Sumber Inspirasi Saat Jenuh

Sumber Inspirasi Saat Jenuh

Berkarier di rumah dengan setumpuk pekerjaan rumah tangga yang sama setiap hari memang bikin jenuh. Mau jalan-jalan keluar sekadar untuk refreshing juga repot karena dikintilin bocah-bocah yang kayak bom, bisa meledak kapan saja dan di mana saja. Padahal ada deadline di depan mata, entahlah itu deadline tulisan, deadline buat video di youtube. 

Emang penghasilan kami berapa sih dari blog sampe segitu repotnya?

Baca Jug: Cara untuk Bahagia Memiliki Kulit Sehat

Kalau ada yang nanya gitu yah cuma mesem-mesem. Penghasilan saya emang nggak besar tapi cukuplah buat jajan anak-anka. Selain itu, deadline tidak harus selalu ada uangnya. Kayak jadwal unggah video di youtube, jujur belum ada uangnya karena belum monetisasi. Tapi yha karena sudah buat jadwal, mau nggak mau ditepati karena berusaha konsisten.

Rasa jenuh pasti selalu datang, apalagi kalau berasa nggak ide untuk bikin konten dan berasa stuck. Ada beberapa sumber inspirasi nih buat saya yang sering banget merasa jenuh saat membuat konten.

  1. Tiktok

Tiktok memang dikuasai anak milenial. Konten-kontennya pun milenial. Emak-emak kayak sih nggak usah main tiktok, ngapain juga joget-joget. Itu kesan pertama saya tentang tiktok. Saat emak-emak lain bikin akun tiktok saya maish bergeming. Lalu biar nggak ketinggalan, coba bikin juga. Tapi didiemin aja, nggak bikin konten apa-apa. Dikasih tahu temen kalau di tiktok bisa edit-edit video. Cobain fitur-fiturnya masih gagap aja.

Lalu ikutan kelas tiktok jadi terpaksa bikin video dan scroll video-video di tiktok. Oalaaah…ternyata banyak konten inspiratif tentang berbagai topik. Topik-topik menarik di tiktok banyak tentang bisnis, marketing online, kesehatan, parenting, kesehatan reproduksi, kecantikan, film, buku, dan masih banyak topik menarik lainnya.

Baca Juga: Melintasi Waktu Menuju Masa Depan

Jadi, sekarang kalau lagi merasa jenuh dan butuh inspirasi suka betah mantengin tiktok. Ada beberapa ide yang jadi inspirasi saya untuk bikin konten d tiktok dan youtube. Kadang scrolling video di tiktok emang bikin betah dan lupa waktu juga. Jadi yah, mesti aware juga jangan kebablasan.

  1. Youtube

Buibuk pernah nggak sih jenuh masak? Bingung mau masak apa hari ini? Kalau saya sering banget. Nah, kalau udah gitu biasanya buka youtube dari cari-cari vidoo masak. Duh bikin betah aja nih kalaj udah liat video masak, jadi tiba-tiba pengen masak ini itu. Apalagi ternyata di youtube banyak juga resep sederhana.

Saat saya tinggal beberapa bulan di Jambi, kami tinggal di komplek perumahan yang agak jauh dari pasar. Saya juga belum kenal dengan lingkungan sekitar. Anak-anak yang jenuh seharian di rumah pengen ngemil. Saya bingung mau bikin kue cuma punya bahan tepung terigu dan gula pasir. Saya iseng buka youtube dan ternyata ada lho resep kue yang terbuat dari tepung terigu, gula, dan air. Cara bikinnya mudah dan anak-anak suka. Sampai sekarang si kecil Fakhira masih suka request pengen bikin kue yang kayak di Jambi. Hahhaa, dia nggak tahu kalau kue itu kue darurat saat nggak ada bahan dan bingung mau beli bahan kue di mana.

Baca Juga: 5 Tempat Liburan Favorit

2. Blog

Blog masih jadi sumber inspirasi saya saat jenuh. Blog walking ke blog-blog lain untuk membaca topik-topik yang saya suka. Saya suka membaca review tentang drama korea. Suka aja baca sudut pandang dan komentar dari penonton drakor tentang drakor yang saya tonton juga.

3. Twitter

Sampai saat ini twitter masih punya penggemar sendiri. Walaupun, posting tulisan di twitter tuh terbatas tapi seru juga baca-baca utas di twitter. Saya paling suka membaca utas tentang cerita hantu, utas tentang mental health, dan utas tentang drakor yang bikin penasaran. Seru aja sih baca-baca utas dari warga twitter yang sering di luar kotak.

Kenapa nggak ada buku atau majalah yang jadi sumber inspirasi? Pengennya sih memasukkan buku, tapi saat ini kondisi saya lagi belum bisa duduk berlama-lama menikmati sebuah buku. Saya butuh sesuatu yang mudah dan cepat karena banyaknya gangguan. Maklum bocah-bocah maish butuh perhatian, jadi nggak bisa berlama-lama menikmati waktu sendirian bersama buku. Mudah-mudahan, suatu hari nanti saya kembali bisa menikmati waktu bersama buku dan menjadikan buku sebagai sumber inspirasi.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *