manusia merupakan sebuah sistem maka hormon adalah manajer tertinggi yang mengatur sistem tersebut. Setiap sistem yang berjalan dalam tubuh kita dikendalikan oleh hormon sehingga hormon membutuhkan kinerja yang kompleks dan saling berkaitan satu sama lain. Baik laki-laki dan perempuan memiliki sistem hormon yang sama persis dan sama-sama memiliki hormon progesteron, yang membedakannya adalah dominasi dari jenis hormon tersebut. Pada perempuan didominasi oleh hormon estrogen sementara pada laki-laki didominasi hormon testoteron. Masing-masing hormon memiliki tugas yang penting bagi kehidupan kita, misalnya pada perempuan hormon mengatur siklus haid. Gangguan dari hormon juga bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Perempuan yang mendapat haid pada usia sebelum 12 tahun diprediksi akan mengalami menopause dini yaitu sekitar usia 40 tahun. Hal itu dikarenakan sel telur sudah dilepaskan sebelum waktunya. Saat ini sudah umum terjadi, anak-anak perempuan usia 10 tahun sudah mengalami haid. Hal tersebut dikarenakan terpicu makanan yang mengandung hormon di antaranya ayam negeri dan telur ayam negeri. Sudah bukan rahasia umum bahwa di peternakan, ayam negeri mendapatkan suntik hormon agar tumbuh besar dengan cepat dan bertelur banyak. Sehingga daging dan telurnya sudah mengandung hormon yang tinggi.

Selain makanan, ternyata KB juga bisa mengganggu hormon terutama KB generasi 1 dan 2. Hal tersebut karena KB generasi 1 dan 2 dibuat dari hormone kuda betina yang kurang cocok untuk manusia. Efek sampingnya bisa mengakibatkan flek hitam di wajah, obesitas, dan risiko cancer. Namun, untuk KB generasi terbaru cenderung lebih aman walaupun harganya masih agak tinggi.

Pigmen

Masalah selanjutnya yang dibahas yaitu pigmentasi karena pigmentasi merupakan efek samping dari hormon, jadi masih berkelanjutan. Manusia memiliki hormon kortisol yang dibuat dua kelenjar adrenal, letaknya di atas ginjal. Fungsinya sebagai kekebalan tubuh, proses antiimflamasi tubuh, dan membantu menjaga tekanan darah. Pada kondisi normal, hormon kortisol bekerja berpasangan dengan lever yang memproduksi antioksidan yang disebut glutathione. Namun, glutathione bisa berkurang produksinya karena pertambahan usia, stress, sinar UV yang berbahaya, keletihan, dan lain-lain. Padahal glutathione ini mampu menetralisir radikal bebas. Jika produksi glutathione menurun tidak menutup kemungkinan akan terjadi penyakit berbahaya seperti diabetes, cancer, dan lain-lain. Sehingga kesehatan lever memang harus dijaga agar produksi glutathione tetap ada. Caranya yaitu dengan menjaga pola makan yang sehat karena ternyata pola makan yang tidak baik akan mencetuskan imflamasi dan mengakibatkan terganggunya lever. Lalu apa hubungannya dengan pigmentasi? Ya, dr. David menjelaskan jika perempuan ingin bebas dari pigmentasi memang harus mulai untuk melakukan pola hidup sehat dengan menghindari makanan-makanan yang bisa mencetus imflamasi seperti makanan olahan tepung, minyak yang digunakan untuk menggoreng berulang kali, dan lain-lain.

Perawatan Dasar

Nah, lalu bagaimana jika ingin memiliki kulit wajah yang sehat? Lakukanlah perawatan dasar yang terdiri atas sabun, pelembab, sunblock, dan krim nutrisi.  Sabun terdiri atas tiga bagian yaitu sabun, cleansing milk, dan scrub. Untuk perempuan yang setiap hari make up full maka sebaiknya melakukan langkah perawatan dasar sebagai berikut; malam hari cuci wajah dengan menggunakan cleansing milk, lanjut scrub, lalu ditutup dengan sabun muka. Selanjutnya wajah yang sudah bersih diberi krim nutrisi. Pagi hari, cukup basuh wajah dengan air hangat lalu beri pelembab, sunblock (foundation yang mengandung spf), dan bedak. Lalu, untuk perempuan yang setiap hari hanya memakai bedak cukup mencuci wajah dengan sabun dan baru diberi krim nutrisi.

Ada dua jenis scrub yang beredar di pasaran yaitu scrub dari biji alamiah dan biji sintetis. Scrub yang direkomendasikan oleh dr.David yaitu scrub alamiah karena aman dipakai setiap hari dan tidak melukai kulit. Ciri-ciri scrub alami yaitu biji scrubnya berwarna putih sementara scrub sintetis, bijinya berwarna hitam dan terbuat dari plastik. Pilihlah sabun yang detergen free yaitu yang tidak banyak berbusa saat digosok ke wajah. Sabun yang mengandung deterjen akan membuat kulit bertambah kering. Sebaiknya sabun muka dipakai satu kali dalam sehari yaitu pada malam hari.

Diabetes

Menurut dr.David, diabetes merupakan penyakit yang dibuat diakibatkan oleh pola makan yang kurang sehat.Problem pada penderita diabetes yaitu otaknya adiksi terhadap gula dan keinginan makanan manis yang sangat tinggi. Haduh, warning nih buat saya yang suka makanan manis. Untuk penyembuhannya, dr.David lebih merekomendasikan untuk terapi mental terlebih dahulu untuk mencintai makanan sehat yang tidak mengandung olahan tepung. Satu-satunya cara agar sembuh dari penyakit diabetes yaitu dengan mengubah pola hidup menjadi good healthy life style.

Beberapa jam bersama dr.David serasa mendapatkan kuliah 4 sks mengenai kesehatan dan kecantikan. Namun tidak terasa melelahkan karena materi yang sangat padat disampaikan dengan gaya santai dan menyenangkan. Beliau juga memberikan tips-tips cantik dan sehat kepada para peserta. Tanpa terasa acara pun selesai, namun tampaknya para peserta masih merasa belum puas sehingga sampai akhir terus memberondong dr.David dengan berbagai pertanyaan seputar kesehatan. Bahkan, pada akhir acara dr.David masih dikelilingi para peserta yang ingin berkonsultasi. Pembawaannya yang santai namun memberikan penjelasan yang ringkas dan mudah dimengerti membuat para peserta betah berlama-lama dengan dokter pemilik Df Clinic ini. Saya pun sempat bertanya mengenai perkembangan anak karena ternyata dr.David juga mampu memberikan konsultasi untuk masalah pada perkembangan anak-anak. Para peserta yang masih ingin berkonsultasi dapat langsung datang ke DF Clinic di Jalan Lemah Nendet No.8 Bandung. Saya pun ingin berkonsultasi lagi dengan dr.David mengenai kecantikan, kesehatan saya dan keluarga.

Ternyata agar hidup sehat dan awet muda itu tidak harus melakukan perawatan antiaging yang mahal melainkan dengan sistem perawatan antiaging menyeluruh yang dimulai dari perubahan pola pikir, perubahan gaya hidup, dan perawatan yang rutin. Nggak rugi deh ikut acara Ngobrol Kece Body Aesthetic dan kesehatan Tubuh bareng dr.David. Ilmunya keren banget, deh.

Peserta berfoto bersama dr.David

Peserta berfoto bersama dr.David

Tips Sehat dan Cantik ala dr.David

  • Perempuan yang menggunakan jilbab dan pakaian tertutup sebaiknya mengonsumsi vitamin D3 setiap hari agar penyerapan kalsium baik dan mencegah osteoporosis.
  • Pemutih wajah paling alami dan aman yaitu vitamin c dan setiap hari wajib mengonsumsinya.
  • Untuk mempertahankan kekencangan kulit lakukan olahraga rutin seperti joging dan aerobik.
  • Berilah pelembab setiap hari pada kulit wajah.
  • Pilih makan makanan sehat yaitu daging, ikan, sayur.
  • Susu kurang baik dikonsumsi bagi penderita alergi.
  • Setiap hari setelah berdandan cantik bercerminlah dan melakukan sugesti dengan mengatakan saya suka hidup sehat dan saya bahagia. Ucapkan sebanyak 30 kali.
  • Saat berbuka puasa biasakan meminum air hangat dan mengikuti sunah Rasul yaitu makan 3 biji kurma ukuran kecil, lanjut ibadah, dan barulah makan tapi tidak sampai kenyang.
  • Konsumsi buah langsung dan sebaiknya tidak dijus.
  • Lakukan perawatan dasar pada kulit secara rutin.
  • Jika kulit berminyak perbanyaklah minum dan beri pelembab pada kulit.

 

Sistem Perawatan Antiaging ala dr.David di Acara Ngobrol Kece Body Aesthetic dan Kesehatan Tubuh. Selamat mencoba.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

15 Responses

  1. Azumi says:

    terima kasih tips nyaa,, 🙂 sangat bermanfaat 🙂

  2. Khair says:

    nah, nasehat ini yang bngt buat orang rumah
    “Perempuan yang menggunakan jilbab dan pakaian tertutup sebaiknya mengonsumsi vitamin D3 setiap hari agar penyerapan kalsium baik dan mencegah osteoporosis.”

  3. Aku sedang melakukan yang sugesti itu teeh, semoga bisa konsisten no tepung. Sesekali mah boleh mungkin ya *duh belum apa-apa sudah mau bandel hihi

  4. efi says:

    Ngeri ya ternyata bahan untuk kontrasepsi diambil dari kuda. . Ngobrol sama dokter David emang bikin betah hehehe

  5. Ratusya says:

    Mmm jadi… pake kb ga ya ? Sering denger sih kalo ga cocok bakalan gemuk ga kira2 lah ini lah itulah. Jadi takut aku….

  6. waaah tipsnya penting niiih..perlu untuk diterapkan ya…

  7. mipacko says:

    Terima kasih info nya, sangat bermanfaat 🙂

    Handuk Mandi Microfiber Bisa Sebagai Handuk Kesehatan !

    Handuk Mandi Microfiber adalah handuk yang di design khusus untuk menjaga kesehatan Anda, mengandung anti septik alami yang tidak membuat kulit iritasi, mengandung anti bakteri sehingga kulit terbebas dari jamur, mempunyai daya serap yang tinggi sehingga mengeringkan dengan sangat cepat tanpa menyisakan kelembaban pada kulit, Selain itu Bahan Microfiber Mipacko sangat berkualitas tinggi sehingga awet dan tahan lama, menghemat pengeluaran rumah tangga.

    Tersedia berbagai macam model bentuk, ukuran untuk seluruh anggota keluarga anda, serta variasi luas pilihan warnanya
    Produk sudah tersertifikasi SNI dan Perusahaan kami telah memiliki ISO 9001 : 2015, sehingga produk yang kami ciptakan mempunyai kualitas yang baik dan aman.

    Buruan pesan sekarang juga di http://www.microfiber.co.id atau kontak kami di WA http://goklick.me/wa/LPHM, stok terbatas !

  1. 24 March 2016
  2. 31 March 2016

    […] Previous story Sistem Perawatan Antiaging ala dr.David di Acara Ngobrol Kece Body Aesthetic dan Kese… […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *